Skip to main content
x

Bertepatan Hari Ayam Dan Telur Nasional Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Menyelenggarakan Webinar Nasional

fapet.unsoed.ac.id  - Bertepatan dengan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) Kamis, 15/10/2020 Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Webinar Nasional Hari Susu Nusantara, Hari Ayam dan Telur Nasional. tanggal 15 Oktober merupakan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) yang dicanangkan mulai tahun 2011 oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono di Senayan Jakarta, sedangkan 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Susu Dunia (World Milk Day).yang ditetapkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), Indonesia juga menetapkan Hari Susu Dunia sejak tanggal 1 Juni 2009 melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 2182/KPTS/PD.420/5/2009, dengan tajuk Hari Susu Nusantara.

Webinar kali ini diselenggarakan oleh Panitia Mahasiswa yang tergabung dalam empat UKM, dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Pengabdian kepada Masyarakat (UPM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 dan HMPS D3 Fapet Unsoed. Webinar Nasional Hari Susu Nusantara, Hari Ayam dan Telur Nasional mengangkat tema “Peran Susu dan Telur di Masa Pandemi Ditinjau dari Beberapa Aspek”.

Kegiatan Webinar Nasional menghadirkan empat narasumber secara virtual. Dr. Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc (Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementeerian Pertanian), Drh. Sintong Haposan MT Hatasoit, M.Si (Kepala BBPTU&HPT Baturaden), Ir. Kusuma Widayaka, MS (dosen Fapet Unsoed), dan Ardiat Heru Nugroho/Gembong (Praktisi Ayam Petelur) dengan moderator Afduha Nurus Syamsi, S.Pt, M.P.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Denis Agita Meliana menyampaikan laporannya, bahwa kegiatan webinar nasional ini diselenggarakan bagian dari kegiatan Dies Natalis Fapet Unsoed, selain itu ia menyampaikan semoga teman-teman dapat menimba ilmu yang seluas-luasnya dan harapannya setelah mengikuti webinar ini teman-teman dapat ilmu yang bermanfaat yang dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari Selanjutnya

Webinar Nasional di buka oleh Wakil Dekan Bidang Akdemik Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D mewakili Dekan, pada kesempata itu  menyampaikan terima kasih kepada para narasumber atas kesediaan dan kehadirannya untuk mengisi kegiatan Webinar yang diselenggarakan oleh Fapet Unsoed untuk memberikan paparan, berbagi ilmu pengetahuan bidang perunggasan secara virtual.

“Peternakan menyambut baik kegiatan seperti ini salah satu bentuk wujud dari keaktifan mahasiswa meskipun dalam kondisi yang serba terbatas namun mudah-mudahan kita bisa berkarya, kita bisa menyumbang pemikiran untuk kemajuan dunia peternakan. harapannya dari diskusi pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara, Hari Ayam dan Telur dapat membuahkan pemikiran-pemikiran yang dapat dilanjutkan menjadi sebuah aksi, sehingga kita akan lebih daulat dalam pemenuhan Susu ataupun telur” Jelas Wadek Bidang Akademik Fapet Unsoed.

Beliau  menambahkan “Dua produk utama peternakan yang masih dianggap sebagai sumber protein paling ekonomis di masyarakat adalah Susu dan Telur” tambahnya.

Pada kesimpulannya para Narasumber menyampaikan Susu merupakan salah satu produk peternakan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Di tengah pandemi COVID-19, susu menjadi salah satu asupan bergizi tinggi yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh. banyaknya manfaat yang diperoleh melalui susu, susu merupakan pelengkap nutrisi bagi tubuh untuk memenuhi gizi yang seimbang. Susu sapi memiliki kandungan kalisum, protein, vitamin D, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk tubuh. Keunggulan susu sapi adalah seperti kalori dan lemak lebih rendah, kandungan vitamin B12, folat, dan selenium yang lebih tinggi.