Dosen Fapet Unsoed Menyelenggarakan Pelatihan Focus Group Activities di Desa Dermaji Banyumas

Submitted by timweb4 on Tue, 10/09/2018 - 08:50
Category: 

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Minggu (16/9/2018) menyelenggarakan pelatihan dengan metode Focus Group Activities (FGA) kepada Kelompok Ternak Wana Aji Desa Dermaji Kecamatan Lumbir.Pelatihan yang bertajuk “Pemberdayaan Kelompok Peternak Kambing Wana Aji dalam Peningkatan Mutu Produksi Kompos Unggul Menggunakan Kultur Campuran Lactobacillus danSacharomyces Sp. secara Aerob, itu diadakan di kediaman ketua kelompok, Naris.

Hadir sebagai narasumber yakni, Dr.Ir. Agustinah Setyaningrum, MP, Ir. Agus Priyono, MP, dan Ir. Paulus Suparman, MP. Ketiganya adalah dosen pada Fakultas Peternakan Unsoed.

Tujuan dari pelatihan adalah pertama, disemenasi teknologi pembuatan kompos unggul menggunakan campuran lactobacillus dan sacharomyces Sp. secara aerob. Kedua, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membuat kompos unggul pada kelompok peternak kambing Wana Aji di Desa Dermaji. Ketiga, mewujudkan peternakan yang ramah lingkungan.

Dr.Ir. Agustinah Setyaningrum, MP mengatakan, limbah peternakan perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan masalah.

“Apapun bentuk usahanya di bidang peternakan pasti akan menghasilkan limbah. Oleh karena itu limbah harus dikelola agar tidak menjadi masalah, tapi sebaliknya justru memberikan manfaat. Salah satu upaya pengolahan limbah dari kotoran ternak adalah dijadikan kompos. Dengan teknologi penambahan campuran mikroba alami, akan dihasilkan kompos unggul dalam waktu singkat, kurang lebih 3 minggu dan berkualitas. Dengab upaya tersebut diharapkan akan menjadi kawasan peternakan yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan pendapatan peternak.”

Output dari kegiatan pelatihannya sendiri yaitu, produksi kompos unggul sesuai standar Kementan dan SNI dalam waktu singkat serta media leaflet dan poster sebagai artikel ilmiah populer untuk tujuan disemenasi metode pembuatan dan produksi kompos unggul.

Sebanyak 25 anggota kelompok ternak aji mengikuti keseluruhan pelatihan dengan cukup antusias.

Pada kesempatan itu, fakultas peternakan juga memberikan bantuan berupa satu gerobak dorong, satu buah mesin penghancur kompos, satu buah mesin diesel, dan mikroba. (dikutip dari www.dermaji.desa.id)