Peresmian dan Penandatanganan Prasasti “Closed House” Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Submitted by timweb4 on Fri, 12/15/2017 - 09:53
Category: 

Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M. Si dan Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk., Dr. (HC) Thomas Efendy, SE, MBA., meresmikan dan menandatangani prasasti closed house Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Rabu (14/12). Acara diawali dengan peresmian dan penandatanganan prasasti yang disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Riset Nasional, Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU., Pimpinan dan Civitas Akademik Universitas Jenderal Soedirman serta perwakilan Managemen PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk., dengan tema “Prospek Perunggasan Kedepan”, dan diakhiri dengan kunjungan ke Kandang Closed House di Eksperimental Farm Fakultas Peternakan Unsoed.

Rektor Unsoed dan Presedir. PT. CPI Tbk. menandatangani prasasti "Closed House"  disaksikan Ketua Dewan Riset Nasional.

Rektor universitas Jenderal Soedirman dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk., karena telah memilih Unsoed sebagai salah satu dari 4 Univeristas di Indonesia yang diberikan hibah kandang closed house. Beliau juga menyampaikan bahwa Unsoed akan berkomitmen menggunakan fasilitas yang telah diberikan sebagai sarana untuk mencetak lulusan yang berkarakter Jenderal Soedirman dan menguasai teknologi dibidang perunggasan, sehingga dapat berkontribusi terhadap perkembangan peternakan Indonesia kedepan. Dalam kesempatan lain, Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU., menyampaikan tentang pentingnya pengadaan closed house pada perguruan tinggi dalam rangka menyiapkan lulusan yang menguasai teknologi peternakan, sehingga mampu bersaing secara global, terutama dalam era MEA saat ini.

PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPI) merupakan pelopor industri perunggasan di Indonesia. Fokus bisnis yang dijalankan adalah bidang perunggasan dengan memproduksi ayam bibit (DOC), broiler dan pakan ternak. Selain itu, juga memproduksi makanan olahan dibawah merek Fiesta dan juga bergerak pada bidang pertanian dan pembibitan melalui PT. BISI Internasional. Sebagai bentuk tanggung jawab social, CPI dan anak perusahannya secara konsisten dan berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan dibidang pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa, yaitu melalui Lembaga Karya pokphand (LKP), lembaga penyalur dan pengelola CSR. Salah satu wujud tanggung jawab CPI bagi bangsa adalah merealisasikan Hibah Closed House yang diawali pada 4 Universitas di Indonesia (Unsoed, Undip, Unair, dan Unhas).

Peninjauan Kandang Closed House Oleh presedir Beserta Manajemen CPI dan Rektor beserta Civitas Akademik Unsoed.

Kandang Closed House Fapet Unsoed (nampak dalam)

“Closed house bukan hal yang baru dalam dunia perunggasan, hanya saja Indonesia selalu menjadi follower, tetapi kita tidak perlu takut, bukan berarti pengikut tidak memiliki kesempatan untuk memimpin dikemudian hari” tutur Presiden Direktur PT. Charoen Pokhphand Indonesia Tbk., Dr.(HC) Thomas Efendy, SE, MBA. Kandang closed house merupakan sistem kandang tertutup dengan konsep modern. Kandang difasilitasi dengan perlatan berteknologi tinggi dan di setting dengan kondisi lingkungan yang sesuai untuk hidup ayam broiler. Keuntungan lain dari kandang closed house yaitu temperature lingkungan dapat dikontrol, biosecurity mudah dilaksanakan, kepadatan ayam dan pemberian pakan efisien, kematian ayam rendah, PBBH ayam lebih merata, dan efisien terhadap tenaga kerja. Namun demikian, kandang Closed house membutuhkan investasi yang tinggi.  Oleh karena itu, peresmian hibah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Unsoed, karena dapat memiliki sarana dan prasarana belajar bagi mahasiswa untuk melakukan riset inovasi pengetahuan di bidang pemeliharaan unggas sesuai dengan perkembangan teknologi ilmu pengetahuan dalam budi daya ayam broiler yang mutakhir.