Penjaringan Mikro Teaching Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Submitted by timweb4 on Wed, 12/19/2018 - 11:42
Category: 

Fapet.unsoed.ac.id, 13/12/2018, Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 59 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan mengacu dari pengumuman Panitia Seleksi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 4105/A.A2/KP/2018 tanggal 18 September 2018.

Acara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dimulai pada pukul 15.00 – 20.00 WIB, acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fapet Unsoed Ir. Ibnu Hari Sulistyawan, M.Sc. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tes Seleksi Kompetensi Bidang adalah tes paktik mengajar adalah tahap ketiga dari urutan sebelumnya. pertama adalah Seleksi Administrasi, dan kedua seleksi Kompentensi Dasar (SKD). Dan yang ketiga adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam penyampaian materi pada praktik mengajar serta penguasaan materi sesuai bidang ilmu masing-masing. 

Pada kesempatan kali ini seleksi CPNS untuk formasi dosen peternakan yang lolos tahap dua terdiri dari Sembilan peserta yang terdiri dari lima laki-laki dan empat perempuan. Dalam seleksi peserta diuji dalam penyampaian materi, mutu materi, kelancaran dalam berinteraksi serta kecakapan dalam menjawab pertanyaan dari materi yang jadi bahasan. Sebagai tim penilai SKB Fakultas Peternakan Unsoed adalah Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si dan Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D

Dalam rangka pemenuhan dosen Fakultas Peternakan Unsoed, Fakultas Peternakan mengajukan usulan tenaga pendidik di Fakultas Peternakan  Unsoed Sejak tahun 2000 sampai 2017 dosen yang masuk masa purna tugas terus bertambah, sementara jumlah mahasiswa terus meningkat. Dengan keterbatasan tenaga pengajar Fapet Unsoed dengan rasio jumlah dosen dan mahasiswa yang mulai tidak ideal terus berusaha memberikan bimbingan kepada mahasiswa secara maksimal.

Pada tahun 2017 baru ada seleksi  tenaga pendidik yang terdiri dari dua dosen kontrak dan pada tahun 2018 Fakultas mendapat tambahan dua orang sebagai dosen tetap yang masuk melalui jalur CPNS Unsoed. Untuk dua orang dosen tenaga kontrak tersebut satu membidangi tentang Fisiologi dan Reproduksi Ternak dan yang satunya lagi dibidang Produksi Ternak Perah. Adapun yang dua dosen PNS tersebut terdiri dari laki-laki dan perempuan, yang laki-laki membidangi Produksi Ternak Perah dan yang perempuan membidangi ilmu Agama.