Soedirman Event of Animal Husbandry (SEARY)

Submitted by timweb4 on Wed, 03/14/2018 - 22:05
Category: 

 

Soedirman Event of Animal Husbandry 1.0 (SEARY1.0) merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3) Fapet Unsoed, diselenggarakan dari tanggal 9-11 Maret 2018. SEARY1.0 terdiri dari acara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dan seminar nasional. Acara ini merupakan tahun pertama sehingga diberi nama SEARY1.0.

Tema untuk LKTIN yaitu “Optimalisasi Sumber Daya Lokal yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional” dan tema seminar nasional yaitu “Ketahanan Pangan”. LKTIN diselenggarakan pada hari Jumat, 09 Maret 2018 di ruang seminar 1 Fapet Unsoed, peserta yang lolos final terdiri dari sepuluh tim terbaik yang telah melewati penilaian oleh para juri. Sepuluh tim tersebut yaitu berasal dari Universitas Riau, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jember, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro. Presentasi peserta dimulai pada pukul 8.50 WIB – selesai dengan tim penilai yang terdiri dari tiga juri yaitu Dr. Sc. agr. Ir. H. R. Singgih Sugeng Santosa, MP., Prof. Dr. Rifda Naufalin, SP., M.Si., serta Dr. Yusmi Nur Wakhidati, M.Si.

Seminar Nasional diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2018 dengan dihadiri pembicara ahli dibidangnya seperti Kepala Bidang Budidaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Ir. Ign. Hariyanta Nugraha, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Novie Andri Setianto, S.Pt., M.Sc., Ph.D, dan Ketua Persatuan Peternak Unggas Indonesia (PPUD Banyumas), Hardiat Heru Nugroho. Acara seminar nasional berjalan lancar dengan dimoderatori Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si yang merupakan salah satu dosen Fakultas Peternakan Unsoed.

Malam puncak merupakan hari yang dinantikan para peserta karena pada malam tersebut pemenang akan diumumkan. Pemenang terdiri dari juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, serta juara favorit. Juri memutuskan Juara 1 diraih oleh tim Universitas Riau dengan judul “Hy-gens (Hydrogelmicrobs-agents): Hidrogel Berbahan Dasar Limbah Daun Nanas Riau yang Diperkaya dengan Pseudominas Fluorescens sebagai Teknologi dalam Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Lahan”,  juara 2 diraih oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan judul “AURI (Automation Ring Irrigation) Rancang Bangun Sistem Irigasi Berbasis Soilmosture Sensor sebagai Solusi Infrastruktur Irigasi pada Daerah Kekurangan Air dan Meningkatkan Efektifitas Penyiraman Tanaman”, dan juara 3 diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman dengan judul “Pemanfaatan Tanaman Rimpang sebagai Alternatif Pengganti Antibiotik Growth Promotor untuk Unggas Broiler dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional Jenis Daging. Juara harapan 1 diraih oleh Universitas Airlangga, juara harapan 2 oleh Universitas Sumatera Utara dan juara favorit diraih oleh Universitas Negeri Jember. Malam puncak turut dimeriahkan pula oleh penampilan UKM musik Fapet Unsoed Gamet serta kentongan yang merupakan musik tradisional Banyumas.

Peserta LKTI SEARY1.0 melepas ketegangan dengan melaksanakan fieldtrip di hari Minggu menuju Lokawisata Baturraden dengan ditemani rintikan hujan, dilanjutkan dengan pembelian oleh-oleh dan mengantar ke tempat transportasi kepulangan. Ketua panitia SEARY1.0, Abdurrahman Aji Ramadhan, menyatakan bahwa kegiatan ini pertama kali diadakan di kampus Fakultas Peternakan Unsoed. Seluruh panitia SEARY1.0 sangat mengapresiasi kepada peserta yang telah berpartisipsi dalam serangkaian kegiatan SEARY1.0. kegiatan ini semoga bukan hanya sekedar lomba tapi juga membawa manfaat nilai edukasi dan motivasi untuk terus berkarya tanpa batas.