Skip to main content
x

Dua Mahasiswa Program Pascasarjana S2 Peternakan Berhasil Meraih Gelar Magister Peternakan

Fapet.unsoed.ac.id. Selasa 23 Juli 2019 pukul 1300-15.00 WIB bertempat diruang 140 Fakultas Peternakan Unsoed telah diselenggarakan Ujian tesis atas nama Slamet Sugino D2A015002. Slamet sugino adalah mahasiswa program pascasarjana peternakan angkatan ke-14 yang bekerja di dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Cilacap. Dalam tesisnya yang berjudul “Pola dan Kinerja Sapi Potong di Kabupaten Cilacap. Konstentrasi tesis pada sosial ekonomi berhasil mempresentasikan tesis yang berjudul “Pola Dan Kinerja Peternakan Sapi Potong Di Kabupaten Cilacap”.  

Dihadapan tim penguji dalam presentasiinya Slamet Sugiono memaparkan potensi sapi potong diwilayah kabupaten cilacap untuk dijadikan bahan penelitiannya dalam upaya mendapatkan gelar Magister. Tim penguji terdiri dosen penguji yaitu Dr. Yusmi Nur Wakhidati, S.Pt, MP, dan Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP.  sedangkan selaku Pembimbing Utama adalah Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc,agr dan Pembimbing Pendamping Novie Andri S, S.Pt, M.Sc, Ph.D dalam ujian tesis tersebut slamet Sugino berhasil mempertahankan judul tesisnya dengan predikat “Memuaskan”.

Di waktu sebelumnya Program Pascasarjana Peternakan juga telah menggelar ujian tesis atas nama Nurreni Irawati, NIM D2A016003 mahasiswa angkatan ke-15 tersebut mempresentasikan tesisnya dengan judul “Penaksiran Respond dan Efektivitas Seleksi Berdasarkan Karakteristik Produksi kambing Saanen di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturaden”. Mahasiswi alumni Fakultas Peternakan Unsoed yang  lahir di banyumas 7 desember 1993 tersebut berhasil meraih predikat “Sangat Memuaskan”. Ujian Tesis dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2019 pukul 13.00 – 15.00 WIB di Ruang 140 Fakultas Peternakan Unsoed. Dihadapan dosen penguji Dr. Ir. Mochamad Socheh, M.S dan Dr.sc.agr.Ir. yusuf Subagyo, MP. selaku dosen Pembimbing Utama Dr. Ir. Dattadei Purwantini, MS dan Pembimbing pendamping Prof. Dr. Ir. Ahkmad Sodik, M.Sc, agr.

Tesis adalah karya tulis ilmiah yang dilaksanakan secara sistematis dan metodologis sebagai bukti kemampuan akademik mahasiswa S-2 dalam menyelesaikan studi. Tesis disusun sebagai persyaratan oleh mahasiswa Pascasarjana untuk mendapatkan gelar magister di akhir masa studinya. Tesis harus menunjukkan kemampuan sebagai kandidat magister dengan menggunakan prosedur penelitian yang sesuai dengan kaidah ilmiah,  mengolah  informasi atau data penelitian menjadi suatu kesatuan yang bermakna, dan menyajikan hasilnya dalam tulisan ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah praktis dalam kehidupan.

Adapun komponen Penilaian adalah :

  1. Naskah Tesis meliputi absrak, pendahuluan (latar belakang, tujuan, manfaat, hipotesis), kerangka pikir, metodologi penelitian, pustaka (penulisan dan kemutakhiran).
  2. Penguasaan substansi keilmuan dan kemampuan mahasiswa mengajukan argunetasi ilmiah dalam menjawab pertanyaan.
  3. Keaslian konsep teroi dan
  4. Kontribusi terhadap IPTEK.