Skip to main content
x

Program Doktor Fapet Unsoed Menggelar Seminar Hasil

(fapet.unsoed.ac.id), Rabu, 12/2/2020 pukul 14.00 – 16.20 WIB bertempat di ruang Rapat Program S3 Peternakan, Program Studi Doktor Peternakan Universitas Jenderal Soedirman telah menyelenggarakan Seminar Hasil promovendus Bambang Rijanto Japutra NIM. DA017005 dengan judul “Stategi Peningkatan Produktifitas Usaha Ayam Broiler Menggunakan AGP dan Tanpa AGP Berdasarkan Aspek Produksi, Ekonomi Dan sosial Demografi”.

Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi Doktor Peternakan Ir. Satrio Widi Purbojo, MP, Ph.D. dalam kesempatan itu Koprodi menyampaikan bahwa seminar hasil adalah untuk menjajagi akan hasil penelitian serta menggali masukan dan dari pertanyaan audien dan para dosen penguji yang hadir pada seminar hasil tersebut guna untuk meningkatkan hasil penelitian.

Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP, Co. Promotor Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D sedangkan dosen penguji dari bidang perunggasan Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP dan dosen bidang Sosial Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si.

Sebelum presentasi Promotor menyampaikan bahwa Penelitian dilakukan menjadi dua bagian pertama Evaluasi mengenai produktifitas usaha ayam broiler yang ada di peternakan mitra dan perusahaan di empat wilayah, untuk bagian kedua yang sedang dilakukan adalah kajian tentang sosialnya modelnya bagaimana nanti untuk strategi untuk meningkatkan produtifas setelah dari evaluasi yang dilakukan untuk menyusunan laporan penelitian tersebut.

Sesi pertama presentasi hasil penelitian dari Promovendus selama 30 menit dan dilanjutkan sesi diskusi yang akan memberi kesempatan kepada mahasiswa dan dosen penguji untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan presentasi yang di paparkan.

Promovendus pada pemaparan “Stategi Peningkatan Produktifitas Usaha Ayam Broiler Menggunakan AGP dan Tanpa AGP Berdasarkan Aspek Produksi, Ekonomi Dan sosial Demografi”. Bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan dan peniadaan antibiotic groth promoter (AGP) dalam pakan ayam broiler terhadap aspek produksi, aspek ekonomi dan aspek sosial demografi, mengetahui faktor-faktor yang saling terkait di dalam aspek produki, ekonomoi dan sosial demografi yang menentukan keberhasilan usaha ternak ayam broiler baik yang menggunakan AGP maupun tanpa pemberian AGP dan mengetahui pengaruh peniadaan AGP dalam pakan ayam broiler terhadap indeks performa (IP) dan efisiensi ayam broiler.

Metode yang dilakukan adalah metode survei yang dilakukan dengan mengumpulkan data dilapangan dengan cara wawancara dengan peternak, Mengisi kuisioner dan yang ketiga Observasi. Metode pengambilan sampel digunakan adalah stratified random smpling dengan kriteria sampel adalah peternakan ayam broiler di empat kabupaten diwilayah jawa Tengah, Kabupaten Banyumas, Pemalang Temanggung dan Banjarnegara.

Di akhir paparannya promovendus menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada peternakan yang menggunakan AGP dan tidak menggunakan AGP. menurut hasil observasinya lebih baik tidak menggunakan AGP dibandingkan dengan menggunakan AGP.

Dari aspek sosial demografi yang menentukan keberhasilan usaha peternakan ayam broiler adalah aspek pendidikan peternak. Dan dari aspek ekonomi, pendapatan peternakan tidak dipengaruhi oleh larangan penggunaan AGP sedangkan kapasitas usaha dipengaruhi oleh peniadaan AGP.

The website encountered an unexpected error. Please try again later.
Drupal\Core\Database\DatabaseExceptionWrapper: SQLSTATE[42000]: Syntax error or access violation: 1142 INSERT, UPDATE command denied to user 'c1newfapet'@'localhost' for table 'cache_data': INSERT INTO {cache_data} (cid, expire, created, tags, checksum, data, serialized) VALUES (:db_insert_placeholder_0, :db_insert_placeholder_1, :db_insert_placeholder_2, :db_insert_placeholder_3, :db_insert_placeholder_4, :db_insert_placeholder_5, :db_insert_placeholder_6) ON DUPLICATE KEY UPDATE cid = VALUES(cid), expire = VALUES(expire), created = VALUES(created), tags = VALUES(tags), checksum = VALUES(checksum), data = VALUES(data), serialized = VALUES(serialized); Array ( [:db_insert_placeholder_0] => preload-paths:/node/535 [:db_insert_placeholder_1] => 1585941751 [:db_insert_placeholder_2] => 1585855351.326 [:db_insert_placeholder_3] => [:db_insert_placeholder_4] => 0 [:db_insert_placeholder_5] => a:1:{s:2:"en";a:4:{i:0;s:9:"/node/535";i:1;s:16:"/node/535/delete";i:2;s:14:"/node/535/edit";i:3;s:19:"/node/535/revisions";}} [:db_insert_placeholder_6] => 1 ) in Drupal\Core\Path\AliasManager->writeCache() (line 144 of core/lib/Drupal/Core/Path/AliasManager.php).