Skip to main content
x

Profil Alumni

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman memiliki himpunan alumni yang bernama Keluarga Alumni Fakultas Peternakan (KAFAPET). Himpunan alumni sangat berperan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Sumbangsih alumni dalam pengembangan program akademik antara lain:

  1. Sumbangan dana. Sumbangan alumni untuk beasiswa mahasiswa untuk beberapa mahasiswa. Setiap tahun ada 3 orang mahasiswa yang diberi beasiswa dari alumni untuk penyelesaian tugas akhir, sebesar Rp 1 juta rupiah
  2. Sumbangan fasilitas. Alumni memberikan bantuan fasilitas peralatan pendidikan (laptop, LCD, dan mesin stensil otomatis), memberikan bantuan buku dan peralatan praktikum serta gedung incubator bisnis Fapet Unsoed (digester biogas, peralatan tempat pakan dan minum unggas otomatis). Secara kontinyu setiap dies memberikan bantuan sponsorship antara lain, berupa doorprize, produk-produk peternakan. Keterlibatan dalam kegiatan akademik.
  3. Keterlibatan dalam bidang akademik. Beberapa kegiatannya antara lain : kuliah umum, menyediakan tempat praktik kerja dan magang, peran serta dalam perbaikan kurikulum.
  4. Pengembangan jejaring. Peran alumni dalam pengembangan jejaring dengan fakultas melalui pembentukan Ikatan Keluarga Besar Alumni Fakultas Peternakan Unsoed (unsoed.kafapet@gmail.com). Bentuk kegiatannya antara lain pemberian informasi lowongan pekerjaan, memfasilitasi rumah singgah bagi alumni baru di wilayah Jakarta dan Bogor.
  5. Penyediaan fasilitas untuk pengembangan akademik.  Peran alumni dalam penyediaan fasilitas antara lain menyediakan tempat penelitian, praktikum, praktik kerja dan magang. Peran lainnya menyediakan fasilitas untuk forum  pertemuan PS/fakultas dengan alumni. Memberi arahan dan mediasi dengan perusahaan tempat magang bagi mahasiswa junior (semester 1 - 4). Hasilnya mahasiswa yunior mengenal prosedur kerja bidang peternakan dan menjadi lebih siap melakukan PKL

 

Bentuk partisipasi lulusan dan alumni untuk kegiatan non akademik.

 

  1. Sumbangan dana. Sumbangan alumni untuk simpan pinjam sebesar 10.000 US dolar.  Alumni mendirikan unit simpan pinjam (di Purwokerto) dengan aset sekitar 50 juta dan koperasi “Jalu Mas” dengan jumlah saham anggota sekitar 700 juta yang kemudian diganti menjadi Koperasi serba usaha berpusat di purwokerto pada tahun 2011.
  2. Sumbangan fasilitas. Memberikan bantuan secara kontinyu setiap dies natallis antara lain, berupa doorprize, produk-produk peternakan, membangun kantin fakultas.
  3. Membangun bangunan inkubator bisnis seniali 150 juta yang ditujukan sebagai pusat latihan kewirausahaan mahasiswa pada tahun 2015 dan kemudian pada tahun 2018 diubah menjadi kantin kampus yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk magang wirausaha di dalamnya.
  4. Keterlibatan dalam bidang non akademik. Beberapa kegiatannya antara lain untuk UKM, temu alumni, dan temu peternak.
  5. Pengembangan jejaring. Peran alumni dalam pengembangan jejaring dengan fakultas melalui pembentukan Ikatan Keluarga Besar Alumni Fakultas Peternakan Unsoed (unsoed.kafapet@gmail.com). Bentuk kegiatannya antara lain pemberian informasi lowongan pekerjaan, memfasilitasi rumah singgah bagi alumni baru di wilayah Jakarta dan Bogor.
  6. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan non akademik.  Bentuk kegiatannya adalah akselerasi UKM antara lain memberi hadiah piala tetap, peralatan olah raga dan seni.

Partisipasi alumni di dalam pengembangan kegiatan non akademik meliputi pemberian informasi lapangan kerja, pengembangan jejaring kerjasama, menjadi narasumber atau fasilitator kegiatan kemahasiswaan, dan membantu penyediaan dana/sponsorship pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan (UKM).

Keluarga Alumni Fapet UNSOED (disebut KAFAPET UNSOED) adalah sebuah himpunan alumni yang merupakan wadah sumberdaya manusia (SDM) alumni yang kompeten, potensial, dan aktif berpartisipasi dalam pembangunan dunia pertanian dan peternakan di Indonesia. Kepengurusan periode 2016-2021 berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) alumni pada tanggal 10-11 Pebruari 2016, terpilih sebagai ketua umum adalah Ir. Bambang Rijanto Japutra, MP. angkatan 1986, seorang pengusaha berdomisili di Purwokerto. Sekjen adalah Ir. Juni Sumarmono, MSc, Ph.D. angkatan 1988, berdomisili di Purwokerto. Bendahara Umum adalah Ida Farida, angkatan 1997, berdomisili di Purwokerto.

KAFAPET tersebar di seluruh penjuru nusantara dan pada setiap daerah membentuk kepengurusan regional. Sampai saat ini KAFAPET memiliki 16 wilayah kepengurusan regional, yaitu:

  1. KAFAPET wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Sukabumi dan Cianjur (JABODETABEKSESUCI);
  2. KAFAPET wilayah Jogjakarta, Solo, dan Semarang (JOGLOSEMAR);
  3. KAFAPET wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen (BRALINGMASCAKEB);
  4. KAFAPET wilayah Bandung dan sekitarnya (Bandung Raya);
  5. KAFAPET wilayah Jawa Timur;
  6. KAFAPET wilayah Sumatera Selatan;
  7. KAFAPET wilayah Pantura;
  8. KAFAPET wilayah Priangan Timur;
  9. KAFAPET wilayah Kalimantan;
  10. KAFAPET wilayah Lampung;
  11. KAFAPET wilayah Sulawesi Raya;
  12. KAFAPET wilayah Solo Raya;
  13. KAFAPET wilayah Semarang Raya;
  14. KAFAPET wilayah Jambi;
  15. KAFAPET wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (CIAYUMAJAKUNING);
  16. Keluarga Alumni Pascasarjana Fapet Unsoed (KAPASFAPET).