Error message

User warning: The following theme is missing from the file system: govideo. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1143 of /var/www/clients/client1/web1/web/includes/bootstrap.inc).

Sejarah & Sekilas Fakultas Peternakan

RIWAYAT PENDIRIAN
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 275 tanggal 3 Desember 1965 tentang pembukaan (pendirian) Fakultas Peternakan Universitas Negeri Jenderal Soedirman, maka di Purwokerto pada tanggal 10 Pebruari 1966 dilakukan serah terima Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Islam Indonesia (FKHP-UII) Yogyakarta Cabang Purwokerto kepada Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto, yang masing-masing diwakili oleh Drs. Djarwoto Aminoto (Kuasa Dekan II FKHP-UII) dan Drh. R. Djanuar Pjs. Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Purwokerto. Dengan demikian secara resmi tanggal 10 Pebruari 1966 dianggap atau dinyatakan sebagai hari kelahiran Fakultas Peternakan Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto.
Pada awal berdirinya Fakultas Peternakan Unsoed, jumlah peminat (calon mahasiswa) masih sangat sedikit, tetapi kini sebaliknya bahkan terpaksa banyak yang ditolak karena terbatasnya daya tampung. Pada awal berdirinya lembaga Pendidikan Tinggi ini, dibina oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Bentuk binaan tersebut antara lain berupa : afiliasi penyelesaian studi S1, bantuan tenaga pengajar, sarana dan prasarana pendidikan, kegiatan purna sarjana (penataran, kursus singkat dan pencangkokan), penelitian bersama serta pendidikan Program Pascasarjana. Bantuan tenaga pengajar dari IPB dan UGM berhenti sejak pertengahan tahun 1970.
Fakultas Peternakan UNSOED diresmikan pendiriannya pada 10 Pebruari 1966 dengan fokus pada pengembangan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal secara berkelanjutan, melalui penguasaan sains produksi, nutrisi dan pakan, sosial ekonomi serta teknologi peternakan.  Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan tenaga trampil (siap pakai) maka pada tahun 1982 Fakultas Peternakan Unsoed membuka program Diploma Produksi Ternak Unggas dan Perah (DIII-PTUP) yang pada tahun 1999 berubah menjadi Program Studi Diploma Tiga Budidaya Ternak.   Mulai tahun 2008, Fakultas Peternakan menyelenggarakan tiga program studi yaitu;
(1) Program Diploma Tiga (D3) Program Studi Produksi Ternak, 
(2) Program Sarjana  (S1) Program Studi Peternakan, dan 
(3) Program Studi Magister (S2) Program Studi Ilmu Peternakan.
Fakultas Peternakan UNSOED berkomitmen mencetak Ahli Madya, Sarjana, dan Magister Peternakan yang handal dan mandiri yang mampu menciptakan dan mendapatkan pekerjaan dibidang peternakan, serta membantu dalam menggapai harapan untuk mewujudkan masa depan yang gemilang.
 
Kurikulum
Pendidikan Kurikulum yang dikembangkan di Fakultas Peternakan adalah kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan the most up to date market based need analysis. Titik berat KBK adalah pengembangan kompetensi-kompetensi inti dan penunjang yang dibutuhkan pasar kerja di industri peternakan. Untuk menunjang skill lulusan diwajibkan TOEFL = 450 yang dikelola melalui Komisi dan Lab. Bahasa Inggris serta diimplementasikan dalam Ujian Pendadaran berbahasa Inggris.  Kurikulum Fakultas Peternakan Unsoed didesain untuk menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna (users). Ada empat klasifikasi profil dan profesi lulusan Fakultas Peternakan Unsoed, yaitu (i) Owner / pengusaha, (2) Karyawan / Pegawai, (3) Ilmuan / Scientist, dan (4) Agent of Change (agen perubahan).  Jalinan kerjasama dengan para pengguna selalu dibangun dan berorientasi kepada link-and-match antara proses pendidikan di kampus dengan kebutuhan unser sehingga para lulusan dengan mudah diserap oleh dunia kerja.
 
Sumberdaya Manusia dan Fasilitas
Saat ini  Fakultas Peternakan memiliki 100 staf pengajar dengan kualifikasi 5 orang guru besar, 27 doktor dan 73 magister lilusan dalam dan luar negeri  sebagai expertise yang akhli dalam  aplikasi teknologi dibidang Peternakan dan Pemberdayaan Dinamika Kelompok Tani (Masyarakat), yang didukung oleh pilar kebersamaan dari Mahasiswa, Karyawan, dan Alumni.  Fakultas Peternakan memiliki gedung utama 3 lantai yang dilengkapi  dengan ruang kelas, ruang seminar, laboratorium utama pendidikan, laboratorium pendukung komputer, bahasa, studio mini, exferimental dan teaching farm, pabrik pakan mini, serta perpustakaan yang semuanya terkoneksi dalam jaringan LAN (Local Area Networking), di samping sarana olah raga dan seni, serta gedung unit kegiatan mahasiswa.   Laboratorium Utama Pendidikan, yang meliputi : Lab Ilmu Pengetahuan Dasar Peternakan, Lab. Pemuliaan Ternak Terapan, Lab. Fisiologi & Reproduksi Ternak Terapan, lab. Produksi Ternak Perah, Unggas Potong & Kerja, Lab. Kesehatan Ternak, lab. Ilmu Nutrisi & Makanan Ternak, Lab. Ilmu Pengetahuan Bahan Makanan Ternak, Lab. Agrostologi, Lab. Ekonomi Peternakan dan Lab. Sosial Peternakan
 
