Skip to main content
x

Kegiatan PPM Dosen Fapet Unsoed Di Karangtengah

Fapet Unsoed, Purwokerto (2/12). Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Berbasis Riset  dengan judul Peningkatan Kualitas Susu di Kelompok Peternak Sapi Perah “Andini Lestari” melalui Perbaikan Sanitasi Kandang dan Higiene Pemerahan telah dilaksanakan di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas  mulai bulan April sampai Oktober  2019. Kegiatan dilaksanakan oleh tim dosen pengabdi yang terdiri atas Ir. Pramono Soediarto, M.Si., Ir. Triana Yuni Astuti, M.P., dan Afduha Nurus Syamsi, S.Pt., M.P. Kegiatan PPM ini merupakan yang pertama dari rangkaian kegiatan yang telah direncanakan.

 

Kegiatan bertujuan untuk mempertahankan kualitas susu yang baik melalui peningkatan sanitasi kandang dan higienitas proses pemerahan oleh peternak.  Metode pelaksanaan adalah penyuluhan (dengan cara ceramah dan bantuan leaflat dan banner), diskusi, dan praktek pemerahan sesuai dengan SOP oleh peternak dengan didampingi tim penyuluh, hasil kegiatan dibahas secara deskriptif.  Hasil kegiatan menunjukkan, bahwa peternak belum semuanya (33,33%)  menerapkan sanitasi kandang dan prosedur higiene pemerahan yang benar sesuai SOP, setelah dilaksanakanya kegiatan, terjadi peningkatan sebanyak 66,67%. Hasil tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas susu secara fisik, kimiawi dan mikrobiologi yang lebih baik dibandingkan sebelum ada kegiatan. Kartim Sumanto (Ketua Kelompok) menyampaikan bahwa kegiatan PPM tersebut sangat bermanfaat dan memotivasi peternak untuk melaksanakan pemeliharaan ternak yang lebih baik lagi.

 

Disimpulkan bahwa kegiatan  mampu meningkatkan partisipasi peternak dalam menerapkan peningkatan  sanitasi kandang  dan  prosedur pemerahan yang higienis yang  menghasilkan susu dengan kualitas fisik, kimiawi, dan mikrobiologis lebih baik. Perlu dilakukan kegiatan PPM lanjutan yang fokus pada perbaikan layout perkandangan, terutama dalam pemisahaan  tempat pakan, tempat milk can dan kandang ternak, sebagai bentuk peningkatan sanitasi dalam proses hygiene pemerahan, untuk menjaga kualitas susu yang diproduksi. "Kami harapkan dapat melanjutkan kegiatan PPM ini, agar program dapat terlaksana dengan komprehensif dan mampu meningkatkan kualitas susu di Kelompok Peternak Sapi Perah Andini Lestari, dengan demikian akan meningkatkan pendapatan peternak", ujar Pramono Soediarto selaku ketua tim PPM.