Skip to main content
x

Partisipasi Fapet Unsoed Pada Acara Bakti Sosial Di Brebes

Fapet.unsoed.ac.id -  (29/01) Dosen ahli Pengolahan Limbah Ternak hadiri Bakti Sosial yaitu Penanaman 1000 pohon dan panen pedet Sapi Jabres di kawasan Padang Penggembalaan Maribaya Desa kalinusu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT Brebes ke 342 Pemerintah Kabupaten Brebes.

Dalam upaya pengembangan dan pembibitan sapi Jabres Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terus mengoptimalkan lahan seluas 336 hektar di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi potong khususnya sapi Jabres yang ementara ini Populasi Sapi Jabres di kawasan tersebut terdapat 115 ekor.

kawasan hewan ternak sapi di Penggembalaan Maribaya, Dr. Ir. Agustinah Setyaningrum, MP yang merupakan dosen ahli pengolahan limbah ternak dan juga sebagai Ketua Bagian Produki Ternak mewakili Dekan Fapet Unsoed menghadiri kegiatan tersebut. beliau menyampaikan “adanya Padang pengembalaan tersebut diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi impor bibit ternak sapi dan akan dapat memenuhi pembibitan sapi yang masih menjadi permasalahan, karena selama ini yang dilakukan oleh masyarakat adalah penggemukan, tetapi untuk pembibitan sangat minim” ungkapnya.

Pasca kunjungannya melihat secara langsung sapi Jabres dikawasan tersebut menurutnya kondii sapi digembalakan  di padang Maribaya dengan kondisi hijauan pakan rumput cukup teredia dan didukung  musim hujan yang mulai tiba namun penilaiannya “Body Condition Score” sapi-sapi yang digembalakan masih rendah, dengan kriteria kurus. Menurutnya perlu peningkatan mutu pakan dan membutuhkan sentuhan teknologi dalam menajemen ranch sapi-sapi Jabres yang di padang penggembalaan Maribaya”. Tuturnya.

Beliau menambahkan, “bila nantinya Fakultas Peternakan Unsoed dipercaya untuk berperan serta dalam pengembangkan Sapi Jabres,  melalui DPKH Brebes menjalin dengan kerjasama pihaknya akan berupaya untuk memberikan pendampingan dan transfer teknologi baik berupa teknologi pakan, reproduksi, penggemukan dan pengolahan limbah ternak” tambahnya.

Untuk dapat melihat kawasan padang rumput Maribaya melalui jalur Talok-Maribaya sepanjang 7 kilometer dan Galuhtimur-Maribaya sejauh 3 kilometer dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan untuk sementara ini mobil belum bisa nyampai kawasan tersebut dengan pengecualian dengan menggunakan Jeep offroad.