Skip to main content
x

Dosen Fapet Unsoed Resmi Di Nobatkan Sebagai Guru Besar

fapet.unsoed.ac.id, Ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang terus mengancam masyarakat di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. masyarakat dunia melalui pemerintah menerapkan peraturan dan himbauan kepada warganya serta mengajak masyarakat turus serta dalam penanganan dini dengan memberikan batasan pergerakan manusia dengan penerapan protocol kesehatan melalui keharusan penggunaan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak (social distancing).

pandemic covid-19 tak menghalangi sepak terjang Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP (dosen ahli perunggasan) Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman untuk berkarya, berinovasi dan bereksperimen melalui riset penelitian yang terus dikembangkan untuk menciptakan inovasi teknologi khususnya bidang peternakan. Bersamaan dengan situasi yang penuh batasan, bagi dosen bidang perunggasan Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. pandemi covid-19 menjadi saksi dirinya dan empat guru besar baru lainnya sukses meraih gelar guru besar, yang secara resmi dikukuhkan pada Selasa, 8/12/20.

Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Unsoed, dihadiri Dewan Senat Guru Besar Unsoed, Para Pimpinan Unsoed, Para Dekan, Para Pejabat Perguruan Tinggi di wialayah Purwokerto, dan Tamu Undangan.

Dari Keempat guru besar tersebut diantaranya adalah Prof. Dr. Ir .Elly Tugiyanti MP, dikukuhkan bersama dengan  Prof. Dr. Sorta Basar Ida Simanjuntak M.Si, Prof Dr Eng Suroso ST M.Eng, dan Prof Dr Agus Nuryanto S.Si, M.Si. dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi undangan demi mencegah penyebaran Covid-19 Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Graha Widyatama Unsoed,.

Prosesi pengukuhan guru besar baru Unsoed  dilaksanakan secara daring dan luring, yang dapat menyaksikan secara virtual melalui aplikasi zoom dan acara disiarkan secara live streaming melalui YouTube @unsoedofficial.

Prof. Elly Tugiyanti merupakan guru besar ke-20 Fakultas Peternakan Guru Besar Bidang Ilmu Ternak Unggas/Manajemen Ternak Unggas. dalam pengukuhan guru besar menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul "Manajemen Pemberian Pakan Fitogenik untuk Meningkatkan Produktifitas dan Pengembangan Itik Secara Berkelanjutan". Dalam Orasinya, ia memaparkan tentang potensi ternak Itik di Indonesia 

Rektor Unsoed Prof Dr Ir Suwarto MS menyampaikan selamat atas pencapaian keempat profesor baru tersebut. "Semoga beliau-beliau dapat mengemban amanah jabatan akademik tertinggi dengan sebaik-baiknya serta memberi manfaat dan memberikan kemaslahatan bagi kita semua," ungkap Rektor.

“Perguruan tinggi diharapkan sebagai tempat persemaian ilmu pengetahuan dan teknologi. Kampus diharapkan sebagai matahari yang selalu menerangi bumi dengan munculnya kreasi, inovasi baru yang dapat menjawab kebutuhan, permasalahan dan harapan masyarakat secara luas.

Dalam konteks tersebut, kampus harus selalu dekat dengan dinamika masyarakat.Prof Suwarto mengatakan, kuasa pengetahuan akan sains dan teknologi, tidaklah bermakna apa pun, melainkan ketika dilandasi oleh nilai-nilai sosial dan humaniora.

"kajian dan pengembangan yang dilakukan oleh akademisi, haruslah dan selalu dalam kerangka sebesar-besar kesejahteraan dan kualitas kehidupan," tandasnya.