Skip to main content
x

Bakti Alumni 83 Bertajuk "Millenials Road to Animal Science Unsoed"

Sabtu, (16/3/19) Alumni Fapet Unsoed angkatan 83 menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk “Millenials Road to Animal Science”. Kegiatan ini merupakan serangkaian dari acara dies natalis Fakultas Peternakan ke-53 yang mengusung konsep para millenial—remaja generasi 2000an—untuk  berkunjung ke Fakultas Peternakan Unsoed sebagai perwakilan dari SMA/SMK se-Banyumas. Para pelajar ini datang dari berbagai daerah , kebanyakan didominasi oleh SMA/SMK yang ada di Purwokerto. Tujuan utama dari didatangkannya para pelajar ini adalah untuk memperkenalkan fapet secara lebih jauh, termasuk memotivasi pelajar untuk berwawasan luas tentang dunia peternakan.

Hajar Hermawan, alumni angkatan 83 Fakultas Peternakan, mengungkapkan “Acara ini cukup menarik, bertujuan untuk memperkenalkan fapet kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki pandangan kurang bagus terhadap fapet. Harapannya dengan adanya program seperti ini pandangan mereka terhadap peternakan itu terbuka (wawasannya), karena mungkin ada gambaran bahwa fapet paling hanya memelihara ayam, padahal lulusan peternakan tidak harus selalu beternak, bisa juga menjadi pegawai negeri, berkarir di perbankan dan segala macam”.

Kegiatan Millenials Road to Animal Science ini, selain diisi dengan kegiatan motivasi dan pengenalan tentang fakultas, juga diikuti oleh berbagai UKM dan lembaga mahasiwa Fakultas Peternakan. Setiap UKM beramai-ramai membuka stand yang diisi oleh berbagai kegiatan khas UKM  tersebut. Adapun  UKM yang  ikut meramaikan stand adalah Asas, HMPS S1, UP3, HMPS D3, UPM, Capra Pala, Corak, Salam, AEC, Karate-Gojukai, LPM Husbandry, dan Gamet. Menurut salah satu alumni 83 Fapet, Hajar Hermawan, seluruh UKM diharapkan untuk lebih membuka diri dengan kegiatan diluar fakultas (tidak hanya terfokus di Fakultas), “Kalau yang saya lihat, mungkin saya salah. Untuk saat ini kegiatan mahasiswa lebih banyak bermain di lingkup fakultas saja. Jadi gaungnya keluar itu belum begitu kelihatan. (Kegiatan—red.) ini seperti mengajak anak-anak SMA, kalau bisa yang mungkin berorientasi kepada mereka (anak-anak SMA—red ). Misalnya dengan MAPALA, ataupun Husbandry bias meliput kegiatan-kegiatan untuk kemudian disebarkan ke sekolah-sekolah.”

Alumni, sebagai prakarsa kegiatan ini, juga tidak kalah antusias dari para  pelajar. 59 dari 78 orang alumni menyempatkan hadir pada acara ini. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya kekompakan dari alumni angkatan 83 fapet untuk memberikan ucapan terima kasih terhadap apa yang didapatkannya selama menjalani kuliah di fapet. Alumni 83 fapet sebelumnya pernah memberikan sumbangsih kepada Fakultas Peternakan berupa alat-alat laboratorium. Namun, peralatan tersebut tidak dapat bertahan lama, sehingga mereka memutuskan untuk memberi sesuatu tidak dalam bentuk materi, tetapi bersifat tahan lama. “Say thank you kepada kampus kepada fakultas, tetapi bukan dengan material. Namun, lewat sesuatu yang longlast.  Kita ubah caranya (bukan lagi menyumbangkan alat-alat lab—red ), kita akan focus pada people nya. Sosialisasi kepada orang-orang yang berasal dari kalanganmuda, seperti mahasiswa ataupun calon mahasiswa.” Ungkap Bu Iren, salah satu alumni.

Antusiasme dari acara ini pun dirasakan pula oleh para siswa-siswidariSMA/SMK se-Banyumas, “Acara ini seru, dapat ilmu baru, juga bisa mendapat pencerahan. Dengan adanya acara ini aku jadi tahu kalau peternakan itu nggak sebatas ngurusi ayam di kandang, kotoran, dan lain-lain, tapi lebih dari itu. Kita jadi tahu bahwa peluang dari menimba ilmu di fapet itu luas, bias jadi pegawai ataupun entrepreneur yang sukses,” ungkap Fitri, salah satu pelajar. Pelajar lain, Febri, menambahkan, “Unsoed kan sudah akreditasi A, terus juga fapet sudah akreditasi A, jadi sudah terbukti kualitasnya. Jadi bisa bersaing dengan universitas lainnya. Jujur aku tertarik. Terima kasih buat yang sudah nyelenggarain, sukses terus untuk fapet Unsoed”.

Acara ini pun tak luput dari haru para alumni nya. Banyak kesan dan pesan yang melingkupi tiap orangnya, seperti dari Ibu Feny, alumni fapet angkatan 83 asal Temanggung, “Perasaan saya senang dengan adanya acara ini, karena di setiap pertemuan atau reuni selalu ada manfaatnya. Seperti acara ini yang dapat menjadi media promosi bagi fapet, menyebarluaskan, dan mensosialisasikan apa itu fapet Unsoed, bagaimana kualitasnya, peluang kerja yang ada jika berkecimpung di duniapeternakan.” Ungkapnya. “ Pesan saya untuk fapet Unsoed, semoga para alumni inibaik dari angkatan di atas maupun di bawah kamitetap menjaga tali silaturahmi dengan adik-adiknya.” Tambahnya kemudian.

 

Sumber : LPM Husbandry FapetUnsoed

Our Social Media:

Facebook: Fakultas Peternakan Unsoed

Instagram: Fapetunsoedofficial

Twitter: Unsoedfapet