Peringati Dies Ke-52, Fakultas Peternakan Gelar Tasyakuran

Submitted by timweb4 on Wed, 02/14/2018 - 10:03
Category: 

Fakultas Peternakan UNSOED diresmikan pendiriannya pada 10 Pebruari 1966 dengan fokus pada pengembangan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal secara berkelanjutan, melalui penguasaan sains produksi, nutrisi dan pakan, sosial ekonomi serta teknologi peternakan. Memasuki usianya yang ke-52, Fakultas Peternakan UNSOED menggelar Tasyakuran bertempat di Ruang Seminar I Fakultas Peternakan, Selasa (13/2).

Para tamu undangan, hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS.

Hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan beserta para Wakil Dekan Fakultas Peternakan, para Guru Besar, para Dekan, dosen, tenaga kependidikan, para purna tugas, alumni, dan mahasiswa.

Sambutan Ketua Panitia Dr. sc.agr. Ir. H. Yusuf Subagyo, MP

Ketua panitia Dr. sc.agr. Ir. H. Yusuf Subagyo, MP (Wakil Dekan III Fakultas Peternakan) dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Peternakan UNSOED yang ke-52 telah diawali dengan malam tirakatan, rakor alumni, jalan sehat, dan peresmian inkubator bisnis, yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 10 Februari 2018, dan hari ini berupa tasyakuran. WD III mengatakan bahwa kedepan masih ada rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Peternakan yaitu lomba fotografi, lomba cerdas cermat, lomba burung berkicau, hari susu nasional, Seminar Nasional, dan hari ayam dan telur nasional. “mengajak kepada civitas akademika Fakultas Peternakan untuk membangun fakultas lebih baik lagi, sehingga kiprahnya semakin diakui minimal di tingkat nasional”, ungkapnya.

Sambutan Dekan Fapet, Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP.

Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP dalam sambutannya menyampaikan tentang sejarah berdirinya Fakultas Peternakan UNSOED. “Di usianya yang telah 52 tahun ini, telah memberikan kontribusi yang nyata pada pembangunan bangsa, khususnya pada pengembangan Iptek dan penyedia ahli berkualifikasi sarjana, ahli madya, magister dan Insya Alloh tahun depan bisa menghasilkan Doktor Peternakan”, demikian ungkap Dekan. Lebih lanjut Dekan mengatakan perkembangan Iptek dan globalisasi menuntut Fakultas Peternakan untuk terus meningkatkan kualitas secara berkelanjutan sebagai sebuah institusi perguruan tinggi yang harus memberikan kontribusinya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurut Dekan kendala yang dihadapi adalah masih lamanya masa studi. Dekan juga menyampaikan tentang capaian-capaian yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Peternakan.

Prof. Dr. Ir. Caribu Hadi Prayitno, M.P sdang memberikan orasi ilmiah

Tasyakuran juga diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh  Prof. Dr. Ir. Caribu Hadi Prayitno, M.P dengan materi berjudul “Pakan Suplemen Pada Sapi Perah”. Prof Caribu menjelaskan tentang mengapa sapi perah memerlukan pakan suplemen, hal ini dikarenakan saat ini kualitas pakan yang jelek. “Populasi protozoa berkembang cepat dan akan menjadikan bakteri sebagai bahan makannya, dan produksi methan yang berlebih”, jelasnya. Selain itu perlu makanan suplemen karena sintesis susu melibatkan banyak faktor akan memunculkan sisa metabolism yang bersifat reaktif. Di akhir pemaparannya Prof Caribu menyimpulkan bahwa pakan suplemen membantu ternak berproduksi lebih baik, dan susu fungsional dapat memperbaiki status kesehatan.

Tausiah yang disampaikan oleh Drs. H. Ahmad Kifni

Pada kesempatan tersebut diisi dengan Tausiah yang disampaikan oleh Drs. H. Ahmad Kifni. Fakultas Peternakan juga memberikan cinderamata kepada 14 PNS yang Purna Tugas. Selain itu juga pemberian hadiah kepada pemenang lomba kebersihan unit kerja di lingkungan Fakultas Peternakan.

14 Pegawai Negeri Sipil Fapet yang telah purna tugas

Hingga saat ini Fakultas Peternakan telah memiliki Program Diploma Tiga (D3) Program Studi Produksi Ternak, Program Sarjana  (S1) Program Studi Peternakan, dan Program Studi Magister (S2) Program Studi Ilmu Peternakan, dan Program Studi Doktor (S3) Program Studi Ilmu Peternakan.