Mahasiswa Fapet Menjuarai Cabang Kegiatan MTQM Tahun 2018 Tingkat Universitas Jenderal Soedirman

Submitted by timweb4 on Mon, 11/12/2018 - 16:09
Category: 

Mahasiswa Fapet (Maulana Zulkarnain) menjuarai Cabang Khatil Qur’an, dan pada Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an : juara 1 Fajrul Karomi dan Muhammad Al-Fikri serta di Cabang Tartilil Qur’an Putra : juara 1 Ukasyah Abdullah dalam acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM), acara yang digelar pada hari Sabtu (03/11) merupakan kegiatan rutin Universitas Jenderal Soedirman, sebagai upaya untuk meningkatkan syiar Islam. Salah satu tujuannya adalah menumbuhkan kecintaan kita kepada Al-Qur’an yaitu kecintaan untuk membaca, mengkaji, dan mengamalkannya. Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Sabiq, M.A selaku ketua panitia. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa setelah diputuskannya pemenang, tahapan selanjutnya akan mengikuti pembinaan dan pendampingan untuk bersiap mengikuti ajang MTQ tingkat Nasional.  “Sehingga delegasi Unsoed yang mewakili di tingkat Nasional merupakan betul-betul peserta yang memiliki potensi membawa nama harum Unsoed di MTQ tingkat nasional ”, ungkapnya.

MTQM dibuka oleh Kepala Biro Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dra. Krisnhoe Maya Woelandari, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatn MTQM ini merupakan satu dari 11 kegiatan Kemenristekdikti di direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan. Harapan pimpinan universitas, mudah-mudahan di tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Banda Aceh, kontingen dari Unsoed dapat meraih prestasi yang lebih bagus lagi. “Target kita adalah meraih medali”, ungkap Kabiro. Lebih lanjut disampaikan bahwa pemeringkatan perguruan tinggi salah satu komponennya adalah prestasi kegiatan kemahasiswaan.

Dalam MTQM kali ini cabang yang dilombakan ada 6 bidang yaitu bidang Musabaqah Tartilil Qur’an diikuti 48  peserta (putra 22 peserta dan putri 26 peserta), Musabaqah Tilawatil Qur’an 24 peserta (putra 10 peserta dan putri 14 peserta), Musabaqah Hifdzil Qur'an 5 Juz 6 peserta putri, Musabaqah Hifdzil Qur'an 10 Juz 2 peserta putri, Musabaqah Hifdzil Qur'an 10 Juz 4 peserta putra, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur'an Dalam Bahasa Inggris 6 tim / 12 peserta, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an 26 peserta, dan Musabaqah Khathil Al-Qur'an Golongan Dekorasi 11 peserta. Peserta yang mengikuti MTQ merupakan mahasiswa UNSOED yang mewakili 12 Fakultas.

Banyaknya peserta lomba dan kesungguhan dalam mempersiapkan diri membuat kualitas ajang MTQ tahun ini juga meningkat.  Dari semua bidang, Tim Dewan Hakim perlu usaha ekstra keras untuk menentukan para pemenang karena ketatnya persaingan.

Para Juara Lomba MTQ Mahasiswa UNSOED 2018 sebagai berikut :

  1. Cabang Khathil Qur’an golongan Dekarasi Putra : sebagai juara 1 Maulana Zulkarnain (F. Peternakan), juara 2 M.Reza Fanisham (F.Ikes), dan juara 3 Lukma Abdan Syakuran (F.Biologi).
  2. Cabang Khathil Qur’an golongan Dekarasi Putri : sebagai juara 1 Raudhatun Naila M (F. Pertanian), juara 2 Wahdini Hanifah (F.Biologi), dan juara 3 Ana Fatimatus Sholikhah (F.Biologi).
  3. Cabang Tartilil Qur’an Putri : juara 1 Khoriyah Silvi Azzahra (F. Kedokteran), juara 2 Laras Wijiati (F.Mipa), dan juara 3 Helni Syahriani Hasibuan (F. Kedokteran).
  4. Cabang Tartilil Qur’an Putra : juara 1 Ukasyah Abdullah (F.Peternakan), juara 2 MWidodo Aji Prasetyo (F. Ekonomi dan Bisnis), dan juara 3 Aris Kurniawan Wijaya (F.Ikes)
  5. Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an : juara 1 Fajrul Karomi dan Muhammad Al-Fikri (F. Peternakan), juara 2 Sakinah Mawaddah dan Septia Nurul Izah (F. Biologi), dan Mohamad Rofiq Ulinha (F.PIK).
  6. Cabang Hifdzil Qur'an 20 Juz Putri : juara 1 Salma Auliya Wibowo (F.Ikes).
  7. Cabang Hifdzil Qur'an 10 Juz Putri : juara 1 Salma Auliya Wibowo (F.Ikes), juara 2 Nurul Wasi’afur Rofiah (F. Pertanian), dan Zunailatul Afifah (F. Ilmu budaya).
  8. Cabang Hifdzil Qur'an 10 Juz Putra : juara 1 Richo Dwi Permadi (F.Mipa), juara 2 Isnan Fuad Mubarok (F.Ikes), dan juara 3 Muhammad Hafidzin (F.isip).
  9. Cabang Hifdzil Qur'an 5 Juz putra : juara 1 Muhammad Hafidzin (F.Isip), juara 2 Isnan Fuad Mubarok (F.ikes), dan juara 3 Ahmad Masykur F (F.Teknik).
  10. Cabang Hifdzil Qur'an 5 Juz putri : juara 1 Laras W (F.Mipa), juara 2 (F. Pertanian), dan juara 3 Shafiyatul Musyarofah (F. Hukum).
  11. Cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an Putri : juara 1 Nadia Al Khudriyah (F.Ikes), juara 2 Faradina Qorina N (F.Ikes), dan juara 3 Dede Mulyani (F. Pertanian).
  12. Cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an Putra : juara 1 Sholih Riwaldi (F. Pertanian), juara 2 Najmi Zain (F. Kedokteran), dan juara 3 Hendi Kurnia (F. Hukum).
  13. Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur'an Dalam Bahasa Inggris : juara 1 Rafi Raihan dan iin Rohmana (F.ilmu budaya), juara 2 Amalia Shofie dan Putri Ramadani (F. Biologi), dan juara 3 Pauline dan Yusuf (F. Isip).