Skip to main content
x

Pembekalan Calon Wisudawan/wisudawati Peiode Maret 2020

(fapet.unseod.ac.id) 25/02/2020 Dalam upaya meningkatkan lulusan dan mempersiapkan lulusan yang berkompeten dalam dunia kerja, Fakultas Peternkan Unsoed menyelenggarakan Pembekalan Calon Wisudawan/wisudawati program D3, S1 dan S2 periode Wisuda Maret 2020.

Pembekalan di buka oleh Koordinator Program Magister Peternakan Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP.  dalam kesempatan itu beliau menyampaikan pentingnya calon wisudawan dibekali dengan panangan tentang dunia kerja, baik itu kerja di bidang Peternakan atau pada lembaga baik swasta ataupun negeri untuk mmpersiapkan mental dan ketrampilan dalam menyambut dunia nyata.

Selain membuka acara pembeklan beliu juga memberikn kesempatan kepada tiga mahasiswa program Magister Peternakan untuk testimony dalam rangka sosialisasi Program Magister Peternakan. Dalam testimony mahasiswa asal Tangerang Merryafinola Ifani memberikan pemaparan tentang Lembga Pengelola dana Pendidikan (LPDP).

Beda dengan pemaparan yang sebelumnya secara bergantian Fahri sendiri menjelaskan terkait biaya, sarana dan prasarana pendidikan pada Program S2, dari UKT, SPP dan biaya lainnya lebih terjangkau dan fleksibel.

Salfian Setyo prayitno lumni SMA 5 Purwokerto juga berbagi informasi tentang beasiswa dan kemudahan-kemudahan dalam menjalani kuliah dengan kesibukannya dia yang sibuk sebagai assisten dosen. Tidak heran bila ia salah seorang mahasiswa Program Magister yang berhasil lulus dengan waktu yang lebih singkat yaitu 1.8 bulan.

Karena menurutnya dunia nyata bagi mahasiswa adalah mengenali dan terjun dalam dunia kerja yang nyata, tidak hanya teori yang dipelajari dalam perkuliahan, namun dunia kerja yang menentukan para alumni dalam merajut masa depannya.

Pembekalan dilaksanakaan selama 4 jam, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pembekalan bidang motivasi untuk persiapan memasuki dunia kerja yang diisi oleh pembicara  Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, M.Si dengan judul “Optimism with Your Softskill” dan sesi kedua di isi prospek wirausaha bidang peternakan oleh Ina Nur Tanti, S.Pt dari PT. Peternakan Ayam Nusantara.

Pembekalan dilaksanakan di ruang seminar I Fapet Unsoed di ikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari 11 mahasiswa D-III, 32 Sarjana dan 2 orang mahasiswa Program Magister Peternakan.

Dalam pembahasannya, Dr. Ugung menyampaikan kiat-kiat dalam seleksi kerja, untuk berwirausaha butuh sikap, dengan mengevaluasi sikap yang berkaitan diri sendiri, sikap berkaitan dengan orang lain dan sikap berkaitan dengan pekerjaan, yang pada kesimpulan kesuksesan ada pada diri kita sendiri.

Lain halnya dengan sesi kedua yang di isi oleh narasumber dari Perusahan Ayam Nusantara Ina Nur Tanti, S.Pt, dalam paparannya yang berjudul “Best People For Best Carrer” ia lebih mengarah motivasi dalam merintis sebuah karir. Dalam ulasannya lebih menekankan pada managemen pola pemikiran (mind set) dalam upaya menggapai asa dalam dunia kerja yang nyata.