Error message

User warning: The following theme is missing from the file system: govideo. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1143 of /var/www/clients/client1/web1/web/includes/bootstrap.inc).

LKTI NASIONAL INSIGHT 2017 DI UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

Submitted by timweb4 on Thu, 11/09/2017 - 15:15
Category: 

Delegasi Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman mendapatkan Juara Harapan 1 dalam acara lomba karya tulis ilmiah nasional  INSIGHT yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi Universitas Hasanuddin Makassar. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2 – 5 November 2017 bertempat di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Serangkaian kegiatan meliputi technical meeting, presentasi, seminar nasional dan fieldtrip.

Kegiatan INSIGHT 2017 dihadiri dari berbagai Universitas di Indonesia antara lain: Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, Universitas  Negeri Makassar, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Hasanuddin, Universitas Mataram, Universitas Lambung Mangkurat,  Universitas Ahmad Dahlan, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Hari pertama dimulai pada malam hari yaitu kegiatan technical meeting sekaligus pembukaan oleh ketua panitia INSIGHT, dilanjutkan pembacaan laporan kegiatan oleh ketua panitia. Technical meeting membahas mengenai tata tertib dan peraturan presentasi , kegiatan seminar nsioanal dan fieldtrip. Akhir kegitan technical meeting ditutup dengan sesi tanya jawab peserta kepada panitia.

 

Hari kedua kegiatan yaitu Presentasi dari semua finalis INSIGHT bertempat di lantai dasar rektorat Unhas. Presentasi dibuka dengan sambutan-sambutan dari  ketua panitia ,ketua IKAB Unhas , dan terakhir sambutan dari wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan dan alumni sekaligus membuka presentasi finalis INSIGHT. Presentasi dimulai dengan penampilan finalis dari Universitas Sebelas Maret sebagai penampil pertama, finalis dari Universitas Jenderal Soedirman sebagai penampil ke 12 dan diakhiri oleh penampilan finalis dari tuan rumah yaitu Universitas Hasanuddin. Presentasi berakhir, peserta kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Hari ketiga kegiatan yaitu seminar nasional dengan tema “Optimalisasi dan Inovasi Pemuda dalam Pengembangan Sumber Daya Lokal untuk Indonesia Berdaulat” berlangsung di gedung IPTEK Unhas. Kegiatan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa umum dan finalis INSIGHT. Seminar nasional menghadirkan saudara Muhammad Jabal Nur sebagai moderator dan Bapak Dr. Indrabayu, ST, MT, M. Bus.Sys sebagai pemateri. Setelah sesi tanya jawab sebagai tanda berakhirnya seminar , tibalah pengumuman juara INSIGHT 2017 yang sudah diitunggu oleh para peserta. Panitia mengumumkan hasil lomba dan didapatkan hasil sebagai juara 1 yaitu finalis dari IPB, juara 2 finalis dari ITS, juara 3 finalis dari Universitas Lambung Mangkurat, juara harapan 1 diperoleh finalis dari Universitas Jenderal Soedirman dengan judul karya tulis Silase Mahkota Nanas, juara harapan 2 diperoleh finalis dari tuan rumah Unhas dan kategori terakhir sebagai best poster diperoleh finalis dari Universitas Brawijaya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian piala, piagam kejuaran kepada para pemenang dan foto bersama.                   

Hari keempat kegiatan  yaitu  field trip. Para finalis sudah bersiap dari pukul 07.00 WITA untuk melakukan field trip sebagai ajang relaksasi setelah sebelumnya berjuang dalam perlombaan. Tujuan field trip yaitu benteng rotherdam dan pantai Losari sebagi destinasi wisata yang sering dituju. Fieldtrip dikhiri dengan berbelanja di pusat oleh oleh makassar. Setelah field trip selesai para finalis kembali ke penginapan untuk kemudian bersiap pulang.

Akhir kata semoga kegiatan INSIGHT ini menambah motivasi mahasiswa mahasiswa Indonesia untuk menulis, sebagai pemuda bangsa sudah sepatutnya kita mengembangkan kreativitas untuk dituangkan dalam karya demi kemajuan bangsa.