Skip to main content
x

Demi Peningkatan Mutu Pendidikan Fapet Unsoed Selenggarakan Rapat Monitoring Dan Evaluasi Pembelajaran

Fapet.unsoed.ac.id, Senin, 2/9/2019 Fakultas Peternaka Unsoed melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) pembelajaran Semester Genap T.A. 2018/2019 dan rencana Proses Pembelajaran  Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Pukul 09.00 WIB Dekan Fapet Unsoed Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP membuka kegiatan tersebut dan dilanjutkan dengan penjelasan masalah kontrak kinerja dekan. “Review kontrak kinerja dilakukan untuk memastikan capaian kontrak kinerja telah sesuai dengan ketentuan, dan selanjutnya akan selalu dilakukan monitoring dan evaluasi kinerja secara berkala untuk memastikan capaian yang telah ditetapkan”

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk melihat dan mengevalusasi pelaksanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Pada Senin (26/8/2019) pagi, semua unsur pimpinan dan dosen Fapet Unsoed. Dekan menjelaskan bahwa koordinasi dan sosialisasi ini penting dilakukan kepada para Wakil Dekan, Para Koorprodi, dan Kepala Bagian Fapet Unsoed sebagai koordinator prodi dan para dosen yang melaksanakan pengajaran. Sebagai bagian penting dalam mekanisme penjaminan mutu internal, hasil monev ini akan sangat penting untuk melakukan pemantauan, penilaian, dan tentu saja perbaikan bagi proses pembelajaran yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan Fapet Unsoed. Karena itu dukungan dan partisipasi semua pihak sangat diharapkan demi kelancaran pelaksanaan monev tersebut” paparnya.

Dalam laporannya dekan membahas tentang capaian kinerja selama ini, laporan dimulai dari lulusan tepat waktu yang di target 85% baru sampai 75% Penerimaan mahasiswa asing yang ditarget 5% baru tercapai 2%, mahasiswa asing tersebut ada pada program S3 Peternakan. selain itu dekan juga melaporkan terkait meningkatnya akses pembelajaran lanjut sesuai dengan kebutuhan pengembangan ilmu dan pengguna, ini ada di level institusi, meningkatnya sinergi antara akademik dan based must comonity dan brighthot man dengan indikator jumlah penelitian yang di manfaatkan itu belum ada sampai bulan karena pengabdian masih berjalan. Dekan menghimbau kepada dosen yang telah mendapatkan dana pengabdian kepada masyarakat untuk melaporkan kepada masing-masing bagian, karena sesuai target kinerja yang telah ditetapkan minimal 5 judul untuk jumlah penelitian yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk rasio mahasiswa dengan dosen masih ideal yaitu 1 banding 22 mahasiswa. Untuk target selanjutnya sebelum masa jabatanya berakhir dekan berharap adanya penambahan jumlah guru besar. sesuai target, dekan mematok tiga orang yang akan naik jabatan lektor kepala menjadi guru besar. di akhir laporannya dekan mengucapkan terimaksih atas kerjasama menghimbau kepada para dosen untuk membantu universitas dalam meningkatkan ranking perguruan tinggi dengan menambah jumlah publikasi yang terindeks dilembaga terindeks yang diakui oleh dikti.

Waktu selanjutnya laporan dari bidang akademik, dalam sambutan dan juga laporannya mengatakan “Ada beberapa hal yang perlu kami koordinasikan dan sosialisasikan kepada para dosen terkait dengan pelaksanaan pedoman studi akhir yang baru periode september 2019. pembelajaran dengan keterbatasan waktu, ruang kuliah, jumlah mahasiswa dan jumlah tatap muka yang dituntut harus 14 kali tatap muka perlu strategi bagi dosen dalam menentukan waktu kuliah dengan terbatasnya ruang kuliah. Itu perlu ada strategi atas jadwal kuliah dan praktikum, instrumen, hingga teknis dan pelaksanaannya”, jelasnya. Jumlah mahasiswa angkatan 2019 yang tercatat diregistrasi sejumlah 1.758 mahasiswa yang terdiri dari Program D3 : 114, Program S1: 214, Alih Program 12, Program S2 : 16 dan untuk S3: 3 mahasiswa.

Sesi selanjutnya laporan dari bidang umum dan kepegawaian, dalam laporannya wakil dekan bidang Umum dan Keuangan Ir. Ibnu Hari Sulistyawan, M.Sc memaparkan terkait dengan sumber daya manusia yaitu capaian yang telah didapat dari bidang SDM, diantaranya ada Tenaga Pendidik dan Tendik berprestasi tingkat Universitas. Selanjutnya terkait dengan persiapan adanya perekrutan tenaga kontrak Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) dengan sistim komputerisasi, Fapet Unsoed menyelenggarakan pelatihan ujian Computer Assisted Test (CAT)  secara online yang diselenggarakan mulai tanggal 3 – 31 Mei 2019.

Pada sesi berikutnya wakil dekan kemahasiswaan dan alumni melaporkan terkait dengan jumlah alumni dan daya serap alumni Fapet Unsoed dengan pengguna yaitu perusahaan-perusahaan baik dibidang peternakan maupun non peternakan yang menyelenggarakan proses perekrutan alumni di Fapet Unsoed. Perekrutan alumni Fapet yang dilaksanakan di kampus Fapet Unsoed tercatat rata-rata 28 Perusahaan yang melaksanakan rekrut selama satu tahun.

Disesi akhir untuk diskusi, diskusi dimulai dari pukul 10.00 – 12.00 WIB yang di mediasi oleh wakil dekan bidang akademik..