Penelitian & Publikasi
Penelitian Riset-riset dasar dan terapan yang dikembangkan Fakultas Peternakan melalui Pendanaan Kompetitif yang pernah diperoleh dari RUT, Hibah Bersaing, Peneliti Muda. Bogasari Nugraha, Hasil penelitian banyak didesiminasi melalui Jurnal Produksi Ternak (Animal Production) yang Terakreditasi Nasional yang dimiliki Fak. Peternakan Unsoed. Pengabdian Kepada Masyarakat dan Transfer Teknologi. Fakultas Peternakan memiliki berbagai teknologi yang dihasilkan untuk diterapkan di lapangan melalui beberapa desa binaan maupun kelompok peternak di pedesaan. Fakultas Peternakan memiliki Divisi Bisnis Peternakan melalui investasi dari para Alumni, Persatuan Orang Tua Mahasiswa, Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia, dan stakeholders lainnya yang dikelola oleh Eksfarm Fakultas Peternakan. Sebagai sarana transfer teknologi telah diaplikasikan hasil-hasil riset ke industri peternakan maupun kelompok peternak di pedesaan, antara lain teknologi reproduksi dan genetika (manipulasi berahi, superovulasi, inseminasi buatan, sex separasi, marker genetik), teknologi nutrisi dan pakan ternak (complete feed, amoniasi dan fermentasi pakan, suplemen fosfolipid untuk feedloter), teknologi hasil ternak, pengolahan limbah untuk biogas (energi terbarukan) dan kompos ramah lingkungan, serta penguatan kelompok tani melalui pemberdayaan dinamika masyarakat bekerjasama dengan berbagai Pemerintah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, Ciamis, P3GP Cianjur, Bekasi, dan Merauke.
Untuk meregistrasi hasil-hasil penelitian, Fakultas Peternakan mengelola berkala ilmiah bernama Journal of Animal Production (JAP) yang telahh terakreditasi dan memperoleh hibah  internasionalisasi journal.  JAP terbit pertamakali pada tahun 1999 dengan 2 edisi dan tahun 2005 menjadi 3 kali per tahun. Hingga saat ini, JAP memasuki volume ke-14 dengan 12 nomor terbitan terakhir sudah berbahasa inggris dengan kontribusi artikel dari luar negeri, dan dapat diakses dan diunduh secara full-teks melaluiwww.animalproduction.net.
 
Pengembangan &  Kerjasama Institusi
Fakultas Peternakan Unsoed berhasil meraih berbagai hibah kompetisi dari DIKTI, antara lain Proyek Quality of Undergraduate Education (QUE Project), Program Semi Que, SP4, dan Indonesia-Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (IM-HERE Project), serta PKPP dari Direktorat Jenderal Peternakan, Asosiasi Monogastrik Indonesia, Bank Indonesia, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD, Goettingen University  dan Kassel University Jerman, serta Guelph University Kanada. Kerjasama (resource sharing) dengan Farm Komersial dan Industri Peternakan dalam bentuk pelaksanaan Magang, Praktek Kerja, Kunjungan Ilmiah (Farm Visit), serta reqruitmen tenaga kerja oleh  Student Advisory Centre (SAC) di Fakultas Peternakan, dengan daya serap sekitar 80% per tahun, antara lain dengan PT. Medion,  PT Bareta, PT Satwa Unggul Group, PT Malindo Feed Mill Tbk, PT Prima Tama Karya Sejahtera, PT Japfa Comfeed Ind Tbk, PT Vaksindo Satwa Nusantara, PT Charoen Pokphand Ind Tbk, PT Panca Jaya Trasindo, PT Dipa Pharma Lab. Intersains, PT Pharos Ind., PT Tekad Mandiri Citra, PT Nyomo Farm, PT Sena Alam Anugrah, PT Vista Agung Kencana, PT Pritama Karya Persada, PT Kedung Sirung Raya, PT. Central Proteina Prima, Sumberejo Farm, Petra PS, Suka Hati PS, Andhika PS, RPA Jabal Nur, dan sisanya 20% lulusan terserap di Pemerintah, Peneliti, Akademisi, Perbankan, dan Wirausaha.
 
