Fapet Selenggarakan Ujian Kompetensi LSP-PI BNSP

Submitted by timweb4 on Wed, 10/31/2018 - 08:53
Category: 

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) bersama dengan LSP-PI BNSP  menyelenggarakan Uji Sertifikasi Kompetensi Jum’at (26/10). Kegiatan ini berlangsung di laboratorium produksi ternak perah. dan laboratorium produksi ternak unggas Fapet, uji kempetensi ini dimulai hari jum’at (26/10) sampai dengan hari sabtu (27/10). Kegiatan ini diikuti 200 orang mahasiswa Fapet.

Uji Sertifikasi Kompetensi dalam rangka upaya meningkatkan kompetensi kerja mahasiswa sebagai calon tenaga kerja, Standar kompetensi merupakan ukuran atau patokan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang harus dimiliki seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyarakatkan untuk itu  upaya peningkatan pembelajaran dan  kinerja, maka diperlukan suatu standar kompetensi profesi, guna merespon kemajuan inovasi teknologi dan pertumbuhan spesifikasi profesi untuk memfasilitasi pasar kerja global.

Kegiatan Uji Kompetensi meliputi 4 tahapan yaitu, melalui tahapan uji tulisan, uji lisan, uji observasi lapangan sampai dengan uji wawancara. Tim Penguji sebanyak 3 orang didatangkan dari LSP-PI BNSP dan dosen dari Fakultas Peternakan.

Peserta uji kompetensi sedang uji tes tertulis didampingi Dosen Fapet Afduha Nurus Syamsi, S.Pt. M.Si.

Peserta TUK sedang melaksanakan uji kompetensi lapangan didampingi tim asesor dari LSP-PI BNSP

Peserta uji kompetensi sedang melaksanakan tes wawancara oleh tim asesor dan dosen Fapet

Sertifikasi kompetensi berkaitan dengan kompetensi terkini dari pada pencapaian  masa lalu, dan yang perlu di tekankan bahwa lembaga yang dapat menentukan seseorang bekerja atau tidak adalah industri. Kegiatan ini bekerjasama dengan LSP-PI merupakan Lembaga sertifikasi profesi dan juga lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP-PI mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang didasari oleh kebutuhan dan kesepakatan unsur asiosiasi industri, profesi, dan pemerintah. Tujuannya memperkuat daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar global dengan menempatkan penguasaan kompetensi sebagai fokus pengembangan sumberdaya manusia bidang peternakan