Skip to main content
x

LPM Husbandry, Sukses Selenggarakan Festival Jurnalistik Husbandry

fapet.unsoed.ac.id - memasuki masa kenormalan baru menuju normalisasi dari dampak pandemic covid-19 tampak semakin terkendali. Suasanapun semakin berubah, kampus yang selama ini tampak sepi tanpa adanya mahasiswa kini mulai terasa bergeliat. Kegiatan keorganisasianpun mahasiswapun semakin tampak, seperti baru-baru ini. Unit Kegiatan Mahasiswa LPM Husbandry sukses menyelenggarakan Festival Jurnalistik Husbandry (FJH) 2021 dengan menggelar lomba kepenulisan

FJH menggelar lomba yang fokus pada dua kategori, yaitu essai dan opini dengan mengangkat tema "kesiapan mental generasi Z dalam menghadapi era modernisasi pendidikan di Indonesia" dengan sub tema yaitu pendidikan, kesehatan, teknologi, dan sosial budaya.

Kegiatan FJH diawali dengan technical meeting dibuka oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni, Dr.sc.agr. Ir. Yusuf Subagyo, MP.  Pada (9/10) secara daring melalui platform Zoom Meeting yang dihadirii oleh Dekan Fapet Unsoed, Dr. Triana Setyawardany, S.Pt, MP, Pembina LPM Husbandry Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si, perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fapet Unsoed, dan segenap peserta lomba.

Ketua Panitia Festifal Jurnalistik Husbandry Abhipraya Fauzan N menyampaikan, tujuan FJH 2021 sendiri untuk meningkatkan sense of competition para siswa dan mahasiswa di Indonesia, dengan harapan akan memunculkan generasi yang kreatif dengan pemikiran kritis.

“peserta di ikuti oleh 28 peserta dari jumlah pendaftar 37 peserta, dengan perincian 10 peserta opini dan 18 peserta esai. Lomba diikuti oleh berbagai mahasiswa dan siswa yang ada di seluruh Indonesia” terangnya.

Sementara itu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa, Usup Supriatna menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa dalam kegiatan yang positif, kreatif dan menanamkan mental juara diberbagai ajang perlombaan, serta dalam upaya membangun mental prestasi. “lomba kepenulisan ini juga diharapkan dapat dijadikan pengalaman sebagai ajang kreatifitas dalam membangun kepercayaan diri mahasiswa Fapet Unsoed di kancah lomba baik ditingkat regional ataupun nasional” ungkapnya.

Festival Jurnalistik Husbandry 2021 berlangsung secara daring, dengan timeline kegiatan diawali dengan  pendaftaran, (16/9 - 8/10),  selanjutnya (10/10) Webinar dengan judul “penyusunan karya tulis ilmiah” dengan menghadirkan narasumber Shoffan Mujahid (1st Winner National Essay Competition Sustainable Development Goals 2019, Penulis buku memimpin hati rakyat, penulis buku muda memimpin), acara dihadiri oleh 64 peserta webinar diseluruh Indonesia dan seluruh kalangan.

Selanjutnya pada (11/10 - 17/10) pengumpulan karya, (18/10 - 23 /10)  penilaian lomba oleh juri, 24/10 dan rekap nilai lomba, 25/10 pengumuman melalui instagram FJH 2021 (@festivalhusbandry). Penyebaran informasi melalui media partner dari beberapa universitas di Indonesia, serta bantuan dari UKM Fapet Unsoed. acara ditutup dengan pengumuman hasil lomba esai dan opini tingkat nasional pada (25/10/2021).

Dewan juri terdiri dari Uki Hares Yulianti, S.Pd, M.Pd (Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unsoed) Ir. Kusuma Widayaka, M.S (Dosen Fapet Unsoed) Eka Wicaksono, S.Pt,  (Anggota Luar Biasa LPM Husbandry) dan Nurfahmi Budi, S.Pt (Anggota Luar Biasa LPM Husbandry).

Proses pengumuman pertama melaluli Instagram @festivalhusbandry yang kemudian diumumkan di WhatsApp Group peserta bahwa pengumuman sudah ada di Instagram kita.

Berikut ini daftar pemenang lomba Festival Jurnalistik Husbandry Tahun 2021 dari dua katagori :

KATAGORI OPINI

1.

Fadhaa Aditya Kautsar Murti

Universitas Indonesia

2.

Jesslyn Alvina Alan

Institut Pertanian Bogor

3.

Fashyella Lumintang R

Universitas Jenderal Soedirman

KATAGORI ESSAY

1.

Imam Wahyudi

Universitas Jenderal Soedirman

2.

Diani Inas Shalihah

Universitas Negeri Jakarta

3.

Asrullah

Universitas Hasanuddin

Proses penyerahan hadiah akan dikirim melalui jasa paket online ke alamat dan tujuan para pemenang