Skip to main content
x

Mahasiswa Fapet Unsoed, Sukses Mengukir Prestasi Pada Ajang Lomba Pramuka Garuda Berprestasi “Eagle Scout Award”

Fapet.unsoed.ac.id – Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) kembali ukir prestasi pada ajang Lomba Pramuka Garuda berprestasi “Eagle Scout Award” yang dilaksanakan Kwartir Daerah Jawa Tengah di Pusat Kegiatan Kepramukaan (Puskepram) Candrabirawa Karanggeneng Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang berlangsung mulai tanggal 26-28 Agustus 2022.

Yudha Ardana berhasil meraih Juara 1 Pandega Putra merupakan mahasiswa Fapet Unsoed progam S1 Peternakan angkatan 2019 yang tergabung pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Soedirman yang merupakan wadah mahasiswa yang aktif pada bidang kepramukaan tingkat Universitas dan dia menjabat sebagai Ketua Dewan.

Dalam Kegiatan pramuka, Yudha tergolong anak yang rajin dan tekun. ia sering mengikuti kegiatan pramuka diberbagai tempat, dimulai tahun 2010 di saat dia masih duduk dibangku sekolah SMP N 1 Bawang dan melanjutkan di SMA N 1 Banjarnegara. Untuk terpilih sebagai Pramuka Garuda pun bukan perkara mudah. Yudha harus memulai dari Training Center hingga mengikuti berbagai ujian harus dilewati

Ia berangkat mengikuti Lomba Pramuka Garuda berprestasi bersama 10 personil dari berbagai perwakilan dan golongan. masing-masing golongan diwakili oleh 2 Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak kecuali untuk golongan Pandega di ikuti cuma satu peserta yaitu Yudha. dia merupakan satu-satunya mahasiswa yang tergabung pada Pramuka Garuda Kwartir cabang Kabupaten Banyumas dan juga satu-satunya Pramuka yang ikut pada ajang lomba Eagle Scout Award pada skala Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Kontingen berangkat Puskepram Semarang dipimpin oleh Pembina Nur Farida, S.Pd.SD sebagai Pendamping dari Ancu Siaga Putri. Kegiatan Lomba Pramuka Garuda berprestasi dibuka dan ditutup oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Bidang Binamuda yaitu Kak Drs. Hernowo Budi Luhur, S.H., M.Si. Adapun ruang lingkup penilaian meliputi Penyusunan Portofolio, Soft Skills, Wawancara, Ketrampilan Kepramukaan, Kreasi Talenta Garuda, Ketrampilan Umum, dan ditutup dengan Pembekalan serta Pemantapan.

“Eagle Scout Award” diikuti 187 Anggota Pramuka Garuda dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega perwakilan dari Kwartir Cabang yang ada di wilayah Jawa Tengah. Kontingen Pramuka Garuda Banyumas mengirim 11 Pramuka terbaik sesuai hasil seleksi melalui “Lomba Pramuka Garuda Banyumas Berprestasi” tingkat Kwarcab.

Yudha Ardana yang merupakan wakil dari Racana Soedirman Unsoed Purwokerto yang turut bergabung pada Pramuka Garuda Banyumas dari golongan Pandega Putra yang berhasil meraih juara 1 dan ada 4 Pramuka lainnya yang turut mengukir prestasi.

Pramuka Garuda Banyumas yang berhasil mengharumkan nama Banyumas adalah, M. Mulham Muktafi dari MTs Ma’arif NU 2 Cilongok sebagai Juara 1 Penggalang Putra, Putri Gita Aulia R dari SMPN 1 Jatilawang sebagai Juara 1 Penggalang Putri, Alifah dari SDN 1 Limpakuwus Sumbang Juara 2 Siaga Putri dan Biyan Alfiyanda dari SDN 2 Pabuwaran Purwokerto Utara Juara 3 Siaga Putra.

Di tempat terpisah, Wakil Dekan Kemahasiswaan&Alumni Fapet Unsoed Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP, IPU mengapresiasi keberhasilan yang sangat membanggakan, berhasil menjadi juara 1 itu merupakan pencapaian yang sangat baik.

“Selamat atas prestasinya, ini adalah prestasi yang bagus, Semoga keberhasilan ini dapat jadi motivasi teman di Racana Soedirman pada khususnya dan juga bagi adik-adik siaga, penggalang, penegak dan juga pandega untuk mengikuti jejak kesuksesan Yudha,” ucapnya.

atas nama pimpinan dan segenap sivitas akademika Fapet Unsoed mengucapkan “selamat atas keberhasilannya meraih juara 1 tingkat regional, Yudha mengikuti ajang tersebut sebagai perwakilan dari Racana Soedirman dan di percaya untuk memperkuat Pramuka Garuda Banyumas. Keberhasilannya telah mengharumkan Pramuka Garuda Kwartir cabang Banyumas pada khususnya dan Fakultas Peternakan serta Universitas,”pungkasnya.