Skip to main content
x

drh. Endah Krisna Murti resmi menyandang gelar M.Pt.

fapet.unsoed.ac.id - Purwokerto, 2 juli 2019 pukul 13.00 -14.30 WIB bertempat di ruang 140/ruang program S3 Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman telah dilaksanakan ujian tesis Program magister peternakan. Ujian tesis dibuka oleh Koordinator Prodi Magister Peternakan  Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. dalam sambutannya koordinator Prodi Magister menyampaikan selamat menempuh ujian tesis kepada mahasiswi atas nama Endah Krisnamurti, NIM.D0A016009 harapannya dalam ujian tesis ia dapat menjelaskan dan memaparkan dengan baik secara ilmiah sebagai pertanggungjawaban atas judul makalah yang diajukan pada ujian tesis. Selain itu koordinator program magister juga menaruh harapan besar untuk mahasiswa program magister lainnya untuk segera menyusul pada ujian tesis selanjutnya.

Mahasiswa Program Pascasarjana program Magister Peternakan Unsoed Endah Krisnamurti dalam pemaparan ujian tesis dihadapan Pembimbing I, Dr. Ir. Datta Dewi Purwantini, MS, Pembimbing II, Prof. Ir. Dadang Mulyadi S, MS, Ph.D, Penguji I dan Penelaah,  Dr.sc.agr. Ir. H. Yusuf Subagyo, MP, Penguji II dan Penelaah, Dr. drh. Muhamad Samsi, MP dengan judul makalah “Peningkatan Mutu Genetik Berdasarkan Karakteristik Produksi Susu dan Reproduksi Perah Friesian Holstein di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturaden.

Pada pemaparan ujian tesis drh. Endah menjelaskan makalah tesisnya meneliti genetik pada sapi Friesian Holstein. Friesian Holstein adalah rumpun sapi perah yang berasal dari Belanda dari Provinsi Belanda Utara dan Propinsi Friesland Barat, Sapi ini berasal dari Belanda yaitu di Provinsi North Holand dan West Friesland yang memiliki padang rumput yang cukup luas.  sapi Friesian Holstein mempunyai beberapa keunggulan yaitu jinak, tidak tahan panas tetapi sapi ini mudah menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan mempunyai masa laktasi panjang dan produksi susu tinggi, serta persistensi roduksi susu yang baik. Selain itu sapi perah Friesian Holstein juga merupakan jenis sapi perah yang cocok untuk daerah Indonesia.

Setelah beberapa kali menjawab pertanyaan tim penguji dan menjelaskan tentang makalah tesis dihadapan penguji, mahasiswi kelahiran Surakarta, 29 Agustus 1977 bekerja di BBPTU-HPT menjabat sebagai kasi informasi dinyatakan Lulus Magister dengan predikat sangat memuaskan dengan nilai A setelah diuji oleh dua dosen penguji dan dua dosen pembimbing yaitu pembimbing I, Dr. Ir. Datta Dewi Purwantini, dan Prof. Ir. Dadang Mulyadi Saleh, M.S., M.Agr.Sc.Ph.D selaku pembimbing II, untuk dosen penguji I adalah Dr.sc.agr. Ir. H. Yusuf Subagyo, MP dan Dr. drh. Muhamad Samsi, MP dosen pembimbing II.

Penilaian ujian tesis meliputi beberapa komponen penilaian dari teknik penulisan naskah tesis,  penguasaan substansi keilmuan dan kemampuan mahasiswa mengajukan argumentasi ilmiah dalam menjawab pertanyaan, Orisinilas konsep teori dan kontribusi terhadap IPTEK. Selamat dan sukses untuk drh. Endah Krisnamurti, M.Pt.