Profesi Alumni & Serapan Lulusan.

Sampai dengan bulan Juni 2012 Fakultas Peternakan Unsoed telah menghasilkan 7300 alumni.  Profesi dan karir para alumni Sarjana Peternakan Unsoed terbuka sangat luas antara lain sebagai berikut :

  1. Wirausaha/wiraswasta agribisnis meliputi penyedia jasa, barang/perdagangan pada sektor input [bahan baku], proses [on-farm], output [produk, dan olahan produk].
  2. Tenaga peneliti bidang pertanian dan peternakan milik pemerintah maupun swasta.
  3. Tenaga ahli pada perusahaan peternakan, farmasi hewan, pengolahan hasil ternak, pakan ternak, pembibitan ternak dan sebagainya.
  4. Lembaga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi.
  5. Konsultan pengembangan peternakan dan pemberdayaan masyarakat.
  6. Tenaga pendidik [dosen] di perguruan tinggi dan sekolah kejuruan negeri maupun pemerintah.
  7. Perbankan dan Lembaga Keuangan.
  8. Kementerian dan Departemen pemerintah pusat (Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kementerian/Direktorat lainnya).
  9. Dinas dan Lembaga Pemerintah Daerah Propinsi & Kabupaten (Dinas Teknis, Bappeda, Pemda.
  10. Agen pembaharu [agent of change] pada lembaga pengembangan & pemberdayaan masyarakat.

Ada empat klasifikasi profil dan profesi lulusan Fakultas Peternakan Unsoed, yaitu (i)Owner / pengusaha, (2) Karyawan / Pegawai, (3) Ilmuan / Scientist, dan (4) Agent of Change (agen perubahan). 

 

Serapan Lulusan Fakultas Peternakan Unsoed

Berikut adalah berita-berita terkini mengenai serapan lulusan Fakultas Peternakan Unsoed. Banyak perusahaan Industri Peternakan melakukan jemput bola ke kampus dengan  melakukan pembekalan sekaligus rekruitmen lulusan di kampus Fakultas Peternakan Unsoed, sehingga para lulusan mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi & peluang kerja. Jalinan kerjasama dengan para pengguna selalu dibangun dan berorientasi kepada link-and-match antara proses pendidikan di kampus dengan kebutuhan unser sehingga para lulusan dengan mudah diserap oleh dunia kerja.