Kunjungan Ilmiah UP3 BIB Semarang

Submitted by timweb4 on Thu, 01/14/2016 - 15:45
Category: 

Kunjungan ilmiah merupakan salah satu agenda tahunan UKM UP3 fakultas peternakan, universitas jenderal soedirman. Kesempatan kali ini UP3 melakukan kunjungan ilmiah di daerah semarang tepatnya di BIB ungaran dan Pt Tossa Agro di Kendal. Adapun yang menjadi peserta kunjungan ilmiah ini lebih memprioritaskan mahasiswa baru angkatan 2015 sebanyak 60 orang, dan dari peserta umum serta panitia sebanyak 40 orang. Kunjungan ilmiah tahun ini bertemakan “membuka wawasan agribisnis peternakan di kota lumpia bersama UP3”, dari tema tersebut harapan dari panitia kepada mahasiswa baru 2015 lebih bisa mengenal dunia peternakan dan bidang agribisnis tentang peternakan. Menambah wawasan tentang dunia peternakan secara semi modern, dan juga menambah pengetahuan tentang tatacara reproduksi ternak dengan kawin suntik (IB).

            Tepat pada minggu pukul 14.00 Wib, kegiatan kunjungan ilmiah secara resmi dan simbolis di buka oleh Prof. Dadang Mulyadi Soleh mewakili pihak fakultas di Ruang 140. Setelah secara resmi di buka, selanjutnya peserta di beri arahan oleh Prof Dadang dan WD 3 sebagai bekal dalam mengikuti kunjungan ilmiah ini, selain itu peserta juga di beri arahan dan penjelasan kunjungan ilmiah ini yang di berikan oleh pihak panitia. Kegiatan ini di ketuai oleh faris haikal akbar sebagai ketua panitia, dan beberapa rekan lain yang membantu sebagai panitia lain. Pihak panitia sendiri menetapkan wilayah semarang sebagai tujuan kunjungan imiah di karenakan semarang merupakan tempat yang ideal dan cukup strategis digunakan untuk kunjungan ilmiah, dengan melihat potensi peternakan yang ada di daerah tersebut.

 

            Pukul 22.45 WIB bus yang akan membawa rombongan kunjungan ilmiah ini sampai di PKM, dan pada pukul 23.00 seluruh peserta di berangkatkan menuju semarang guna melakukan kunjungan ilmiah. Peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat ketika akan melakukan kunjungan ini, karena selain melakukan kunjungan ilmiah yang akan menambah wawasan mengenai dunia peternakan, dalam kunjungan ini peseerta juga dapat melakukan refreshing di wilayah semarang yaitu lawang sewu. kunjungan ini didampingi oelh Prof Dadang MS, selaku pendamping kunjunngan ilmiah ini.

            Pukul 04.00 WIB rombongan sampai di rumah makan Sarangan yang berada di Ambarawa untuk melakukan ISOMA. Pukul 05.00 WIB bis berangkat menuju tujuan kunjungan pertama yaitu BIB Ungaran. Tepat pukul 06.30 WIB panitia dan peserta sudah tiba di BIB Ungaran. Berhubung jam kerja staf BIB Ungaran jam 07.00 WIB maka panitia melakukan pengondisian peserta terlebih dahulu. Setelah staf dan karyawan BIB Ungaran datang peserta disambut hangat oleh kepala BIB Ungaran. Acara dimulai dengan sambutan oleh kepala BIB Ungaran dan para stafnya dan oleh Prof Dadang. Acara dilanjutkan dengan melihat tatacara mendapatkan sperma sapi dan kambing serta melihat kegiatan laboratorium di BIB Ungaran. Peserta melaksanakan kegiatan dengan antusias. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan pengenalan profil BIB Ungaran oleh kepala BIB Ungaran dan pemberian materi oleh prof Dadang. Acara diskusi berjalan dengan lancar dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh peserta. Selanjutnya acara ditutup dan dilanjutkan dengan pemberian kenang – kenangan kepada BIB Ungaran.

            Pukul 11.00 perjalanan dilanjutkan ke PT. Tossa Agro. Peserta dan panitia tiba di tempat pukul 12.30 WIB Lalu dilanjutkan dengan ISOMA. Setelah itu peserta disambut oleh perwakilan dari PT. Tossa Agro. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh pihak PT. Tossa Agro dan prof Dadang. Setelah itu peserta dibagi menjadi 2 kelompok. 1 Kelompok menuju ke pabrik pembuatan pakan untuk melihat proses dan tatacara pembuatan pakan dan kelompok lainnya menuju ke peternakan sapi Wagyu. Peserta melaksanakan kegiatan dengan senang dan antusias. Pukul 14.00 acara ditutup dengan pemberian kenang – kenangan kepada pihak PT. Tossa Agro.

            Sekitar pukul 14.15 rombongan melanjutkan perjalanan ke salah satu wisata di Semarang yaitu di lawang sewu. Pukul 15.30 rombongan sampai di lawang sewu. Peserta diberikan penjelasan tentang sejarah lawang sewu oleh pemandu wisata. Sekitar pukul 17.00  rombongan melanjutkan perjalanan ke Cimory . Sesampainya disana sekitar pukul 18.30 peserta melakukan ISOMA. Beberapa peserta juga membeli oleh – oleh produk Cimory. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke pust oleh – oleh semarang dan dilanjutkan perjalanan pulang. Rombongan sampai di PKM sekitar pukul 01.00 WIB dengan selamat.