Sosialisasi Rencana Usaha Bersama Kafapet UNSOED

Submitted by timweb5 on Wed, 10/23/2013 - 11:56

Sosialisasi Usaha Bersama Kafapet UNSOED

Purwokerto (18/10), bertempat di ruang seminar I Sosialisasi Pembentukan Koperasi Fapet Unsoed diadakan dan dihadiri oleh anggota Kafapet. Anggota Kafapet yaitu seluruh alumnus Fapet UNSOED, dosen dan karyawan Fapet UNSOED serta mahasiswa aktif Fapet Unsoed. Dalam acara ini dibahas mengenai akan didirikannya koperasi Fapet UNSOED. “Sebenarnya ide ini sudah tercetus sejak lama dari kalangan alumni, namun baru sekarang bisa terealisasikan”, ungkap Bambang ketua alumnus Fapet se-Barlingmascakeb. Alumni dalam hal ini memegang peranan yang cukup besar, mulai dari realisasi pembangunan gedung hingga permodalan awal.

Bambang selaku pembicara dalam acara ini memaparkan apa yang menjadi latar belakang didirikannya usaha ini dan bagaimana kedepannya usaha ini akan dijalankan. Mulai dari lokasi pembangunan, siapa saja yang bisa menjadi anggota koperasi, manajemennya serta kepemilikan modal usaha dan pembagian hasil usaha tersebut. Setelah semua dipaparkan secara gamblang dan telah dilakukan diskusi dengan audiens, saatnya pengambilan suara untuk menyetujui pembangunan usaha koperasi ini. Sebagian besar atau bahkan hampir keseluruhan audiens menyetujui rencana pembentukan usaha bersama Kafapet tersebut. Mulai dari Dekan Fapet, Pembantu Dekan II dan Pembantu Dekan III, dosen Fapet Unsoed, Mahasiswa, serta alumnus menyetujui dan akan mendukung pembangunan koperasi tersebut. Perijinan dari pihak Universitaspun sudah didapatkan, “semua perijinan mulai dari tingkat fakultas sampai universitas sudah kita dapatkan, sekarang tinggal menjalankannya saja, semoga segera dapat terrealisasi”, ungkap Bambang kembali.

Berita bagus ini langsung di informasikan ke seluruh alumnus Fapet. Mereka menyambut dengan gembira dan mendukung untuk terwujudnya usaha koperasi tersebut. Hendra Kurniawan salah satu alumnus sangat setuju dengan akan dibangunnya koperasi usaha di kampus cokelat ini. “saya sangat setuju dengan akan didirikannya usaha koperasi ini, jadi nantinya para alumi bisa berkontribusi buat fakultas dan menurut saya tugas kita semua (alumni) hanya mengawali/membimbing mereka agar usaha ini tetap berjalan sebagaimana mestinya”, ungkap Hendra.

Rencananya gedung koperasi akan dibangun di sebelah selatan pos satpam kampus Fakultas Peternakan. Pembangunan gedung akan dimuali pada awal bulan November 2013, dengan harapan di bulan Januari 2014 koperasi sudah bisa diresmikan. Sasaran dari pembangunan koperasi ini sendiri ditujukan untuk menggembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Karena nantinya mahasiswa sendiri yang akan menjalankan usaha ini. Sistem yang diterapkan yaitu bagi hasil. Mahasiswa dapat juga menanamkan modal dan menjadi anggota koperasi, atau mahasiswa dapat ikut serta menjalankan usaha ini sebagai pengurus koperasi atau menjadi pegawai. Di sini pembagian hasil dilakukan dengan seadil mungkin. “Nantinya yang jadi karyawan akan kami gaji sesuai dengan UMR kota Purwokerto, atau bahkan lebih tinggi daripada UMR Purwokerto”, imbuh Bambang.

Sistematika usahanya nanti difokuskan untuk mahasiswa dan alumni, jadi mereka yang mempunyai usaha dapat menjual produk hasil usaha mereka di koperasi tersebut. Mahasiswa diharapkan berpartisipasi dan ikut serta mengembangkan usaha koperasi ini. Mahasiswa juga dapat ikut sebagai anggota koperasi dan menjadi pemodal usaha. Modal awal yang bisa diberikan minimal Rp 150.000,00, jumlah kepemilikan pemodal dibatasi maksimal 3 % dari total keseluruhan jumlah modal. Pembagian hasil usaha dilakukan setiap awal tahun yakni bulan Januari. Prosentase hasil usahanya sebagai berikut: anggota/pemodal : 60%, manjemen/ pengurus : 10%, karyawan/ pelaksana : 10%, sosial : 10%, dan pengembangan : 10%. “Nantinya hasil dari usaha ini tidak hanya untuk kita sendiri, tapi kita akan bagikan kepada yang lain dalam bentuk kegiatan sosial”, terang Hariyadi salah satu pengurus alumnus Fapet se-Barlingmascakeb.

Semoga dengan didirikannya koperasi ini, jiwa wirausaha mahasiswa Fapet semakin meningkat dan dapat menjadi wadah belajar wirausaha mahasiswa. Seperti yang diungkapkan Ata (2011), “semoga usahanya bisa berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti dan semoga tetap ditujuan awalnya untuk mengembangkan potensi wirausaha mahasiswa Fapet UNSOED, bukan hanya sekedar tujuan komersil belaka”. Semoga harapan dan tujuan kita semua dapat terealisasikan, semua pihak dapat mendukung serta mampu bekerja sama dalam membangun dan mengembangkan usaha koperasi ini. Sehingga usaha ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bagi mahasiswa yang berminat untuk ikut serta dalam usaha koperasi ini dapat menghubungi Ir. Agus Susanto, M.Sc.Agr di Lab. Pemuliaan Ternak. (Rachma/ HUS)