Skip to main content
x

Pembekalan Praktek Kerja Mahasiswa Program S1 Dan D-III Fapet Unsoed

Fapet.unsoed.ac.id.  Dalam rangka persiapan dan bekal para mahasiwa semester akhir Fakultas Peternakan Universitas Jenderal soedirman, Fapet Unsoed menyelenggarakan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan. Pembekalan berlangsung selama dua hari yang mulai tanggal 2 – 3 Januari 2020 yang masing – masing terbagi menjadi 4 sesi materi untuk setiap harinya.

Materi pembekalan PKL meliputi materi bidang ilmu Ternak Unggas,  Ternak Sapi juga materi Ekonomi Peternakan. Selain pembekalan bidang ilmu, ada  materi lain yang terdiri dari materi Kegiatan dan Prosedur PK S1/DIII, dan teknik Pembuatan Laporan PKL.

Prakterk kerja pada kali ini di ikuti oleh 351 yang terdiri dari 224 mahasiswa Program S1 Peternakan dan 128 mahasiswa Program DIII Produksi Ternak yang masing-masing mahasiswa angkatan 2017. Untuk peserta PKL Program S1 terbagi menjadi dua kelompok, kelompok Unggas dan kelompok Sapi Potong/Perah, yang masing-masing kelompok merupakan pilihan kelompok bidang ilmu yang akan di geluti.

Mahasiswa Program S1 yang memilih Kelompok Bidang Unggas terdiri dari 70 mahasiswa dan Bidang Sapi Potong/Perah 154 mahasiswa. Berbeda dengan mahasiswa Program DIII Produksi Ternak, mahasiswa diwajibkan mengikuti PKL dua Bidang Ilmu, Bidang Unggas dan Bidang Sapi Potong/Perah dengan durasi masing-masing dua bulan. Untuk Mahasiswa Program D-III diwajibkan satu bulan bidang Ternak Unggas dan satu bulan di bidang Sapi Potong/Perah.

Sasaran tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ditentukan sesuai dengan minat mahasiswa, dari daftar nama dan tempat Kerja Praktek terbagi dengan beberapa wilayah, mayoritas di dominasi wilayah Jawa yaitu wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat, namun ada satu kelompok mahasiswa yang pelaksanaan PKLnya di wilayah Lampung yang PKL pada PT. Ranso Welvarido Palang Lampung Selatan.