Kerjasama dengan Industri Peternakan dalam Rekruitmen Lulusan
Selama periode dua bulan  tahun 2012, sedikitnya 60 perusahaan multinasional/nasional dan lokal yang bekerjasama dan mempercayakan lulusan Fakultas Peternakan Unsoed bekerja pada perusahan tersebut. Nama-nama perusahaan yang menawarkan rekruitment melalui jejaring Fesbuk Alumni Fakultas Peternakan Unsoed antara lain PT. Ferron; PT. Swadesi Candrasentosa, PT. Sierad Produce, tbk Feedmill; Tekad Mandiri Citra;  DMC sukabumi, Tegal, MSW Ciomas. PT Ciomas Adisatwa; PT. Japfa Group;  Charoen Pokphand Indnesia, PT. Peternakan Ayam Manggis; PT. Subur Farm Temanggung; Laboratorium Andrologi (mengamati mutu sperma)  RSK Sam Marie; PT. Sumber Inti Harapan Group; Hetcheri Malindo-Banjar; PT Bangkit Setia Sentosa, Perusahaan Fresh & Frozen Chicken Broiler; Pt Tanjung Mulya Ciamis; PT Mitra Pandawa Lima (kemitraan ayam brolier Tasikmalaya Ciamis dan Garut); PT Sumber Inti Harapan Group; PT. Swadesi Candrasentosa; PT. Shigetha Animal; PT. Medion; PT Surya Unggas Cemerlang; CV. Spektra Anugerahabad; Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler di Tegal, Bali, dan Kudus; PT. Biotek Indonesia; PT. MBAI; PT.Tropica Mas Pharmaceutical Industry; Patriot Group untuk TS atau SPV Breeding; Perusahaan Layer (pendaftar via FB); PS Tasik (pendaftar via FB); Persuhaan Ayam Jatim; PT. Peternakan Ayam Manggis Jakarta; PT. Charoen Pokphand Indonesia Semarang; PT. Mitra Surya Wijaya; Indofood CBP; PT CUL Purwokerto; Perusahaan Obat Hewan Indonesia Tangerang; Persh Ayam Pedaging dan Poultry Shop Ciamis Kawali Panawangan; PT Sierad Produce,Tbk (Feedimill); PT. Patriot Intan Abadi Jakarta; PT. Lestari Farm Sragen; Perusahaan Ayam Peterlur Purwoketo (pendaftar via FB); PT Surya Petra Abadi;  Perusahaan Farm Broiler (pendaftar via FB); Breeding PT.Sierad Produce.Tbk; PT. Satwa Unggul Blitar; dan PT. Super Unggas Jaya (CJ Feed Indonesia).
 
Alumni & Serapan Lulusan
Jumlah peminat Fakultas Peternakan UNSOED terus bertambah dari tahun ke tahun.  Hal ini bukan hanya disebabkan oleh kualitas pendidikan di Fakultas Peternakan UNSOED yang bermutu, akan tetapi juga karena banyak perusahaan yang sudah mengantre untuk merekrut lulusan Fakultas Peternakan UNSOED.  Di sisi lain, alumni Fakultas Peternakan yang berwirausaha di bidang peternakan banyak yang berhasil dan sukses.  “Jika lulusan Fakultas Peternakan UNSOED mau mengambil setiap kesempatan yang datang, serapan lulusan Fakultas Peternakan UNSOED bisa 100% bahkan masih kurang lulusan”.  Meningkatnya jumlah peminat Fakultas Peternakan seiring dengan terus bertambahnya kebutuhan protein dunia dari waktu ke waktu.  Tidak kurang dari 60 perusahaan multinasional dan nasional memberitahukan rekruitmen dalam dua bulan.  Pada setiap yudisium Fakultas Peternakan tidak kurang dari 5 perusahaan multinasional langsung datang ke kampus untuk melakukan career talk and walk in interview.  Menjelang dan setelah prosesi Yudisium Fakultas Peternakan selalu dibanjiri perusahaan multinasional dan nasional untuk melakukan rekruitmen sarjana (S1 dan S2) dan sarjana muda (D3) peternakan. Semua calon wisudawan/ti sebelum di wisuda sudah memperoleh pembekalan dari para alumni yang berkarir di perusahaan, wirausaha dan juga bekerja pada lembaga pemerintah. Pembekalan juga diisi oleh perusahaan nasional dan multinasional yang dilanjutkan proses rekruitmen di kampus.  Fresh Graduate Sarjana dan Sarjana Muda lulusan Fakultas Peternakan Unsoed yang berminat dan membangun karir pada perusahaan  tidak lagi direportkan harus mencari informasi keluar. Informasi rekruiment dengan mudah diperoleh di kampus Fakultas Peternakan Unsoed dan secara periodik ter-update melalui jejaring mailing list alumni www.kafapet-unsoed.ac.idfapet-unsoed@yahoogroup.com; serta melalui fesbuk Alumni Fakultas Peternakan Unsoed.
Selamat bergabung bersama kami
 
“Keluarga Besar Civitas Academika & Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman”
 
Kami siap membantu mengantarkan pendidikan putra-putri terbaik generasi penerus bangsa,
 
TERIMAKASIH