Skip to main content
x

Fapet Unsoed Peringati Dies Natalis Ke-55 Dan Lustrum XI Secara Hybrid Di Tengah Pandemi Covid-19

fapet.unsoed.ac.id - Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan Dies Natalis yang biasanya diselenggarakan begitu meriah  dengan adanya berbagai kegiatan untuk kali ini Dies Natalis ke-55 yang mengangkat tema Dies Natalis ke-55 – Lustrum XI  “Inovasi Untuk Negeri“ diselengggarakan secara luring dan daring pada Rabu, 10/02/20 bertempat di ruang Seminar I, Ruang 208 dan Gazebo (luring), sedangkan secara virtual undangan melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Ketua Panitia Novie Andri setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D, menyampaikan kegiatan perayaan Dies Natalis Fapet Unsoed ke-55 dan Lustrum XI dilaksanakan secara sederhana terkait dengan kondisi pandemi covid-19 belum juga berakhir. Agenda dies natalis meliputi, Orasi Ilmiah, Pemberian Fapet Award,  Bhakti Sosial (tempat desa binaan) dan kegiatan Kemahasiswaan yang ditekankan tingkat nasional, dari Lomba Jurnalistik, SEARY, LKTI, Video Kreatif, dan Video Opini.

Selain itu Ketua panitia menyampakan Orasi Ilmiah menghadirkan secara daring Dirjen Kementerian Pertanian yang diwakili oleh  Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan kementerian Pertainan RI  yang diwakili oleh Ir. Fini Murfiani, M.Si  selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan  Ditjen Peternakan dan kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian dengan judul “Kebijakan Pemerintah dalam Menjamin Ketersediaan Produk Ternak di Era kenormalan Baru”, orasi ilmiah kedua disampaikan oleh pemateri Dr. Ir. Rahayu Widiyanti, SE, MP (Fapet Unsoed) dengan judul,  Peningkatan kesejahteraan peternak ayam niaga pedaging melalui upaya pencegahan praktik monopoli dan kartel”.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS mengucapkan selamat atas Dies Natalis Fapet yang ke-55 atau Lustrum XI. Disampaikan bahwa PTN diamanahi oleh Kementerian apa yang disebut Indikator Kinerja Utama. Ada 8 indikator, yang mengerucut pada 3 hal, yakni Kualitas Lulusan, Kualitas Dosen dan Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran. “Tiga hal ini menjadi ukuran keberhasilan atau kegagalan kita dalam menjalankan amanah di kampus, sesuai dengan beban dan tanggung jawabnya masing-masing”, terang Rektor.

Dekan menyampaikan, Lustrum kali ini mengambil tema “55th Fakultas Peternakan, Inovasi untuk Negeri” untuk memberikan semangat dan motivasi kepada kita semua bahwa kita harus selalu mampu untuk berkarya dan berkontribusi untuk negeri.  Sudah hampir satu tahun kita dihadapkan pada situasi yang sulit, situasi dimana dunia bersama-sama memerangi pandemi covid 19 yang belum kunjung usai.  Kita dituntut untuk lebih adaptif menghadapi dinamika situasi yang berkembang sedemikian pesat

Dekan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada para dosen senior yang dengan gigih berusaha menguasai Google Classroom, mendalami eldiru, mempelajari Syncronous learning menggunakan Zoom, Goggle Meet, Big Blue Button demi memberikan pelayanan dan menegakan idealisme pembelajaran. Utuh mengimplementasikan konsep Ki Hajar Dewantoro..”ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”.

Di akhir sambutannya dekan menjelaskan, “Pada 2020 permendikbud mengeluarkan permen no 3 yang di dalamnya memuat konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang disusul dengan dikeluarkanya konsep penilaian kinerja berdasar Indikator Kinerja Utama (IKU) yang memuat 8 indikator.  Untuk pelaksanaan MBKM, Prodi peternakan berhasil memperoleh hibah implementasi MBKM”  jelasnya. 

Pada dies natalis ke-55 Fapet Unsoed memberikan penghargaan kepada civitas akademika berprestasi dan pemberian cinderamata bagi pegawai yang telah purna tugas (Sumiyati, MH Sugeng Pamuji, Sulastri, dan Agus Maryono).  Dies Natalis ke-55 dan Lustrum XI Fapet memberikan penghargaan kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan mitra Industri sesuai bidang prestasi.

No

Nama

Keterangan

1

Mendiang Prof. Dr. Ir. Ning Iriyanti, MP

Bidang Penelitian

2

Mendiang Ir. Triana Yuni Astuti, MP

Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

3

Ir. Sigit Mugiyono, MS

Bidang Pendidikan dan Pengajaran

4

Tarlam

Tenaga Kependidikan Berprestasi

5

Ahmad Syarifudin

Bidang Akademik

6

Denis Agita Meliana

Bidang Non Akademik

7

Ir. Bambang Rijanto Japutra, MP

Alumni Peduli dan Berdedikasi Tinggi

8

Ir. Roni Fadillah, S.E.

Alumni Peduli dan Berdedikasi Tinggi

9

Ir. Syafri Afiansayah, M.BA,

(Head of Human Capital for Poultry Business)

PT. Charoen Pokphand TB

Penghargaan Institusi Pemberi Beasiswa Berkelanjutan dan penerima Alumni Fapet Terbanyak

Potong tumpeng nasi kuning oleh dekan Fapet Unsoed Prof Dr Ismoyowati, MP yang diserahkan kepada dosen muda Afduha Nurus Syamsi, S.Pt, MP, mengakhiri prosesi peringatan hari jadi Fapet Unsoed ke-55 dan Lustrum XI Tahun 2021.