Skip to main content
x

Berkolaborasi Dengan Edutainer Nusantara Fapet Unsoed Selenggarakan "ASIC"

fapet.unsoed.ac.id - Melalui Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman berkolaborasi dengan Edutainer Nusantara menyelenggarakan kegiatan Animal Science Innovation Competition (ASIC) dengan temaAkselerasi Kreatifitas Insan Muda dalam Membangun Bangsa”.

Rundown technical meeting dan ceremony dilaksanakan Rabu, (3/11) secara daring (dalam jaringan) melalui platform zoom,  Kegiatan ASIC tersebut berupa rangkaian Lomba Animal Judging dan Lomba Esai Ilmiah Peternakan.

Rangkaian acara diawali dengan laporan Ketua Panitia ASIC, Afduha Nurus Syamsi, S.Pt, MP. pada kesempata tersebut ketua panitia melaporkan, ASIC merupakan rangkaian program kompetisi kampus merdeka (PKKM) Fapet Unsoed yang mendapat hibah MBKM.

Kegiatan Animal Science Innovation Competition merupakan kolaborasi antara Program S1 Fakultas Peternakan Unsoed bersama Edutainer Nusantara,  tujuan dilaksanakan lomba tersebut  adalah untuk meningkatkan jiwa kompetitif prestatif bagi mahasiswa khususnya mahasiswa peternakan melalui kompetisi tingkat nasional, kegiatan ini Lomba terdiri dari empat cabang lomba:

  • Esay Teknologi Peternakan
  • Esay Produksi, Sosial, Ekonomi Peternakan
  • Judging Sapi Perah
  • Judging Sapi perah

Animal Judging merupakan salah satu cabang perlombaan dalam Animal Science Competation (ASIC), lomba esai ilmiah Peternakan merupakan cabang lomba dalam animal Science Competition yang bertujuan untuk memunculkan ide gagasan terbaru dalam upaya meningkatkan kualitas peternakan di Indonesia

Lomba ASIC di ikuti oleh 103 kelompok yang terdiri dari 309 mahasiswa dari 25 Perguruan Tinggi dari berbagai wilayah Indonesia, lomba Esay Teknologi Peternakan terdiri (21 kelompok), Esay Produksi, Sosial, Ekonomi Peternakan (19 Kelompok), Judging Sapi Perah (42 Kelompok), dan lomba Judging Sapi perah (21 Kelompok).

Selanjutnya Ketua PKKM Fapet Unsoed Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc.Agr., menyampaikan, kegiatan ASIC yang di ikuti oleh kelompok mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan jumlah peserta yang cukup fantastis untuk kondisi yang masih dalam suasana pandemi.

“Kegiatan ASIC memang asik, karena kegiatan ASIC mampu membangkitkan semangat dan antusiasme mahasiswa untuk berjuang mengukir prestasi pada lomba yang diselenggarakan oleh Fapet unsoed bekerjasama dengan Edutainer Nusantara yang masih dalam kondisi pandemi” ujarnya.

Dekan Fapet Unsoed Dr. Triana Setyawardani, S.Pt, MP menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras memfasilitasi berlangsungnya kegiatan lomba yang merupakan rangkaian dari PKKM Fapet Unsoed. Kegiatan Animal Science Innovation Competition “Kalian tetap ingin mengukir prestasi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Fapet Unsoed yang diikuti oleh 24 Institusi. kegiatan yang apik kolaborasi antara Fapet dengan eduation nusantara, kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu momentum mahasiswa untuk mengukir prestasi pada kegiatan ASIC, dekan sangat support kepada para mahasiswa millennial muda dari 24 Institusi. ASIC saling berkolaborasi secara bersinergi untuk menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan, suasana yang masih terbatas masih dapat berprestasi dengan mengikuti lomba untuk dapat meraih prestasi yang membanggakan” ungkapnya.

Pada akhir sambutan dekan berpesan kepada para peserta “ikutilah arahan yang ditentukan panitia sesuai SOP mudah-mudahan dapat melahirkan prestasi akademik,  selamat berlomba”, tegasnya.

Pasca penutupan technical meeting, tim panitia dari Edutainer Nusantara menjelaskan mekanisme pelaksanaan lomba. sebelum panita memberikan arahan, tim panitia mengecek kehadiran para Peserta lomba yang merupakan kelompok dari berbagai Perguruan Tinggi.

Penilaian

Animal Judging

Esai Ilmiah Peternakan

-Penilaian

40%

-Penilaian

40%

-Presentasi

55%

-Presentasi

55%

-Kesesuaian dengan ketentuan yang   berlaku

  5%

-Kesesuaian dengan ketentuan yang berlaku

  5%

 

Dewan Juri Lomba

Animal Judging (Kambing Perah)

Animal Judging (Sapi Perah)

Abdul Rokhim, S.Pt,

Hermawan Setyo Widodo, S.Pt, M.Si

Dr.sc.agr. Ir. Yusuf Subagyo, MP

Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc.Agr

 

Esai Teknologi Peternakan

Esai Produksi dan Sosial Ekonomi Peternakan

Farid Dimyati, S.Pt,

Ecky Imamul Mutaqin, S.E

Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP

Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP

Titin Widyastuti, S.Pt, MP

Ir. Bambang Suharno

 

Daftar Institusi peserta lomba

1

Universitas Gadjah Mada

13

Universitas Islam Indonesia

2

Institut Pertanian Bogor

14

Universitas Lampung

3

Universitas Andalas

15

Universitas Mataram

4

Universitas Brawijaya

16

Universitas Jember

5

Universitas Diponegoro

17

Universitas Mulawarman

6

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

18

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

7

Universitas Muhammadiyah Cirebon

19

Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

8

Universitas Muhammadiyah Gersik

20

Politeknik Pembangunan Pertanian Jogjakarta

9

Universitas Wijayakusuma

21

Universitas selamat sri 2 subah batang

10

Universitas Tidar

22

Universitas Sebelas Maret

11

Universitas Sumatera Utara

23

Universitas Udayana

12

Universitas Negeri Semarang

24

Universitas Islam Malang

Lomba Animal Judge dilaksanakan (6-7/11) yang terdiri dua tahapan, tahap pertama penyisihan dan untuk tahap kedua Final, pada lomba daring sistem peniaian sapi perah menggunakan metode PDCA (Purebreed Dairy Cattle Assosiation) dan ADGA (American Dairy Goat Association) untuk Kambing Perah.