Skip to main content
x

Rektor Cek Kesiapan Tempat UTBK di Fakultas Peternakan Unsoed

fapet.unsoed.ac.id – Dalam rangka memastikan kesiapan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 berjalan dengan lancar, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Prof. Dr. Ir Suwarto MS di damping oleh Wakil Rektor, Bidang Akademi, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Informasi dan Humas, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ketua LPTSI, Kabag Akademik beserta para Kepala Sub Bagian Akademik mengecek langsung persiapan tempat pelaksanaan UTBK pada masing-masing Fakultas yang menjadi tempat pelaksanaan UTBK.

Rektor beserta jajarannya tiba di Fapet Unsoed pada Senin, (29/6) pukul 10.30 WIB, disambut oleh Dekan didampingi Kepala Tata Usaha Irfan Priambudi, SE, MM dan Kasubag Umum&BMN Purwoko, SH. Rektor beserta rombongan di arahkan naik menuju lantai III dimana ruang untuk UTBK (Laboratorium Komputer) berada di Lantai 3 bagian selatan.

Dalam peninjauannya ke Fakultas Peternakan Rektor beserta rombongan mengecek sarana prasarana, baik persiapan UTBK ataupun dalam penerapan protokol kesehatan dimana para petugas keamanan siap siaga dengan alat pengukur suhu badan di tangan, handsanitizer dan masker. Petugas keamanan siaga di depan (pintu masuk/gerbang) kampus untuk memeriksa setiap orang yang masuk ke kampus. Demikian juga dengan batasan physical distancing yang terus dijaga selama berada di lingkungan tersebut.

Sesuai Keputusan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), "Materi tes UTBK hanya akan menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS), Waktu pelaksanaan tes adalah 105 menit, Untuk mengurangi resiko penyebaran infeksi Covid-19 dan meningkatkan keselamatan peserta/penyelenggara, pelaksanaan UTBK diubah dari 4 (empat) sesi menjadi 2 (dua) sesi per hari.  Peserta yang terdaftar di Sesi 1 dan 3 tetap melaksanakan sesuai hari yang telah ditentukan, sementara Peserta Sesi 2 dan 4 akan dipindahkan pada hari yang lain. Waktu pelaksanaan UTBK diubah dan dilaksanakan sebagai berikut: Sesi 1 Pukul 09.00-11.15 WIB/WIT/WITA, Sesi 2 Pukul 14.00-16.15 WIB/WIT/WITA Jeda antar sesi (2 jam 45 menit) cukup panjang untuk melakukan sterilisasi ruang, komputer dan lingkungan.

Jumlah peserta yang akan melaksanakan di UTBK 351/UNSOED sejumlah 16.700 dan didukung dengan komputer 73 unit dan beberapa unit cadangan serta pihak Fapet juga sudah berkoordinasi dengan pihak pusat terkait PLN dan Telkom untuk kesiapan ketersediaan listrik dan jaringan internet yang memadai per fakultas  melalui Lembaga Pengembangan Teknologi dan Informasi (LPTSI) Jadi kesiapan UTBK sudah siap” Ungkap Irfan.

Terkait dengan pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK-351/UNSOED, para peserta ujian agar mencermati peraturan pelaksanaan UTBK sesuai ketentuan yang berlaku : Membawa surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit pemerintah, Khusus peserta yang berasal dari luar Provinsi Jawa Tengah atau dari Kabupaten/Kota di dalam Provinsi Jawa Tengah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Zona Merah Penyebaran Covid -19 wajib menunjukkan hasil Rapid Test dengan hasil non reaktif dan masih berlaku, Membawa identitas asli (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar), Membawa Alat Pelindung Diri (sarung tangan, hand sinetizer, masker dan face shield) dan mengenakan baju lengan panjang pada saat ujian