Seminar Nasional "STAP V Fapet UNSOED"

Submitted by timweb4 on Tue, 11/21/2017 - 10:40
Category: 

Seminar kali ini mengambil tema “Teknologi dan Agribisnis Peternakan untuk Mendukung Ketahanan Pangan”; dan merupakan kelanjutan dari seminar nasional yang telah secara rutin dilaksanakan oleh Fakultas Peternakan UNSOED.  Penyelenggaraan STAP V dilaksanakan bersama antara Fakultas Peternakan dan jurnal ilmiah ANIMAL PRODUCTION yang merupakan jurnal ilmiah terakreditasi. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2017 di Hotel Aston Imperium Purwokerto.

Ketua panitia Seminar Nasional Ir. Juni Sumarmono, Ph.D mengatakan bahwa Seminar Nasional diselenggarkan sebagai media penyebaran hasil-hasil penelitian dari para peneliti bidang peternakan di seluruh Indonesia dan ajang pertukaran informasi antar peserta mengenai topik-topik penelitian yang ditekuninya. “Panitia membuat kelompok diskusi secara acak, tidak sesuai dengan bidang ilmu dengan harapan terjadi pertukaran keilmuan, pemikiran dan wacana yang lebih luas di antara peserta diskusi”, ungkapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa artikel yang memenuhi persyaratan akan melalui proses review untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah Terakreditasi Animal Production, dan artikel lainnya akan diterbitkan dalam bentuk prosiding ber-ISBN.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni / WR III Dr.Ir V Prihananto, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan berbicara tentang ketahanan pangan,  sesungguhnya kita sedang berbicara tentang bagaimana ketersediaan, keterjaminan, keterkelolaan dan keamanan pangan di masyarakat. Ketahanan pangan juga bicara tentang bagaimana kita memastikan keterjangkauan daya beli masyarakat untuk memperoleh pangan yang berkualitas.

Acara dilanjutkan dengan kelompok diskusi yang terbagi dalam empat ruang, dengan Narasumber Prof. Budi Guntoro SP.t, MSc, Ph.D dari Universitas Gadjahmada dengan materi “Pengembangan Agrowisata Peternakan”, Prof.Ir Edy Kurnianto Ph.D dari Universitas Diponegoro dengan materi “Sumberdaya genetik ternak lokal”, Dr.Ir Aris Winaya MP dari Universitas Muhamadiyah Malang dengan materi “Teknologi analisi DNA dalam penguatan strategi konservasi genetik sapi lokal Indonesia”, dan Dr.Ir Ely Tugiyanti MP dari Fakultas Peternakan UNSOED dengan materi “Pemanfaatan ampas teh sebagai feed aditif pakan unggas dan anti bakteri terhadap Escherchia coli”.

STAP V diikuti oleh 128 peserta; dimana 70 orang (atau 56%) merupakan dosen/peneliti/mahasiswa dari berbagai universitas dan lembaga di seluruh Indonesia.  Peserta seminar berasal dari 25 institusi yang berbeda, dari SABANG sampai MERAUKE.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi keilmuan bagi perkembangan iptek peternakan di Indonesia, dan juga mempererat jejaring kerjasama dan kolaborasi antar peneliti dan institusi.