Gelora PKM Mengusung Tema “Fapet Unsoed Siap Mengukir Karya”

Submitted by timweb4 on Tue, 10/02/2018 - 15:48
Category: 

Dalam rangka meningkatkan kualitas riset ilmiah Mahasiswa, UP 3 Fakultas Peternakan Unsoed menggelar Workshop dengan tema “Gelora Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”. PKM adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.  

Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Seminar 1 lantai 3 Fapet Unsoed, Jum’at (14/8), diikuti oleh 92 peserta workshop. Gelora PKM ini dimulai tanggal 14 September 2018 sampai dengan tanggal 12 Oktober 2018, sebelumnya banner timeline kegiatan “Gelora PKM”sudah terpasang di pintu masuk barat Fapet Unsoed, selain itu juga tersebar di media online.

Ketua pelaksana kegiatan "Gelora PKM" memberikan sambutan.

Ketua pelaksana kegiatan dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan motivasi kepada mahasiswa Fapet khususnya mahasiswa baru TA. 2018/2019 yang akan maju pada ajang Pim Nas yang akan datang, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapat pendanaan berbasis riset, banyak ilmu yang didapat dari pembuatan PKM ini, mahasiswa dapat berfikir secara struktural, selain mengikuti kegiatan rutin perkuliahan, beliau juga menyampaikan bahwa 100 PKM akan mendapat peluang maju ke Pim Nas berikutnya, harapnya.

Ketua UP3 memberikan sambutan.

Ketua UP 3 dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Dr. Triana Setyawardani, S.Pt., MP selaku Pembina UP 3 (bid. Penalaran dan Keilmuan), mudah – mudahan setelah acara ini dapat melahirkan karya ilmiah yang adapat maju ke Pim Nas yang akan datang.

Presiden BEM Fapet Unsoed memberikan sambutan sekaligus membuka acara "Gelora PKM".

Hanif Riyadi selaku Presiden BEM Fakultas Peternakan Unsoed turut memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara workshop, dalam sambutannya beliau berupaya bagaimana caranya meningkatkan jiwa krativitas mahasiswa dalam hal membuat karya ilmiah, bahwa semua itu bukan hanya sekedar ikut, tetapi dituntut kreativitas, menumbuhkan jiwa solidaritas dan persaingan yang positif, jangan ragu untuk membuat karya, selalu inovatif, harapnya.

Hadir narasumber Dr.Ir. Elly Tugiyanti, MP selaku Ketua Jurusan Produksi Ternak Fapet Unsoed.

Hadir narasumber Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP selaku Ketua Jurusan Produksi Ternak Fapet Unsoed memaparkan tentang “Format Penulisan dan Struktur Usulan PKM”, beliau berharap mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed setelah mengikuti kegiatan ini dapat membuat suatu karya ilmiah yang spesifik tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan PKM yang diusulkan, dapat maju dan sukses pada Pim Nas yang akan datang, harapnya.

Hadir pula narasumber Soffy Aldi Dwiharta. 

Hadir pula narasumber Soffy Aldi Dwiharta, dalam sambutannya beliau menyampaikan pengalamannya sebagai peraih “Poster Favorit Pim Nas ke-30 Tahun 2018”, beliau banyak menyampaikan pengalamannya dalam pembuatan PKM dan poster yang lolos PIMNAS, keuntungan mengikuti banyak perlombaan, dan pengalaman yang lainnya. Selama sesi utama berlangsung banyak mahasiswa yang sangat antusias untuk turut mengukir karya pada Program Kreatifitas Mahasiswa tahun 2018 yang dilihat dari turut aktifnya mahasiswa pada sesi tanya jawab berlangsung. 

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan sebagai tanda terima kasih serta dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Dilaksaannya workshop PL – UKM maka waktu pembuatan PKM resmi dimulai untuk diikutkan pada perlombaan PL-PKM . Diakhir acara, panitia yang diwakilkan oleh Yurike Prasasti dan Yudi Pradopo melakukan sosialisasi kegiatan PL-PKM dan memberikan informasi timeline-timelinenya Diharapkan dengan adanya  workshop dan sosialisasi peserta semakin mengerti akan informasi perlombaan PKM yang dilaksanakan oleh fakultas dan diakhir banyak PKM yang diikutkan dalam perlombaan.

Yurike Prasasti dan Yudi Pradopo melakukan sosialisasi kegiatan PL-PKM dan memberikan informasi timeline-timelinenya

 

Kegiatan “Gelora PKM” ini bertujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa Fapet Unsoed untuk peluang pada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Untuk memotivasi mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang menjadi juara dalam kegiatan lomba PKM dalam rangka “Gelora PKM”.