Skip to main content
x

Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan Fapet Unsoed Selenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Dengan Label “SEARY 3.0”

fapet.unsoed.ac.id - Pandemi covid-19 masih terus di antisipasi dengan berbagai upaya, baik dengan menjaga kebersihan dan jaga stamina tubuh, juga dengan menjaga jarark Physical distancing. Sejalan dengan antisipasi terhadap penularan covid-19 dengan melakukan Physical distancing tidak membuat mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal  Soedirman  yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mhasiswa (UKM) Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3) goyah untuk menyelenggarakan kegiatan SEARY 3.0 yang merupakan kegiatan utama dan rutin yang digelar setiap tahun.

Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3) ditengah pandemik covid-19 tetap menggelar kegiatan Lomba Karya  Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional berlabel  “Soedirman Event of Animal Husbandry (SEARY 3.0)’ dengan tema  Peran Generasi Muda Dalam Menciptakan Inovasi Melalui Optimalisasi Sumbar Daya  Menuju Pembangunan Desa” 3/7/20 yang dilaksanakan secara daring, dengan menggunakan platform Zoom Application for Meeting,  dewan juri terdiri Dr. Ade Irma Anggraeni, S.E., M.Si dan Dr. Wita Ramadhanti, S.E,Ak, MSA dari Fakultas Ekonomi Unsoed Juri bidang Ekonimi. Bidang Pendidikan dan Sains Dr. Eng. Mukhtar Effendi, S.Si, M.Eng dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsoed dan bidak Agrokompleks Mochamad Sugiarto, S.Pt, MM, Ph.D dari Fakultas Peternakan Unsoed.

Ketua UP3 Al Ayubi Fadly Kegiatan menyampaikan, kegiatan SEARY 3.0 merupakan Lomba Karya Ttulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional yang di inisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Penelitian dan dan Pengembangan Peternakan (UP3) Fapet Unsoet, merupakan kegiatan utama dan sekaligus kegiatan rutin tahunan. Kegiatan SEARY 3.0 ini merupakan kegiatan seri 3 yang diselenggarakan pada tahun yang ke-3 yaitu tahun 2020. LKTI SEARY 3.0 diselenggarakan bekerja sama dengan Japfa Comfeed, PT. Medion, Majalah Infovet,dan  Poultry Indonesia.

jumlah peserta SEARY 3.0   terdiri 17 peserta yang terbagi menjadi 6 kelompok dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, diantaranya adalah Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dua tim, Institut Pertanian Bogor satu tim, Universitas Udayana satu Universitas Diponegoro satu tim dan universitas trunojoyo satu tim. para peserta tersebut merupakan insan cendekiawan terpilih karena telah melalui berbagai tahapan seleksi.

Selain itu ia juga mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya kepada para dewan juri, segenap panitia dan para peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. kegiatan SEARY 3.0 dilaksanakan secara virtual. “Harapannya  “SEARY 3.0 dapat berjalan dengan khidmat, sukses, lancar dan mengena di hati teman-teman sehingga, memberikan kesan positif panitia dan juga peserta” harapnya.

Dekan Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, .  menyampaikan terimakasih pada, Denis tema yang sesuai dengan visi misi unsoed.dan juga pola pokok ilmiah unsoed yaitu pembangunan desa berkelanjutan, Fapet Unsoed sangat  dekat sangat erat kaitannya dengan masyarakat pedesaan tidak sajaa pelaku usaha bidang peternakan tp mampu menggerakan sendi-sendi di masyarakat kita ingin berpartisipasi lebih dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan di era industry 4.0. mudah-mudaan ajang LKTI diselenggarakan melalui SEARY dapat menambah wawasan kita semua terutama generasi muda diFapet Unsoed diseluruh Indonesia sehingga semakin menguatkan kemampuan kita untuk ketahan pangan secara nasional.

Segenap  civitas akademika Fapet Unsoed berharap semoga kegiatan seperti ini dapat dikembangkan dan dilaksanakan dengan baik biarpun kondisi sekarang ini masih ditengah pandemik covid-19 akan tetapi kegiatan yang lain dapat diselenggarakan menggunakan aplikasi teknologi secara Daring (Dalam Jaringan)  untuk kegiatan seminar dan lainnya.

harapanya “meskipun kondisi saat ini masih pandemic covid-19 tapi tidak mengurangi semangat kita untuk mengembangkan invoasi dan kreatifitas apalagi sekaranng generasi milenial adalah generasi yang sangat tangkap dengan perkembangan teknologi.dan informasi, mudah-mudahan kegiatan ini akan membawa manfaat yang lebih luas untuk perkembangan masyakat peternakan dan pembangunan nasional pada umumnya di akhir sambutannya dekan menyampaikan”.  ungkapnya.

Pengumuman Juara diumumkan secara serental melalui media sosial SEARY 3.0 pada Rabu , 08 Juli 2020 di Akun Instagram SEARY 3.0 dan melaui personal Chat oleh panitia ke tim kepada para pemenang lomba. Juara 1 dimenangkan oleh Universitas Trunojoyo dengan judul karya ilmiah “Pengembangan Susu Nabati Berbahan Limbah Biji Durian ( Durio Zibethinus) Di Wonosalam Kabupaten Jombong sebagai  inovasi minuman yang menyehatkan. Juara 2 Jatuh kepada Universitas Udayana dengan judul karya ilmiah “ Potensi  Adchersonia Plasenta Sebagai Biopestisida Unggulan Terhadap Kutu Kebul ( Paraleylodes Minei ) pada tanaman Jeruk di Bali Indonesia “ . Juara ke 3 jatuh kepada Institut Pertanian Bogor dengan judul karya ilmiah “ Sistem Akuaponik Solusi Pemenuhan Gizi”.  Perolehan Juara juga dapat dilihat pada Lomba Vidio Favorit jatuh kepada Universitas Jenderal soedirman   dengan judul   “ Pemetaan dan Sentralisasi Berbasis Sstem  Informasi Geografis Kelampok UMKM Untuk Mengoptimalkan Potensi Desa Di Kecamatan Kedung Bandeng di Kabupaten Banyumas“.