Skip to main content
x

Pemilihan Calon Anggota Senat Universitas, Wakil Dosen Non Guru Besar Fapet Berjalan Demokratis Dan Dinamis

fapet.unsoed.ac.id.Purwokerot, (21/6/2022). Remilihan Anggota Senat Universitas Wakil Dosen Fakultas Peternakan (Fapet) Universias Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Periode 2022-2026 berlangsung secara luring (langsung) pada Senin (20/6) bertempat di Ruang Prodi Program S3 Fapet Unsoed. Acara dihadiri Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Bagian, Koordinator Program Studi dan segenap Dosen Fapet Unsoed.

Ketua Panitia Pemilihan Senat Fapet Unsoed Ir. Pambudi Yuwono, M.Si mengatakan, Kuota calon senat Universitas wakil Dosen Fapet Unsoed terdiri 5 slot, yang terdiri dari unsur. Unsur pertama calon senat wakil Dosen dari kualifikasi Guru Besar tiga orang dan untuk calon senat wakil Dosen non Guru Besar 2 slot. pendaftaran bakal calon calon senat dibuka pada hari Jum’at, 17 Juni 2022 dengan batas waktu terakhir diterima pada pukul 14.00 WIB.

“Sampai batas akhir pendaftaran terdapat ada 3 Guru Besar yang mengajukan dari kuota 3 yang kosong, secara otomatis mereka bertiga resmi menjadi anggota senat kualifikasi Guru Besar, ketiga calon tersebut. Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU, Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, IPU dan Prof. Dr. Ir. Dattadewi Purwantini, M.S”, terangnya.

Lebih lanjut Pada klasifikasi calon anggota senat Universitas dari wakil Dosen non Guru Besar terdapat empat bakal calon yang diajukan untuk maju sebagai kandidat calon menjadi 2 Anggota Senat. Mereka adalah, Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M. Si, Ir. Nunung Noor Hidayat, M.P, Ir. Nur Hidayat, M.Si, dan Setya Agus Santosa, S.Pt, MP.

Mekanisme pemilihan Setelah pembacaan nama-nama bakal calon oleh Ir. Pambudi Yuwono, M.Si acara dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Ir. Nur Hidayat, M.Si, setelah seremonial pembukaan pemilihan calon senat untuk peserta dapat menggunakan kesempatan untuk menentukan hak pilihnya untuk memilih dua suara sebagai calon yang mereka pilih. Secara bergantian peserta yang datang  untuk mengambil kertas suara dan memberi tanda centang di depan nama yang mereka pilih pada kertas suara. Kertas suara kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang disediakan.

Penghitungan suara dilaksanakan setelah waktu menunjukan pukul 11.30 WIB sesuai dengan kesepakatan panitia dan Hasilnya, dari total suara ada 109, dengan 102 suara sah, dan 7 suara abstain Suara terbanyak diperoleh Ir. Nur Hidayat, M.Si. dengan jumlah 45 suara, disusul Setya Agus Santosa, S.Pt, MP dengan perolehan 34 suara. Urutan ketiga Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M. Si. dengan perolehan 12 suara, dan yang terakhir Ir. Nunung Noor Hidayat, M.P. dengan 11 suara.

Pimpinan sidang pemilihan Ir. Pambudi Yuwono, M.Si menyatakan bahwa proses pemilihan calon anggota senat wakil dosen Fapet Unsoed telah berjalan sesuai dengan aturan yang ada di statuta Unsoed dan Peraturan Senat Universitas. Semoga anggota senat terpilih dapat mengemban amanah yang diberikan, mampu menjalankan tugas dan fungsinya, serta dapat memajukan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Ir. Pambudi Yuwono, optimis dengan wakil-wakil terpilih akan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan institusi di masa yang akan datang dan dapat mendorong kemajuan Fapet Unsoed.