Skip to main content
x

Penelusuran Kesan Mahasiswa Baru Fapet Unsoed Hari Pertama Masuk Kuliah

Fapet.unsoed.ac.id, Kamis, 6/9/19 Mahasiswa Fakultas Peternakan mulai proses belajar mengajar di hari pertama dalam satu pekan yang dimulai senin, 2 - 6 September 2019 setelah mahasiswa baru mengikuti serentetan pengenalan kehidupan kampus. Kini saatnya mahasiwa mulai aktif dalam perkuliahan semester gasal TA 2019/2020, yang dimulai sesi pertama pukul 07.00 WIB dan untuk sesi kuliah terakhir pada pukul 12.10 WIB.

Menurut pantauan kami sejumlah mahasiswa tampak begitu semangat dan serius dalam mengikuti perkuliahan, selain itu para mahasiswa baru yang datang dari luar kota begitu tampak menikmati suasana baru di kota kripik yang sejuk dengan nuansa hijaunya pepohonan yang rindang disekitar kampus Fapet Unsoed serta gundukan gunung slamet yang nampak menjulang tinggi terlihat dipagi dan sore hari serasa menyapa lembut mahasiswa baru yang berada diluar ruangan.

Hari pertama senin, 2/9/19 masuk kuliah bagi mahasiswa bisa menjadi menyenangkan atau juga menjenuhkan, tergatung bagaimana dosen cara mengajarnya. Karena hal ini berkaitan dengan kredebilitas kampus, maka sudah sepatutnya kampus bisa memilih dosen-dosen terbaik bagi dosen yang akan mengajar mahasiswa baru di semester awal. Kesan pertama begitu mengesankan, itulah seharusnya prinsip para dosen yang mengajar mahasiswa baru, pertama kali masuk ruang kelas dan keluar kelas, harusnya menjadi sesuatu yang inspiratif bagi para mahasiswa dan mereka merindukan pertemuan berikutnya itu komentar dari Agung setiadi mahasiwa program S1 asal pekalongan.

Hari Kedua Selasa, 3/9/2019. Margiani Lestia Pratiwi, mahasiwa asal kota tangerang yang bersekolah di salah satu SMK di Ajibarang mengatakan, kesan jadi mahasiswa baru menyenangkan, karena baru kali ini bisa menikmati bagaimana proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Yang berbeda adalah waktu jam kuliah yang tidak mengikat pada suatu waktu beruntun, tidak seperti waktu masa jadi pelajar yang harus belajar dengan waktu dari pagi sampai sore secara terus menerus.

Hari Ketiga, Rabu, 4/9/19 Yohana Eka Presinta alumni SMAN 3 Sampit Kalimantan, ia mengatakan pertama kali masuk kuliah di peternakan terasa asyik karena ia datang dari luar pulau. Ia baru pertama kali ke jawa sehingga kuliah di Fapet Unsoed yang notabene mahasiswanya berasal dari berbagai kota merasa bisa saling mengenali sifat dan karakter teman-temannya. Apalagi dosennya begitu familiar dalam menyajikan perkuliahannya dengan pengenalan mata kuliah bidang peternakan yang belum pernah ia bayangkan biarpun wanita asal Kalimantan tersebut bercita-cita untuk  menjadi tenaga medis dibidang kesehatan yang harapannya bisa membantu orang lain dalam bidang kesehatan untuk bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Hari Keempat Kamis, 5/9/2019. Noni Sanrisa Yun Aldian, mahasiswa baru program D3 Produksi Ternak yang berasal dari Sukokerjo Kendal mengungkapkan, “kuliah pertama di Fapet unsoed sangat mengesankan, apalagi mata kuliah hari ini kepemimpinan dengan dosen pengampu Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si yang mengajarkan teknik memimpin dalam sebuah organisisai baik itu organisasi masyarakat, mahasiswa ataupun lembaga. berbeda dengan hari-hari sebelumnya yang kuliah dengan mata kuliah bidang peternakan, hari ini selain merasa asing dan tidak pernah membayangkan akan menimba ilmu dibidang peternakan, ia bercerita sejak masuk ke Fapet Unsoed dan mengikuti pengenalan kehidupan kampus dimana ada agenda pengenalan kampus ke experimental farm/teaching farm. Ia melihat keadaan exfarm yang penuh dengan hewan ternak baik sapi, kambing domba dan ayam, membuatnya  tertegun dengan apa yang sedang dia lihat, yang membuatnya secara reflek berpikir kalau kehidupan ini begitu kompleks, spontan membuka mata hati saya tentang peluang bisnis dari potensi dibidang peternakan katanya. karena salama ini ia tinggal di sukerejo klaten tidak sering melihat adanya hewan ternak dengan jumlah banyak khususnya sapi perah ditemuinya.

Hari Kelima Jum’at, 6/9/2019 merupakan hari terakhir dalam satu pekan mahasiswa baru angakatan 2019 menginjak bangku perkuliahan. Astyanti Putri Pratiwi mahasiswa alumni SMAN 31 jakarta, mengatakan, hari ini saya dapat pengalaman baru lagi dari dosen di kampus Fapet unsoed Ir. Agus Priyono, MP dia mengajar mata kuliah manajemen ternak potong. tadi beliau membuka pikiran saya tentang manajemen bidang peternakan. Dari cara beliau mengajar juga sangat menyenangkan mengajak para mahasiswanya untuk ikut mengemukakan pendapat, mungkin nanti saya bisa belajar supaya tidak malu malu untuk mengeluarkan pendapat saya.