Skip to main content
x

Fakultas Peternakan Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2019

Fapet.unsoed.ac.id, Selasa (12/03/2019)  Fakultas Peternakan Unsoed menyelenggarakan pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2019, bertempat di ruang seminar 1 lantai 3 Fakultas Peternakan Unsoed, mahasiswa yang diikuti oleh 9 orang, untuk peserta dari program sarjana sebanyak 5 orang yang dan dari program diploma III sebanyak 3 orang sebagai calon mapres tingkat fakultas.

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakulikuler dengan kriteria sesuai yang ditentukan (pedoman pemilihan mahasiswa berprestasi sesuai ketentuan dikti)

Pemilihan mapres adalah ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya (umumnya dimulai bulan Januari sampai agustus oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi kemenristekdikti . Pemilihan mapres tersebut dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat jurusan/bag/dep/tingkat fakultas, sampai dengan universitas. dan satu orang mapres terbaik tiap universitas akan masuk seleksi mapres tingkat nasional.

Mapres tersebut bertujuan untuk mengembangkan pemikiran saintifik dan kompetivitas mahasiswa Fakultas Peternakan dalam menciptakan dampak kepada masyarakat.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Peternakan Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Mahasiswa Berpertasi tahun 2019, dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan peran sertanya atas kegiatan mahasiswa berprestasi, beliau sangat mengapresiasi kepada mahasiswa Fapet yang mengikuti kegiatan tersebut, dan beliau juga berharap jika nantinya Fapet bisa menjadi yang terbaik dalam Pilmapres Nasional baik dalam jenjang sarjana maupun diploma. Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya beserta Wakil Dekan Bidang Alumni dan Kemahasiswaan siap memfasilitasi kegiatan tersebut dan semoga tahun ini kita bisa menjadi yang terbaik,” harapnya.

Kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi digelar selama satu hari, acara dimulai pukul 09.00 WIB,  peserta wajib untuk berpakaian atas putih bawah gelap dan memakai jaket almamater, serta wajib mengikuti acara sesuai yang sudah dijadwalkan. Proses seleksi dilakukan dibeberapa ruangan, peserta secara bergiliran mengikuti seleksi sesuai materi yang telah ditentukan, sesuai ruangan yang sudah ditetapkan.

Presentasi Karya Ilmiah dilaksanakan di ruang seminar 1 dengan juri terdiri dari : Prof Dr. Ir. Ning Iriyanti, Mp, dr. Ir. Krismiwati Muatip, M. Si, Dr. Triana Setyawardani, S. Pt, Mp, seleksi Bahasa Inggris di ruang nutrisi dengan juri yaitu : Ir. H. Imam Suswoyo, M. Agr.Sc, Mochamad Sugiarto, S. Pt.M.M.ph. D, Ir. Juni Sumarmono, M. Sc., Ph.D, seleksi Kepribadian Prestatif di ruang kuliah pascasarjana dengan juri terdiri dari : Dr. drh.H. Muhamad Samsi, MP, Ir. H. Muhammad Nuskhi, M. Si, Ir. Nunung Noor Hidayat, MP, seleksi kemahasiswaan/ekstrakulikuler di ruang sekre pascasarjana dengan juri terdiri dari : Dr.sc.agr.Ir.Singgih Sugeng S.MP, Imbang Haryoko, S. Pt,MP, dr.Ir. Agustinah Setyaningrum, MP. Dan untuk seleksi pendidikan dan pengetahuan di ruang prodi diploma 3 Fapet dengan juri terdiri dari : Ir. Pambudi Yuwono, M. Sc, Ir. Endro Yuwono, MS. Ir. Sigit Mugiyono, MS

Pada seleksi penulisan karya ilmiah, peserta diminta mempresentasikan karya tulis yang telah mereka ajukan sebelumnya dan di hadapan para juri. mereka diuji dengan diberi pertanyaan seputar karya tulisnya. Seleksi bahasa Inggris juga tidak kalah seru. Peserta diminta berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris terkait tema tertentu selama beberapa menit. untuk seleksi kemahasiswaan/ekstrakulikuler, peserta diminta menunjukkan prestasi-prestasi mereka mulai tingkat regional hingga internasional. Mereka juga dicecar berbagai pertanyaan terkait kompetisi yang telah mereka ikuti tersebut.

Secara umum kriteria pemilihan mapres ini, berdasarkan pada 4 penilaian berikut  yaitu : Prestasi Kumulatif (IPK) (20%) , Karya Tulis Ilmiah (30%), Prestasi/Kemampuan yang diunggulan (Kegiatan ko-dan ekstra kurikuler) (25%), dan kemampuan berbahasa inggris /Asing (25%) untuk mencermati setiap bobot penilaian ini dan menyiapkan strategi untuk meraih keempat point tersebut.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi materi pemilihan mapres, hasil rapat para juri (tim penilai mapres tahun 2019) ditentukan mahasiswa yang lolos untuk mengikuti mapres ditingkat universitas, diantaranya adalah dari program sarjana juara 1 Mujib Rahman (D1A016231), juara 2 Anindita Rizki (D1A016001), juara 3 Zaenab Nurul Jannah (D1A0236), dan dari program diploma 3 adalah  juara 1 Lusiana Dila Erita (D0A17025), juara 2 Nurul Kusmanto (D0A017077), juara 3 Usup Supriatna (D0A017147), ke enam mahasiswa yang lolos seleksi mapres tingkat Fakultas akan diberikan penghargaan oleh fakultas atas prestasinya. tujuan dari penghargaan tersebut untuk memotivasi calon mapres untuk maju ke tingkat universitas dan diharapkan dapat mengikuti mapres tingkat nasional.

Kemampuan tersebut adalah kompetensi esensial bagi seseorang mahasiswa . Perjalanan bersama kompetisi mapres merupakan tolak ukur untuk menentukan kemampuan yang telah dibangun selama kuliah dan mampu merefleksikannya untuk menjadi peningkatan kapasitas diri.

Selain mendapatkan inspirasi dari mapres juga dapat menjadi kesempatan untuk bisa berbagi dan menginsiprasi orang lain – membangun suatu reputasi sebagai mahasiswa berprestasi.

Seseorang yang berani menantang dirinya melakukan hal yang lebih dari apa yang dia pikirkan , berani ikut seleksi mapres juga berarti berani mencoba berkontribusi secara intelektual untuk membangun masyarakat dan menyebar semangat kompetivitas dikalangan mahasiswa, Dan semuanya berawal dari keyakinan diri.