Skip to main content
x

Pascasarjana Program Magister Peternakan Selenggarakan Seminar Hasil Penelitian

Fapet.unsoed.ac.id, Pada hari rabu tanggal 31 Juli 2019, Program Studi Magister Peternakan Universitas Jenderal Soedirman telah menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dari para Mahasiswa Program Magister Peternakan, ujian seminar hasil terdiri dari tiga mahasiswa. Pelaksanaan seminar hasil tesis berlangsung di ruang 140, yang terbagi menjadi tiga sesi untuk masing-masing peserta seminar.

Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi Magister Peternakan Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. dalam kesempatan itu Koprodi menyampaikan bahwa seminar hasil adalah Untuk menjamin mutu penelitian, setiap mahasiswa diwajibkan memberikan presentasi atas hasil penelitiannya tersebut dalam suatu Seminar Hasil Penelitan yang dihadiri oleh mahasiswa.

Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB mahasiswa atas nama Risda Amelia Putri Nasution NIM D2A017005. Judul makalah “Metabolisme Nitrogen dan Sintesis Protein Mikroba Domba Lokasi Yang Diberi Pakan Mengandung DFM (Direct Fed - Microbialis) dan tepung Daun Waru (Hibiscus hiliaceus). 

Bertindak sebagai Ketua Seminar tersebut sekaligus sebagai moderator adalah Dr. Ir. Sri Rahayu, M.Si yang juga sebagai Koordinator Prodi Magister Agribisnis (Multidisiplin) pada Pakultas Pertanian Unsoed. Anggota terdiri Dr.Sc.Agr. Ir. Muhamad Bata, MS, Dr. Ir. Munasik, MP, Prof. Dr. Ir. FM Suhartati, SU.

Sesi kedua adalah Anis Sri Andini NIM D2A017008, dilaksanakan pada pukul 10.00 – 11.00 WIB. Yang bertindak sebagai Ketua adalah Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP yang juga sebagai Dekan Fakultas Peternakan Unsoed. Sedangkan anggota terdiri dari Dr. Ir. Dattadewi Purwantini, MS, Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP, dan Dr. Ir. Rosidi, MP. seminar hasil yang dipresentasikan dengan judul “Indentifikasi Karakteristik Kulaitatif Dan Kuantitatif Serta Hubungan Antara Gen ACTA-1 Dengan Bobot Badan Pada Ayam Lokal.

Untuk sesi ketiga mahasiswa yang diuji adalah Aziz Nur Rahmat, NIM D2A017003. Pelaksanaan seminar hasil diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Wardhana Suryapratama, MS dengan anggota masing-masing Prof. Dr. Ir. FM Suhartati, MS, Dr. Ir. Munasik, MP dan Dr. Ir. Eko Hendarto, M.Si. Seminar hasil dengan judul “Produk Fermentasi Cairan Rumen Sapi Potong yang Diberi Kulit Buah Naga Dan Daun Jambu Biji dalam ransum Berbasis Jerami Padi Amoniasi. Dilaksanakan pada pukul 13.30 – 14.30 WIB.

Pada waktu sebelumnya pada hari senin, 29 Juli 2019 pukul 10.00 WIB juga telah dilaksanakan seminar hasil atas nama mahasiswa Pracoyo, NIM. D2A0016001 dengan judul Penggunaan Fermeherbafit Encapsulasi Dalam Pakan Terhadap Profil daran Dan Saluran Cerna (Fisik, Kimia dan Mikrobiologi) Ayam Sentul Jantan. Sebagai ketua pelaksanakaan seminar adalah Prof. Dr. Ir. Ning Iriyanti, MP dan untuk anggota terdiri : Dr. Ir. Bambang Hartoyo, M.Si Dr. Ir. Rosiidi, MP dan Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. dan pada hari Selasa, 30 Juli 2019 pukul 13.30 seminar hasil mahasiswa atas nama Mujahidin, NIM. D2A0017002 dengan judul “Aktivitas Enzim Dan Dinamika Protein Cairan Rumen Sapi Potong Yang Diberi Kulit Buah Naga Dan Daun Jambu Biji Secara In Vitro. Sebagai ketua seminar hasil adalah Prof. Dr. Ir. FM Suhartati, SU dengan anggota Dr. Ir. Sri Rahayu, Dr. sc.Agr. Ir. Muhamad Bata, MS, dan Dr. Ir. Efka Aris Rimbawanto, MP.