Skip to main content
x

Fapet Unsoed Ikuti Prosesi Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UNSOED Ke-57 Secara Daring

fapet.unsoed.ac.id - Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis Universitas Jenderal Soedirman ke-57 digelar di Auditorium Graha Widyatama UNSOED (23/9) yang dihadiri oleh segenap dewan pengawas, anggota Senat, para wakil Rektor, Pimpinan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Lembaga, Badan dan Satuan di Universits Jenderal Soedirman, para dosen dan tenaga kependidikan, serta perwakilan Mahasiswa.

Sidang Senat Terbuka Dies Natalis Universitas Jenderal Soedirman ke-57  mengangkat Tema “Berkarya Di Tengah Pandemi, Berkontribusi Menjaga Reputasi”.  Untuk pertama kalinya Sidang Senat Terbuka yang ke-57 dilaksanakan secara daring dan luring melalui platform Google Meet dan livestreaming.

Melalui luring dengan protokol Covid, ditempat terpisah masing-masing unit kerja tersebut di atas, termasuk Fakultas Peternkaan Unsoed mengikuti pelaksanaan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis UNSOED ke-57 secara daring dengan Auditorium Graha Widyatama UNSOED sebagai pusat acara. Luring pelaksanaan acara Sidang Senat Terbuka di Fakultas Peternakan dilaksanakan di ruang Seminar I lantai III Fapet Unsoed. Prosesi pelaksanaan Sidang Senat Terbuka tersebut dihadiri oleh Para Wakil Dekan, segenap Ketua Bagian, para Koordinator Program Studi, Senat Fakultas, Kepala laboratorium dan para Kepala Sub. Bagian Fapet Unsoed.

Dalam sambutnya Rektor menyampaikan bahwa, “Situasi pandemi yang sedang dilalui, diharapkan tidak mengurangi substansi dan esensi pada kegiatan ini”. Rektor juga melaporkan capaian yang telah dilaksanakan selama satu tahun terakhir, antara lain Unsoed telah menetapkan rencana induk pengembangan tahun 2015 – 2024 dengan  UNSOED dalam pengembangannya akan mewujudkan visi yang telah dirumuskan untuk diwujudkan pada tahun 2034 yaitu “Diakui  dunia  sebagai  pusat  pengembangan  sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal”.   

Seperti disebutkan di atas, sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang mempunya amanah untuk mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat, Rektor di Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis UNSOED ke-57 tersebut juga melaporkan capaian yang telah dilakukan selama satu tahun dengan melaporkan keberhasilannya di berbagai bidang..

Laporan pertama, diawali dari bidang Pendidikan dan Pengajaran, Universitas Jenderal Soedirman  tahun akademik 2020/2021 menjadi pilihan bagi 128.110 calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Melalui proses seleksi, UNSOED hanya menerima 5.882 mahasiswa.

UNSOED juga terus melakukan pembenahan kurikulum dengan meningkatkan jumlah mata kuliah S1 yang menggunakan metode pembelajaran case method atau team-based project. Pada tahun akademik 2020/2021, UNSOED mentargetkan 20 % dari jumlah mata kuliah telah menggunakan kedua metode tersebut.

Seiring dengan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, UNSOED telah menetapkan Peraturan  Rektor No 22/2020 tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Sarjana Universitas Jenderal Soedirman. UNSOED  telah melaksanakan MBKM melalui Kerjasama dengan perusahaan Peternakan Jepang melalui program internship 13 mahasiswa Fapet Unsoed yang pertama kalinya berkesempatan mulai program MBKM magang di "industri persapian atau persusuan" Betsukai Milk World Co Ltd, Kage Farm Co Ltd, Suzukuna Farm Co Ltd, dan berbagai perusahaan lain yang akan dilakasanakan selama 12 bulan penuh. Semua kegiatan  mahasiswa selama magang akan ditransfer dalam bentuk SKS.

Rektor melaporkan dari Bidang Penelitian dan Pengembangan, upaya Unsoed menjadi center of excellent pada pembangunan perdesaan semakin dimantapkan dengan meningkatnya jumlah teknologi tepat guna dan inovasi teknologi yang dihasilkan. Sampai dengan periode Januari – Juni 2020 Unsoed telah mendapatkan 35 HAKI dan 38 produk kekayaan intelektual. Tahun 2020 ditargetkan 10% HAKI Unsoed terealisasi melalui skema kerjasama dengan industri.

Selanjutnya untuk laporan Bidang Pengabdian, Rektor menyampaikan, upaya peningkatan kapasitas dosen dalam publikasi internasional telah mendapatkan hasil, periode Januari – Juni 2020 Unsoed telah menghasilkan. 148 judul publikasi internasional terindeks Scopus sehingga sampai dengan Juli 2020 Unsoed memiliki 969 publikasi terindeks Scopus dan menempatkan unsoed pada ranking ke 33 Scopus dari 405 Perguruan Tinggi  di Indonesia.

Berikutnya adalah laporan Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan mahasiswa dengan pelatihan kewirausahaan, pelatihan memasuki dunia kerja serta program hibah kompetisi dan program kreativitas mahasiswa. Pada tahun 2020 UNSOED telah memfasilitasi 314 mahasiswa untuk melaksanakan 91 judul kegiatan PMW, mahasiswa UNSOED masuk 10 besar pendanaan PKM 3-bidang dan untuk PKM 5-bidang, UNSOED meraih 13 dari 17 besar.

Sidang Terbuka diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para tenaga pendidik (dosen) dan tenaga non-kependidikan atas pengabdiannya pada Univeristas Jenderal Soedirman dan mahasiswa. Penghargaan diberikan untuk dosen,  administrator, pengawas, pengelola keuangan, arsiparis, pustakawan, laboran, tenaga akademik, dan mahasiswa berprestasi UNSOED tahun 2020. Fakultas Peternakan berhasil meraih 3 penghargaan dari katagori berbeda, katagori Administrartor berprestasi diraih oleh Irfan Priambudi,S.E.,M.M., (Kepala Tata Usaha) Fakultas Peternakan-Unsoed sebagai Administrartor berprestasi II, Laboran berprestasit III diraih atas nama Elianto, A.Md, dan katagori Mahasiswa Berprestasi Program D-3  di raih oleh Kentri Haruming yang meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi II.