Skip to main content
x

Hadirkan Narasumber Dari Malaysia Progam Pascasarjana Fapet Unsoed, Selenggarakan Kuliah Umum

fapet.unsoed.ac.id - Program Pascasarjana Program Doktor, Program Studi (Prodi)  Ilmu Peternakan dan Program Magister Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menggelar Kuliah Umum "Recent Advances, In Animal Nutrision”, Sabtu dan Senin, 11&13 Nopember 2022 bertempat di ruang Kuliah 306, 208 dan di ruang Seminar I Fapet Unsoed.

Hadir sebagai narasumber Senior Lecture University Putra Malaysia, Prof. Dr. Zainal Aznam Mohd Jelan dan Prof. Dr. Abdul Razak Alimon. Kuliah umum yang dimoderatori Chomsiatun Nurul Hidayah, S.Pt., M.Si, (ruang 306), Tri Rachmanto prihambodo, S.Pt., M.Si (R. 208) dan Merryafinola Ifani, S.Pt., M.Pt (R.Seminar 1), kuliah umum diikuti oleh mahasiswa Prodi S2 dan S3 Peternakan dan untuk mahasiswa Progam Sarjana yang mengambil matakuliah Pengantar Ilmu Peternakan sebanyak 122 mahasiswa dengan total peserta 225 orang.

Dekan Fapet Unsoed Prof. Dr. Triana Setyawardani pada saat menyambut kehadiran dua narasumber dari malaysia di ruang kerjanya, mengatakan kegiatan kuliah umum ini juga sebagai bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa untuk menggali ilmu Nutrisi dari dosen luar negara.

Penyelenggaraan kuliah umum dengan mendatangkan ahli dari luar negeri tersebut diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan akademik atmosfer di lingkungan Fapet Unsoed.

“Kita ucapkan terima kasih kepada kedua narsum yang bersedia datang untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswa kita, karena kuliah umum ini akan menjadi pengetahuan tambahan,” tuturnya.

Selain itu dekan menambahkan, dengan kedatangan dosen senior dari malaysia, nantinya akan dapat terjalin kerjasama baik dari bidang penelitian antara dosen Fapet Unsoed dengan dosen dari universitas Putra Malaysia, ataupun kerjasama bidang lain” tuturnya.

Sementara itu, Koorprodi Program Magiser peternakan Dr. Ir. Yusmi Nur Wakhidati, M.Si, IPM mengatakan, adanya kegiatan kuliah umum ini dengan mengundang narasumber dari Malaysia diharapkan akan menambah ilmu dan wawasan tentang bidang Nutrisi. Selain itu kuliah umum ini merupakan bagian dari mata kuliah Pengantar Ilmu Peternakan, ia berharap mahasiswa dapat menyimak dengan baik yang disampaikan narasumber mengenai tataran praktis maupun konsep bagaimana sistem pengolahan pakan yang di paparkan oleh dosen dari malaysia.

Dalam paparannya narasumber menyampaikan Populasi dunia diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Permintaan ternak dan produk ternak juga akan meningkat. Pengembangan sistem pakan yang efisien yang berkelanjutan diperlukan untuk memenuhi kebetuhan ternak. tujuan utama dalam nutrisi hewan adalah mengeksplorasi pakan alternatif untuk hewan.

Ruminansia sangat bergantung pada rumput dan produk sampingan pertanian, bagaimana cara bertahan akan ketersediaan bahan tersebut, saat memasuki musim kemarau. sisa tanaman (jerami serealia, brangkasan dari jagung dan sorgum, dan kacang-kacangan dan polong) dan produk sampingan agroindustri dapat di manfaatkan sebagai bahan pakan, dampak positif dari inovasi pakan tropis terhadap kesehatan hewan ternak dan kualitas produk menjadi isu terkini yang perlu diteliti lebih dalam.