Skip to main content
x

Menjaga Sosial Distancing Fapet Unsoed Selenggarakan Ujian Akhir Semester Secara Daring

fapet.unsoed.ac.id Dalam  kondisi pandemi Covid-19 pemerintah mendorong perguruan tinggi dan sivitas akademika dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggunakan metode lain guna untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan melakukan physical distancing dengan menerapkan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) / sistem Dalam Jaringan (Daring), hal tersebut untuk meredam penyebaran Covid-19 kembali berkembang dalam menjaga stabilitas nasional dalam proses menuju New Normal.

Dalam upaya meredam penyebaran Covid-19 menuju new normal Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Fapet Unsoed) menyelenggarakan Ujian Akhir Semester (UAS) 23 Juni – 2 Juli 2020 secara daring.

Fapet Unsoed sebenarnya sudah menerapakan physical distancing dengan menerapkan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) / sistem Dalam Jaringan (Daring), mulai Senin, 23 Maret 2020 sesuai Surat Edaran Rektor Nomor 184 tahun 2020, tertanggal, 13 Maret 2020 Tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi virus Corona  di Lingkungan Unsoed,

Ketua Panitia Ujian Akhir Semester (UAS) Imbang Haryoko, S.Pt, MP mengatakan pada Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan dengan sistem daring. “Dalam pelaksanan dosen pengampu mata kuliah wajib mempersiapkan soal ujian yang selanjutnya dikoreksi Ketua Bagian dan selanjutnya akan dikembalikan lagi ke masing-masing dosen untuk siap di sajikan secara daring sesuai jadwal yang telah ditentukan. proses penyajian soal dapat melalui platform google meet, eLdiru (e-learning Jenderal Soedirman University) dan Whatsapps Group” jelasnya.

"Pelaksanaan UAS dilakukan tergantung dosen pengampunya dalam menentukan sistem pelaksanaan ujian, dapat tatap muka secara daring, menggunakan fasilitas telekonferensi dengan platform Google Meet, Zoom dan WG" tambahnya.

Ditempat berbeda kasubbag akademik dan kemahasiswaan Yuniarta, SH mengatakan ujian secara daring ini dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya Ujian Tengah Semester (UTS) diselenggarakan secara daring. “Untuk proses pelaksanaan ujian daring satgas dan pengampu matakuliah diwajibkan standbye di posko ujian, guna mengantisipasi terjadinya kendala selama waktu ujian berlangsung, dan dosen pengampu juga diwajibkan untuk mengisi Berita Acara Pelaksanaan Ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan” imbuhnya.