Skip to main content
x

Sambut Mahasiswa Baru Pada Kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru” Di Laksanakan Secara Virtual

fapet.unsoed.ac.id – Dalam rangka menyambut mahasiswa baru angkatan 2020/2021 persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Peternakan Universits Jenderal Soedirman Panitia melakukan berbagai persiapan baik secara teknis maupun non teknis. Secara teknis pelaksanaan PKKMB yang akan dilaksanakan secara daring perlu mekanisme khusus. Dari pembahasan tentang kegiatan inspiratis, inovatif dan educative telah dirancang sedemikian rupa dalam mengisi peralihan jadwal kegiatan inti.

Koordinasi Persiapan menyambut datangnya mahasiswa baru yang terbungkus pada PKKMB dilaksanakan secara virtual 31/8 – 4/9 yang berpusat di ruang seminar I lantai III sebagai sentra operator koordinasi. Ketua panitia PKKMB Dwika Ramadhan memimpin koordinasi persiapan pelaksanaan PKKMB secara daring di ikuti oleh sebagian panitia (mahasiswa) yang telah berada di purwokerto.

Kegiatan koordinasi tampak begitu semangat dan kompak, tugas masing-masing panitia terbagi sesuai tugas pokok masing-masing. Kesibukan terlihat pada operator komputer yang penuh kehati-hatian dalam mengarahkan pusat titik fokus objek yang harus ditampilkan. Perpaduan kamera satu dan kamera pendukung serta pengaturan spot  untuk menampilkan materi yang harus di tampilkan membuat operator begitu tampak sibuk danserius.

Berbeda dengan panitia yang lainnya yang turut mengikuti prosesi koordinasi, semenjak Pandemi covid-19 dan dengan pemberlakuan kuliah secara daring telah menghalangi mereka untuk berinterkasi langsung dan bersanding, komunikasi yang dapat dilakukan hanya melalui media telekomunikasi jejaring sosial, yang membuat interaksi fisik sangat terbatas, dengan adanya kesempatan bertemu pada rapat koordinasi membuat peserta panitia yang hadir begitu tampak bahagia begitu riang, penuh canda tawa terlihat pada saat break.

Dika Setiawan selaku Koordinator Teknis mengatakan, untuk pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus akan dimulai pada  tanggal 10 – 12 September 2020 dan dilanjutkan pada hari Sabtu, 19/9/20 karena proses perkuliahan di Fapet dimulai pada tanggal 14/9/20. Sebelum kegiatan PKKMB dimulai pada tanggal 5/9/20 mahasiswa baru diwajibkan registrasi secara daring melalui Zoom untuk mengikuti gladi bersih dan mengikuti sosialisasi teknis pelaksanaan kegiatan PKKMB.

Melalui platform Zoom, google meet dan whatsapps. persiapan – persiapan terus di lakukan panitia, dari 2 bulan yang lalu sampai hari ini Jum’at, 4/9/20 masih terus dilakukan. Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru meliputi :

1.  Upacara  penerimaan  mahasiswa  baru;  (dilaksanakan secara simbolis  terhadap perwakilan masing- masing fakultas secara luring);

2.  Kuliah umum;

3.  EKSPO Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas;

4.  Pengembangan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa (PKKM); dan

5.  Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru pada proses peralihan status siswa menjadi mahasiswa, pada pelaksanaan PKKMB dijadwalkan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga nantinya dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKKMB diharapkan menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar ;Kampus merdeka dan penanaman 5 program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Kegiatan PKKMB memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlaq, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Sesuai edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor        :  631/E.E2/KM/2020      Juni 2020 tentang panduan PKKMB diteruskan melalui Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor : 3676/UN23/TM.00/2020 Tentang Kegiatan Penerimanan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

Sesuai Panduan Direktorat Pendidikan Tinggi, Asas pelaksanaan PKKMB terdiri dari:

  1. Asas keterbukaan, yaitu semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi/substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelenggaraan kegiatan.
  2. Asas demokratis, yaitu semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut
  3. Asas humanis, yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan serta anti kekerasan. TUJUAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN Tujuan umum PKKMB tahun 2020 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.