Skip to main content
x

Mahasiswa Program Studi S3 Peternakan Asal Sudan, Melaksanakan Ujian Kelayakan Naskah Disertasi

fapet.unsoed.ac.id -  Mahasiswa Program Doktor Peternakan  Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman asal Sudan Modawy Abdelgadeer Elbasheer Altayb, NIM D3A018002,.
mengikuti ujian Kelayakan Naskah Disertasi Senin (1/11/2021) bertempat di ruang Program Studi S3 Fapet Unsoed.

Dihadapan Dosen penguji dan promotor Modawy memaparkan konsep – konsep dasar hasil penelitiannya yang berjudul  “The effect Dietary Level Of Safflower Oil And Inositol Supplementation On Phsysiological And Health Condition Egg On Female Sentul Chicken”.

Ujian Kelayakan merupakan ujian yang dilakukan untuk menilai kelayakan Kelayakan naskah disertasi baik dari aspek substansi, metode, dan teknik penulisan, sehingga dapat menentukan layak-tidaknya untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu ujian tertutup (pra-promosi).

Dalam hal ini fokus pengujian pada aspek penguasaan metodologi penelitian di bidang yang terkait dengan disertasi, penguasaan materi bidang ilmu, kemampuan penalaran dan abstraksi, dan kemampuan sistematisasi hasil pemikiran dalam penyusunan Proposal Disertasi. Penilaian kelayakan Disertasi dilaksanakan secara hybrid, Tim dosen Penguji yang terdiri dari :

  • Promotor Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP,
  • Co-Promotor Dr. Ir. Efka Aris Rimbawanto, MP.,
  • Penelaah Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. 
  • penguji  External Dr. Ir. Sri PUrwanti, S.Pt, M.Si, IPM, ASEAN. Eng (Universitas Hasanuddin)
  • penguji  Internal Dr. Ir. Sri Rahayu, M.Si
  • Penguji Internal Prof. Dr. Ir. Dadang Mulyadi Saleh, MS, M.agr.sc., Ph.D

Promotor Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP yang memimpin jalannya Penilaian Kelayakan Disertasi Modawy menyimpulkan dari prosesi penilaian kelayakan Disertasi bahwa dari penilaian dosen penguji, penelaah memberikan koreksi dan masukan atas kelayakan Disertasinya, dan promotor juga menambahkan bahwa Kelayakan Disertasi Modawy masih perlu diperbaiki diantaranya adalah masukan dari penelaah terkait jenis ayam dijadikan sebagai pembanding.

Menurut Penelaah Sebagai sarana pembanding ayam sentul disarankan jenis ayam non komersial,  karena ayam komersial secara kualitas lebih bagus dari pada ayam lokal, begitu juga masukan dari penguji eksternal, memberikan masukan kepada modawy agar lebih mengacu dari data terbaru dan juga merujuk pada daftar pustaka dari pada secara penyuntingan secara manual, dan juga dari sisi penuiisan untuk dapat di perbaiki agi agar sebuah karya ilmiah tidak merubah makna dari sumber pustaka itu sendiri.

Koordinator Program Doktor Peternakan Dr. Ir. Agus Susanto, M.Sc, Agr dalam menutup acara Penilaian Kelayakan Disertasi menyampaikan terimakasih kepada Promotor, Co-Promotor, Dosen Penelaah, dan Dosen Penguji dan sekaligus menyampaikan kepada Modawy untuk memperbaiki naskah kelayakan disertasinya dalam kurun waktu 14 hari setelah penilaian kelayakan disertasi sekarang.

Dihadapan segenap penguji Modawy menyatakan siap merubah dalam kurun waktu dua minggu setelah penilaian kelayakan Disertasi berlangsung.