Skip to main content
x

CAPRA PALA (PECINTA ALAM)

capra pala

A. Sejajarah singkat berdirinya Capra Pala

    Perkembangan minat dalam bidang kepencintaalaman di Indonesia dimulai sejak 1970-an, ini berhubungan erat dengan revolusi industri di berbagai belahan dunia terutama bagi Negara-negara berkembang. Pada saat itu bermunculan organisasi pecinta alam sebagai reaksi dari keadaan tersebut. Sama halnya dengan mahasiswa Fapet Unsoed, mereka yang memiliki hobby kepecintaalaman mulai merintis berdirinya organisasi pecinta alam. Perintisan ini diprakarsai oleh beberapa orang mahasiswa yang gemar berdiskusi hingga larut malam dan mempunyai rasa persaudaraan tinggi, mereka menamakan dirinya “Midnight Man” yang dimotori oleh Noor Singgih Prodjodipuro. Pada tahun 1977 baru direalisasikan oleh ketua senat Mahasiswa Fapet Unsoed saudara Pratiwanggono Purwosuprodjo bersama penceus ide dan merupakan organisasi pertama kali dilingkungan Unsoed. Adapun pendukung ide ini adalah : sdr Fahmi Sanusi, Cahyo Seetiadi, Dedi Purwanto, Priono Sastro Sudipo, Agus Joko Purnomo, Siswadi, Hartono, Agus Sulistio, Dewi Tri Murti, Endang Hadiningsih, Agus Budiman, Sarono Budi Harjo, Suryo Sumargo, Dedi Suwardi, Bambang Sulistio, Bambang Tri Wahyu, Aladin Nasution, T.D.P Ani Soe.

     Tonggak Berdirinya Capra Pala adalah dengan adanya kegiatan pelacakan Rute Gerilya Eks Tentara Pelajar Bridge XVII, pada tanggal 10 November 1977. Tanggal inilah akhirnya dideklarasikan sebagai tanggal lahir Capra Pala. Namaa Capra diambil dari nama genus kambing yang mempunyai kemampuan dan daya tahan terhaap segala keadaan untuk tetap survive di lingkungan buruk, Pala merupakan singkatan dari Pecinta Alam. Pemberian ini dimaksud agar nantinya anggota Capra Pala mempunyai daya tahan seperti kambing Capra.

B. Tujuan Capra Pala

Dilihat dari AD/ART Capra Pala mempunyi Tujuan :

  1. Membentuk manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME, cinta kepada alam, bangsa dan tanah air, rasa setia kawan, Gotong-royong dan semangat pantang menyerah.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan potensi ilmiah Mahasiswa Fakkultas Peternakan Unsoed dalam Bidang Olahraga Alam Bebas dan Konservasi.