Skip to main content
x

Fakultas Peternakan Unsoed Menggelar Focus Group Discussion Dengan Tema “Desain Magang / Praktik Kerja Untuk Efektifitas Implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”.

fapet.unsoed.ac.id - Upaya perguruan tinggi untuk segera mengimplementasikan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Fakultas Peternakan Unsoed menggelar Focus Group Discussion (FGD)  dengan tema “Desain Magang / Praktik Kerja  Untuk Efektifitas Implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”. dengan mengundang narasumber Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST., MT (UGM) yang dikolaborasikan dengan narasumber dari PT. Charoed Pokhpand Indonesia Ir. Yahya Jangggola yang digelar pada Rabu, 2/12/20 mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dan kanal youtube  diikuti  157 orang peserta.

Selain menghadirkan dua narasumber, Focus Group Discussion juga mengundang dari kalangan Industri antara lain dari PT. CP CIomas Tekad MC Medion PAN Cimori New Hope PT. Peteranakan Ayam Manggis, Super Unggas Jaya PT. Berkah Putra Cicken, dan PT. Romindo.

Walaupun Indonesia masih pada suasana pandemi, tapi kita harus tetap semangat dengan meningkatkan imun tubuh kita, karena bidang peternakan merupakan salah satu penghasil sumber pangan yang berkontribusi  didalam penyediaan ketahanan pangan terutama untuk peningkatan protein hewani asal ternak dimana kita tak bisa lepas dari peningkatan imun dimasa pandemic covid-19  ini. Jadi ini terkait dengan kebijakan kementerian pendidikan dan kebudayaan terkait Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, merupakan refleksi dari kehendak baik dalam turut serta mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing diera global

Dinamika dan tantangan di dunia usaha industry dan juga masyarakat membutuhkan kualifikasi dan kompetensi yang adaptif, yang berkaitan erat dengan industry peternakan. Fakultas Peternakan Unsoed memiliki empat program studi yang ketiga program telah terakreditasi A sedangkan untuk program doctor masih terakreditas (B).

dalam rangka untukl mengejar visi perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berakter, profesional dan untuk pengembangan sumber daya peternakan dan kearifan lokal yang berkelanjutan  maka program studi memiliki  darma ketiga perguruan tinggi  dalam program pembelajajaran dalam misi pendidikan yang berkualitas untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan kearifan lokal serta menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, profesional dibidang peternakan dan berjiwa wirausaha (interpreneurship).

Berdasarkan permendikbud No 3 tahun 2020 tentang standar pendidikan tinggi mengamanatkan bahwa PT untuk memfasilitasi hak mahasiswa untuk mengambil SKS diluar Perguruan Tinggi paling lama 2 SMT / setara dengan 40 SKS dan dapat mengambil SKS di Program Studi yang berbeda yang sama sebanyak satu SMT/setara dengan 20 SKS yang disebut dengan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

Untuk implementasi program tersebut salah satun hal penting yang harus diupayakan adalah menjalin kerjasama dengan industry. Keterlibatan Industry sangat penting dalam penyusunan kurikulum MBKM ataupun implementasi langsung MBKM di level industry. Sebagai implementasi tindak lanjut dari MBKM kami Fapet berupaya untuk melakukan adaptasi kurikulum dan penyusunan kurikulum MBKM. semoga kegiatan ini akan membawa manfaat bagi pengembangan institusi kerjasama dengan industry untuk kerjasama dengan industry untuk implementasi Program MBKM

Diskusi ini diikuti oleh Dekan dan Wakil Dekan, para dosen, perwakilan perusahaan mitra Strategis Fapet Unsoed yang telah lama bekerjasama dalam program penjaringan melalui Recruitment setiap pasca yudisium.

Dalam sambutannya Dekan mengatakan bahwa forum ini tercetus  pada saat sarasehan antara Fapet Unsoed dengan Perguruan Tinggi lain serta dengan perusahaan-perusaan yang siap memfasilitasi mahasiswa yang akan melakasanakan proses magang / Kerja Praktek yang masuk pada skema MBKM. 

"Implementasi dari program MBKM perlu pembahasana serius dalam menyamakan persepsi serta untuk saling mempersiapakan dengan menata dalam manajemen MBKM baik itu di pihak perguruan tinggi atau pada pihak pengguna / perusahaaan" katanya.