Workshop Penyusunan TOR dan RAB Tahun 2019 Fakultas Peternakan

Submitted by timweb4 on Fri, 03/02/2018 - 11:08
Category: 

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan “Workshop Penyusunan TOR dan RAB“ untuk tahun anggaran 2019 (28/2) bertempat di Ruang Rapat 1 Fakultas Peternakan, dengan 33 orang peserta dari seluruh unit bagian Fapet.

Berdasarkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 tahun 2007 tanggal 3 Mei 2007, Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2005, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.05/2011, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 51/PMK.02/2014, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.02/2014, Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER 20/PB/2012 dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor  9/PB/2015 Tahun 2015, tersebut merupakan sistem dan mekanisme penyusunan rencana program dan anggaran yang harus diacu oleh seluruh unit kerja dalam penyusunan Rencana Program Kegiatan dan Anggaran serta Rencana Bisnis dan Anggaran, yang dikemas melalui anggaran terpadu (unified budget), baik yang bersumber dari pemerintah (Rupiah Murni) maupun sumber dana perolehan dari masyarakat (BLU).

Sebagai langkah awal dari kegiatan tersebut untuk tahun anggaran 2019 adalah melalui kegiatan perencanaan program, kegiatan dan anggaran atau Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) tahun 2019, agar seluruh program dapat dilaksanakan tepat waktu dan tepat sasaran, dan diarahkan secara optimal untuk mencapai sasaran pembangunan pendidikan tinggi. Untuk mendukung kegiatan perencanaan program tersebut, perlu diadakannya workshop penyusunan TOR dan RAB 2019

Identifikasi kebutuhan adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan.

Ketua panitia Ir. Ibnu Hari Sulisttyawan, M. Sc (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan) dalam laporannya beliau  menyampaikan, bahwa selama ini yang menyusun TOR dan RAB adalah bagian PSI Fapet, diharapkan untuk kedepannya penyusunan TOR dan RAB dari masing-masing unit kerja yang mempunyai kegiatan’.

Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP membuka acara Workshop

Acara workshop langsung dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt., MP dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan Workshop Penyusunan TOR dan RAB supaya tidak ada kendala dalam pelaksanaan kegiatan ditahun yang akan datang”.

Hadir sebagai pembicara Mochamad Sugiarto, S. Pt., MM., Ph. D yang menyampaikan materi “Kerangka Acuan Kerja (KAK) / Term of Refrence (TOR), dalam paparannya beliau menyampaikan program yang disusun untuk kedepannya diharapkan sesuai dengan kegiatan Kemenristek Dikti, untuk setiap kegiatan dibuatkan TOR, karena dengan TOR kegiatan akan lebih efisien dan efektif, dan tepat sasaran sesuai program kerja, pelaku kegiatan harus terlebih dahulu membaca agar pelaksanannya sesuai dengan TOR, beliau juga menyampaikan perlu adanya evaluasi per-5 tahun sebagai monitoring pelaksanaan kegiatan”.

Hadir pula sebagai pembicaranya Sumiyanto, S.T.M.T.D yang menyampaikan materi “Perencanaan dan Keuangan”, dalam paparanya beliau mengapresisasi Realisasi anggaran Fapet adalah yang terbaik di Unsoed, beliau menyampaikan bahwa ujung dari perencanaan adalah pelaksanaan keuangan, kejelasan dari rencana adalah sangat penting kaitannya dengan anggaran, konflik dikeuangan adalah pada saat pencairan, problem yang ada yaitu kegiatan yang tidak direncanakan tidak ada direncana kegiatan tetapi harus dilaksanakan, beliau juga menjelaskan secara teknis penyusunan TOR barang dan juga Sapras (Sarana Prasarana), saran rujukan pembelian barang menggunakan e catalog, penyusunan RAB harus sesuai dengan index satuan harga pemerintah dapat mengakses data dari internet, penyusunan TOR untuk pembuatan gedung/ruang tidak harus ada gambar bias juga dengan tulisan yang bisa mendefinisikan pembangunan ruangan tersebut” ungkapnya.

Kegiatan  di akhiri dengan diskusi dan pendampingan oleh narasumber.