Skip to main content
x

Bangun SDM Berkompeten Fapet Unsoed Selenggarakan Pelatihan Komputer

fapet.unsoed.ac.id – Dalam rangka menambah pengetahuan tentang aplikasi komputer dan meningkatkan kompetensi pegawai Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman  menyelenggarakan pelatihan komputer dengan tema “Pelatihan Aplikasi Komputer Microsoft Office” Sub Program Microsoft Word dan Microsoft Excel 2010. Pelatihan berlangsung selama dua hari yang dimulai Senin, 31/8 – 1/9/2020 bertempat di Ruang Laboratorium Komputer Fapet Unsoed.

Materi pelatihan meliputi Microsoft word cara mengaplikasikan footnote dalam pembuatan kop surat, pengenalan menu bar, pengaturan tabulasi pengetikan, cara membuat lembar kerja dengan satu dokumen, sedangkan untuk microsoft excel penggunaan tools-tools yang ada di software Microsoft meliputi pengenalan cara penggunaan menu formula untuk mempertajam pengetahuan dan wawasan setiap peserta dalam hal penunjang cara kerja secara cepat dan tepat.

Kegiatan Pelatihan computer dengan narasumber Twias Kartikasari, S.Kom, M.Si  (Kepala Sub. Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi) Fapet Unsoed. Selain narasumber dalam pelatihan juga dipandu oleh tim pendamping untuk membimbing peserta yang mengalamai kesulitan.

Pelatihan Komputer di buka oleh Kepala Tata Usaha Irfan Priambudi, S.E, MM yang mewakili Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, pada sambutannya KTU menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan komputer untuk tenaga kependidikan Fapet Unsoed. Ia menyampaikan pelatihan tersebut diharapkan akan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bidang computer serta untuk meningkatkan kinerja para pegawai dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Ia mengajak para peserta untuk sama-sama belajar dan sharing tentang perkembangan di era digital seperti sekarang, kita sudah mulai merasakan perubahan dalam hal administrative, sekarang dalam pelaporan baik Sasara Kinerja Pegawai (SKP), Pelaporan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan pengisian form secara daring” Ujarnya.

Peserta begitu antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut, kegiatan yang dijadwalkan mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB harus mundur sampai pukul 16.30.karena saking asyiknya mempelajari materi yang di ajarkan. di hari terakhir sebelum penutupan, beberapa peserta menyampaikan permohonan waktu pelatihan agar ditambah.

Selain pemaparan teori narasumber juga mengajak para peserta untuk aktif mengikuti dengan langsung mempraktikan apa yang di sampaikan.

Totok Suripto, salah satu peserta pelatihan mengatakan, bahwa pelatihan seperti ini perlu dilaksanakan secara rutin, atau minimal berapa kali dalam setahun selenggarakan pelatihan komputer, agar materi-materi lebih luas lagi.

 “Materi pelatihan 2 hari ini dirasa masih kurang karena aplikasi-aplikasi excel yang belum kami ketahui baru mencakup latihan penggunaan menu formula vlookup. Oleh karena itu, ia berharap ke depannya pelatihan tersebut dapat ditambah waktunya agar semakin paham tentang teknologi yang selalu berkembang.