Skip to main content
x

Mahasiswa Fapet Unsoed Kunjungan Ilmiah Ke Perusahaan Peternakan

Fapet.unsoed.ac.id, selasa, 19/2/2018 mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed berkunjung ke PT. Sera Food, Sahabat Ternak dan CV. Berkah Bukit Turgo. Kegiatan tersebut dalam rangka kunjungan ilmiah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Penelitian dan Pengembangan Peternakan (UP3), rombongan terdiri dari 99 mahasiswa yang diketuai oleh Rifki Aprianto, kunjungan tersebut dikuti oleh 99 mahasiswa  dan dua orang dosen pendamping. Untuk dosen pendamping, Aras Prasetyo, S.Pt, M.Si dan Lis Safitri, S.Th.I., M.Pd.  

Kunjungan Ilmiah yang di laksanakan pada tanggal 19-21 Februari 2019, kunjungan Ilmiah tersebut terdiri tiga lokasi, pertama rombongan berkunjung ke PT. Serafood Indonesi, dilanjutkan lagi ke Sahabat Ternak, Peternakan yang mengelola kambing perah dan olahan susu.  mahasiswa diberi penjelasan tentang teknik pengolahan ternak kambing serta cara mengolah susu kambing menjadi susu siap saji yang dikemas menarik dan ekonomis. Selanjutnya rombongan bertolak ke CV Berkah Bukit Turgo, perusahaan feedlot sapi potong.  

Tujuan dari Kunjungan Ilmiah tersebut adalah untuk menambah wawasan, pengetahuan dibidang Peternakan untuk mengubah asumsi peternakan yang cenderung kotor, bau dan dipandang sebelah mata, dengan melihat langsung kelapangan diharapkan mahasiswa akan semakin terbuka dan berubah asumsi bilamana dunia peternakan adalah lapangan bisnis yang sangat berpotensi untuk dibidik.

Dengan melihat langsung mahasiswa akan jadi tahu tentang dunia peternakan secara komplek mahasiswa akan tahu tata kelola ternak, teknik pengolahan hasil ternak, pemeliharaan ternak pada perusahaan, serta  pengembangan dan teknik pengelolaan limbah ternak yang berpotensi untuk dikembangkan,

Pada kunjungan ini rombongan mahasiswa menerima penjelasan tentang produk dari PT.Serafood, mahasiswa diberi pengarahan dan penjelasan terkait dengan olahan hasil ternak yang berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi market potensial. Ditempat berbeda mahasiswa diberi pemandangan kambing perah dengan produksi susu olahan yang variatif untuk bisa dijadikan inspirarsi dalam berwirausaha dalam membidik pasar terkait dengan susu olahan. Sedangakan sajian di CV. Berkah Bukit Turgo, adalah keragaman sapi potong yang dikelola dengan manajamen yang terpadu dengan teknologi bidang peternakan.