Skip to main content
x

Kejuaraan Catur Yunior Serayu Cup 2019

Fapet.unsoed.ac.id, Lomba Catur Serayu Cup Tahun 2019 telah dilaksanakan Minggu (17/3/2019) di Gasebo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman dalam rangka dies natalis Fakultas Peternaka Unsoed ke.53 atas kerjasama dengan Percasi Korwil Banyumas. sebelum lomba dimulai peserta disambut dan dikumpulkan di ruang seminar Fapet Unsoed guna untuk mengikuti acara pembukaan dan mengikuti petunjuk teknis aturan lomba catur oleh pihak panitia.

Serayu Cup 2019 dibagi dalam 6 katagori  berdasarkan kualifikasi umur, katagori A. Umur (18 - 19),  B. (16-17),  C. (14-15), D. (12-13), E.(10 -11), F. (9-10) dan untuk katagori G. umur 7 tahun kebawah. Dalam lomba tersebut sistim pertandingan menggunakan sistim Swiss (pairing swiss manager) dan Round Robin untuk peserta 4 -6 tahun.

Ketua Panitia Serayu Cup, Dr. Ir. Bambang Hartoyo, M.Si  dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kedatangan dan partisipasinya kepada semua pihak, baik itu panitia intern fakultas, percapi korwil banyumas juga mengapresiasi kepada para peserta yang datang dari berbagai kabupaten dengan disambut derasnya hujan.  dalam laporannya ketua menyampaikan peserta diikuti oleh 132 peserta dari 5 kabupaten, yaitu, Cilacap, kebumen, Purbalingga, Banjarnegara dan Banyumas.

Acara dilanjutkan sambutan dari ketua  Percasi korwil banyumas Ir. Handoyo Wibowo, MP, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dengan adanya lomba catur serayu cup yang digelar rutin setiap tahunnya, yang sesuai jadwal acara lomba catur tersebut yang menjadi tuan rumah adalah purbalingga, namun karena satu dan lain hal pihak kabupaten tersebut belum siap untuk menjadi tuan rumah  hingga pada akhirnya diambil alih oleh korwil kabupaten banyumas dan pelaksanaannya bekerjasama dengan fakultas peternakan unsoed.

Berikutnya sambutan dari ketua  umum Percasi Provinsi jawa tengah Ir. Handoyo Wibowo, MP, yang menyambut baik dan apresiasi dengan kerjasama percapi korwil banyumas bekerjasama dengan fakultas peternakan unsoed melaksanakan lomba catur tingkat provinsi.

acara Sambutan dan sekaligus pembukaan lomba catur oleh Dekan Fakultas Petenakan yang diwakili oleh wakil dekan bidang umum dan keuangan Ir. Ibnu Hari Sulisyawan, M.Sc. dalam sambutannya belilau berharap acara tersebut dapat meningkatkan generasi muda  untuk mencintai olahraga catur, diharapkan dengan  menekuni olahraga catur dapat meningkatkan IQ, konsentrasi, daya pikir dan kesabaran bilamana dapat mengaplikasikan pola pikir dengan menyalurkan bakat dan minatnya pada olahraga catur. Lomba Catur bertujuan menjaring bibit muda atlet olahraga catur potensial yang ada di wilayah jawa tengah.  

Untuk hasil lomba catur Serayu Cup 2019 kabupaten banyumas menduduki peringkat pertama dengan perolehan 9 emas, 7 perak, dan 6 perunggu, kedua diraih kabupaten Kebumen dengan hasil 2 emas dan 3 perak, urutan ketiga diraih kabupaten cilacap dengan perolehan 2 emas, 2 perak dan 6 perunggu disusul kabupaten banjarnegara mendapatkan 1 perak dan terakhir kabupaten purbalingga yang mendapatka 1 perunggu.

 

Social Media:

Facebook: Fakultas Peternakan Unsoed

Instagram: Fapetunsoedofficial

Twitter: Unsoedfapet