Skip to main content
x

HMPS Pasca Sarjana Magister Peternakan Gelar Seminar Virtual "WEBINAR"

Fapet.unsoed.ac.id -- Himpunan Mahasiswa Program Pascasarjana Magister  Peternakan (HMPS-S2)  Fakultas Peternakan Univeristas Jenderal Soedirman, Sabtu 4/7/2020 menggelar seminar Web Based Seminar (WEBINAR), Webinar  Seri 2 dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Cloud Meeting mengangkat tema “Optimalisasi Peran Tanaman Pakan Guna Meningkatkan Produktivitas TernakUntuk Menunjang Ketahanan Pangan Di Era New Normal”.

Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP, yang merupakan Pembina dan sekaligus Koordinator Program Pascasarjana Magister Peternakan mengatakan, pertemuan webinar menampilkan pakar Tanaman Pakan Hijauan, Dr. Ir. Ekon Hendarto, M.Si dan pakar Ternak Potong dan juga ahli pengolahan limbah (kompos) Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP. “ini merupakan kolaborasi yang serasi karena ternak ruminansia tidak berdaya apabila tidak ada tanaman hijauan, apa lagi sebentar lagi akan menghadapi idul adha” ungkapnya.

Menurutnya tujuan diselenggarakan webinar tersebut adalah untuk memotivasi mahasiswa dalam menggali dunia peternakan khususnya ternak ruminansia di masa pandemic covid-19. Selain itu, untuk memberikan informasi perkembangan teknologi ternak dalam upaya turut andil dalam hal ketahanan pangan, (sektor peternakan),

Webinar begitu menarik dan atraktif  dengan moderator Harwanto, S.Pt., M.Sc, dosen muda Fapet Unsoed. dalam memediasi diskusi ia begitu aktif dalam mengakomodir  para peserta webinar dalam memberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber, pada segmen diskusi. Sebelum webinar melangkah ke sesi pertama, moderator memperkenalkan dua narasumber dengan menampilkan biodata kedua narasumber.

Sesi pertama,  Dr. Ir. Eko Hendarto memaparkan Optimalisasi Peran Tanaman Pakan Guna Meningkatkan Produktivitas Ternak Untuk Menunjang Ketahanan Pangan“ optimalisasi peran tanaman pakan merupakan pilar pertama dalam upaya meningkatkan hasil ternak dalam rangka membangun ketahanan pangan nasional. Dalam paparannya, banyaknya lahan yang luas di Indonesia, potensi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor peternakan.

Dalam membantu peternak ia juga menyampaikan harapannya terkait strategi dalam menciptkan pakan hijauan ekonomis untuk menunjang keberlangsungan ternak, dengan membangun sistem setiap pasar tradisional  di Indonesia dapat menyuplai limbah pasar organik untuk membangun peternak lokal dalam efisiensi harga pakan guna membentuk kelompok-kelompok peternak lokal dalam ketahanan pangan,  

Pada sesi kedua Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum memberikan paparan dengan judul “Optimalisasi Produksi Ternak Potong Menunjang Ketahanan Pangan Menuju Era Normal Baru” menyampaikan tentang perkembangan sapi potong, menurutnya pertumbuhan sapi potong di Indonesia masih bertumpu pada peternakan rakyat, cakupan daging dalam upaya membangun pemerintah  untuk menciptakan ketahanan pangan, peternakan rakyat berkontribusi berkisar 90% dan dari perusahaan Feedlot, intensif, Impor Bakalan dan impor daging beku 10%..

Selain itu ia juga menyampaikan, pertumbuhan budidaya ternak potong peternakan rakyat masih mengandalkan pakan alam dominan ternak lokal dengan efisiensi konsumsi pakan lokal hijauan. “Untuk menghasilkan ternak lokal yang berkualitas masih butuh sentuhan teknologi peternakan dengan penerapan aplikasi teknologi hasil dari penelitian. Konsentrat hijau Indigofera sebagai pengganti konsentrat bermutu yang bisa diaplikasikan pada peternak rakyat” imbuhnya.

Pada kesempatan lain Ketua HMPS Program Magister Peternakan Adi Fathul Qohar menambahkan, “Tujuan webinar ini untuk membuka mata dan pikiran mahasiswa agar lebih mendalami perkembangan dunia ternak dalam rangka membangun ketahanan pangan pada sektor peternakan,  serta webinar ini untuk mengedukasi teman-teman mahasiswa, sebagai ajang sharing ilmu tentang ternak ruminansia, kepada mahasiswa agar mereka tertarik untuk dapat mengaplikasikan teknologi ternak,” tutur Adi Fathul.