Skip to main content
x

Dua Alumni Fapet Unsoed ; Univia Gissa Chisara Dan Reza Fausiyah Berhasil Lolos Seleksi "Bertani Untuk Negeri" Program Dari Japfa Fondation

fapet.unsoed.ac.id, Di tengah pandemi covid-19 yang membutuhkan tingkat kewaspadaan ektra yang tidak disadari membuat kita terkurung dalam sebuah dilemma ketidak pastian yang memaksa untuk berfikir dan bersifat atraktif dalam mengambil langkah untuk mengukir sebuah prestasi. Semangat dan kehati-hatianlah yang membuat dua alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Univia Gissa Chisara alumni angkatan tahun 2015 dan Reza Fausiyah angkatan 2016 telah memberi bukti nyata akan keberhasilannya berhasil lolos pada seleksi program “Bertani Untuk Negeri” yang di prakarsai oleh Japfa Fondation.

Serangkaian proses seleksi begitu ketat, dari seleksi administrasi, seleksi wawancara tahap 1, seleksi wawancara tahap 2, dan medical checkup. Seluruh rangkaian seleksi telah dilaksanakan dari waktu mulai pendaftaran online dan pengumpulan dokumen : 27 Juli - 12  Agustus, Seleksi administratif :13 - 14 Agustus,  Tes wawancara : 24 - 28 Agustus, Pengumuman kandidat : 4 September 2020,  

melalui laman resmi https://www.japfafoundation.org. pada tanggal 2 September 2020 pengumuman hasil seleksi program “Bertani untuk Negeri” di tetapkan, dari hasil seleksi menetapkan 16 orang yang berhasil lolos seleksi pada program tersebut, mereka mewakili dari berbagai perguruan tinggi di wialayah Indonesia yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang di ikuti oleh 466 peserta yang mewakili 111 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Program Bertani Untuk Negeri berlangsung selama 6 bulan,  mulai tanggal 15 September - 7 Maret 2021 yang dilaksanakan di Desa Ender dan Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Selain itu para peserta akan mendapatkan pelatihan sekaligus bekerja bersama para peternak ayam untuk meningkatkan performa hasil ternak yang maksimal. Serangkaian pelatihan yang diberikan nantinya merupakan usaha untuk menghasilkan lulusan pertanian yang siap bekerja dan ikut memajukan sektor pertanian baik botani ataupun hewani di Indonesia.

Program ini diharapkan dapat menjadi sarana kolaborasi antara sistem pertanian konvensional dengan sistem teknologi modern yang menuntut untuk berinovasi teknologi. sektor pangan menjadi salah satu prioritas bidang pertanian dalam dalam mendukung ketahanan pangan nasional serta bidang peternakan dalam upaya pemenuhan nutrisi hewani untuk masyarakat Indonesia, yang dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha terutama petani modern karena dapat mengkolaborasikan antara Economic Impact dan Enviroment Impact..

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Almuni Dr.sc.agr.Ir. Yusuf Subagyo, MP menyampaikan ucapan selamat kepada dua alumni Fapet Unsoed, Univia Gissa Chisara, dan Reza Fauziah atas keberhasilannya mampu bersaing dalam persaingan yang begitu ketat berhasil bersaing dengan 464 peserta lainnya yang datang dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia” Katanya.

“Keberhasilan Ini merupakan kebanggaan dan sebuah prestasi tersendiri bagi almamater, khususnya bagi Fakultas Peternakan Fapet Unsoed. lolosnya dua peserta dengan tingkat persaingan yang sangat menantang itu merupakan jadi motivasi tersendiri bagi para mahasiswa untuk terus berkiprah dalam pengembangan diri,” kata Dr.sc.agr.Ir. Yusuf Subagyo, MP.

Beliau menambahkan “saya tahu persis bagaimana reputasi dan prestasi mereka berdua dikampus, mereka mahasiswa yang perlu di jadikan contoh untuk para mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan ektra kulikuler, organisasi sangat diperlukan untuk membangun jiwa kemandirian, memahami prosedur administratif dan birokrasi. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mengejar secara akademik saja, tetapi juga mengejar melalui kegiatan kemahasiswaan dengan aktif melalui Unit Kegiatan Mahasiswa” tambahnya.

Program Bertani Untuk Negeri mempertemukan anak muda dengan petani dan peternak untuk bekerja bersama-sama mengembangkan sektor pertanian dan peternakan dalam upaya membangun ketahanan pangan Indonesia. kegaiatan tersebut juga akan dibekali : pelatihan mini-MBA, Mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari untuk memimpin proyek nyata pengembangan usaha peternakan,

Kesempatan untuk mendampingi dan berdampak langsung kepada kesejahteraan peternak, keuntungan yang akan di dapatkan dengan mengikuti program ini : Giving Back Kesempatan mengabdi kepada masyarakat dengan memberikan kembali ilmu dan tenaga sebagai peternak, kontribusi Nyata - Turut serta memajukan perekonomian dengan meningkatkan produktivitas para peternak, Pengembangan hard skill dan soft skill pribadi sesuai kebutuhan industry, Membangun koneksi dengan para pakar dan sesama calon pemimpin masa depan.

Selain itu para peserta juga  akan mendapatkan program pelatihan serta mendapatkan fasilitas selama program berlangsung, Tunjangan bulanan,  Akomodasi dan makanan, Transportasi selama program, Jaminan kesehatan, 1x Tiket PP tempat tinggal - lokasi (1x diawal dan 1x diakhir program)