Pengabdian Kepada Masyarakat

Submitted by timweb3 on Fri, 03/23/2018 - 18:21
Category: 

Ibm Optimalisasi Lahan Marginal Sebagai Penyedia Hijauan Legum (Konsentrat Hijauan/Kohi) Untuk Kelompok Peternak Kambing

OLeh:  Titin Widiyastuti, SPt. MSi., Dr. Ir. Caribu Hadi Prayitno, MP., dan Ir. Tri Rahardjo Sutardi, SU

 Lokasi Kegiatan:  Desa Karanglo Kec. Cilongok dan Desa Gandatapa Kec. Sumbang Kabupaten Banyumas

Nama dan alamat  mitra:  Kelompok Ternak “Mindhatama” Desa Karanglo Kec. Cilongok dan Kelompok Ternak “Karya Tani” Desa Gandatapa Kec. Sumbang

 

         Desa Karanglo Kec. Cilongok  dan Desa Gandatapa memiliki potensi peternakan kambing yang prospektif, kendala alam dan sumberdaya manusia dalam pengembangan ternak menjadi masalah utama.  Kendala terbesar adalah pengadaan pakan berkualitas yang masih minim, terutama hijauan pakan.  solusi yang ditawarkan adalah : (a) Pengadaan tanaman legume pakan berkualitas dan pengoptimalan budidaya tanamanan pakan pada lahan marginal, (b) Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam penyediaan pakan kambing melalui sosialisasi fungsi hijauan  legume sebagai konsentrat hijauan (kohi) untuk menggantikan konsentrat komersial (c) pelatihan dan pendampingan untuk mengubah persepsi peternak tentang usaha ternak yang selama ini secara sambilan menjadi usaha yang professional.

            Metode IbM  dilaksanakan dalam lima tahap: penyuluhan dan pelatihan, penanaman rumput dan legum di lahan marginal, diskusi, evaluasi, dan  pembinaan serta pendampingan.Bantuan yang diberikan kepada mitra diantaranya berupa bibit Indigofera, bibit rumput odot,  Pupuk kandang, Molases,  Stardex, drum silo, serta biaya pengolahan lahan dan perawatan tanaman.

           Hasil kegiatan pengabdian hingga saat ini kelompok peternak mempunyai lahan hijauan legum yang dikelola bersama. Lahan yang dianfaatkan adalah lahan milik desa yang kurang produkstif untuk tanaman pertanian, dengan luasan 25 sangga (700 m2) dengan jumlah tanaman  500 batang. Jenis leguminosa yang di introduksikan adalah Indigofera zollingeriana, rumput yang ditanam rumput gajah varietas odot.  Umur tanaman  Indigofera   saat ini 8 bulan dan sudah mulai dipanen untuk diberikan pada kambing, pada pemotongan pertama, 1 pohon Indigofera dapat menghasilkan sekitar  1,5 kg – 2 kg, sehingga total panen pertama menghasilkan sekitar 750 – 1000 kg. Dapat menggantikan kebutuhan 30% konsentrat bijian untuk  12 – 16 ekor kambing dengan bobot 30 kg selama 70 hari.   Pemotongan selanjutnya dapat dilakukan setiap 70 – 90 hari. Manfaat kegiatan pengabdian dan kemajuan yang telah dicapai mitra adalah : (a). Mitra memiliki pengetahuan tentang pakan hijauan berkualitas sebagai konsentrat hijauan , (b)  Peternak memiliki lahan hijauan legume komunal yang dapat digunakan bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan pakan untuk kambing, ( c) Peternak mampu menyediakan pakan yang berkualitas dengan harga yang sangat murah, (d) saat ini kelompok peternak “Mindhatama“ termotivasi dan berencana untuk membuat kandang komumal serta memperluas lahan tanam indigofera dengan memanfaatkan lahan desa bekerjasama dengan pihak Desa melalui Dana Desa (Bumdes).

 

Full Text Download Below